-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Star Schema

A.    Pengertian
1)      Star Schema

Menurut Connolly dan Begg (2010:1227), star schema adalah model data dimensional yang mempunyai fact table di bagian tengah, dikelilingi oleh tabel dimensi yang terdiri dari datareference (yang bisa di-denormalized). Star schema mengambil karakteristik dari factual data yang di-generate oleh event yang terjadi dimasa lampau.



2)      Snowflake Schema

Menurut Connolly dan Begg (2010:1229), Snowflake adalah jenis dari star schema dimana tabel dimensinya tidak mengandung denormalisasi.




B.     Kombinasi Starflake Schema
·         Menurut Connolly dan Begg (2010:1230), Starflake adalah struktur gabungan yang mengandung campuran dari star schema dan snowflake.
·         Berdasarkan dari kutipan pengertian ketiga schema diatas, dapat disimpulkan bahwa tabel fakta pada star schema dikelilingi oleh banyak dimensi dengan hubungan one-to-many, sedangkan pada snowflake tabel fakta terhubung banyak ke tabel dimensi, yang dimana dimensi tersebut dapat dihubungkan ke tabel dimensi lain, sedangkan starflake schema merupakan gabungan antara star schema dengan snowflake.

C.    Kelebihan dan Kekurangan
1.      Kelebihan Star Schema
a.       Efisiensi, struktur database konsisten sehingga efisien dalam mengakses datadengan menggunakantool untuk menampilkan data termasuk laporan tertulis dan quer.
b.      Kemampuan untuk mengatasi perubahan kebutuhan, skema bintang dapatberadaptasi terhadap perubahan kebutuhan pengguna karena semua tabeldimensi memiliki kesamaan dalam hal menyediakan akses ke tabel fakta.
c.        Extensibilit, model dimensional dapat dikembangkan. Seperti menambah tabelfakta selama data masih konsisten, menambah tabel dimensi selama ada nilaitunggal di table dimensi tersebut yang mendefinisikan setiap record tabel fakta yang ada,  menambahkan attribute tabel imensi, dan memecah record tabeldimensi yang ada menjadi level yang lebih rendah daripada level sebelumnya.
d.      Kemampuan untuk menggambarkan situasi bisnis pada umumnya, pendekatan standar untuk menangani situasi umum di dunia bisnis yang terus bertambah.
e.       Proses query yang bisa diprediksi, aplikasi data warehouse yang mencari datadari level yang di bawahnya akan mudah menambahkan jumlah attribute padatabel dimensi dari sebuah skema bintang. Aplikasi yang mencari data dari levelyang setara akan menghubungkan tabel fakta yang terpisah melalui tabeldimensi yang dapat diakses bersama.

2.      Kelebihan Snowflake Schema
a.       Ukuran penyimpanan kecil didalam tempat penyimpanan.
b.      Struktur yang normal lebih mudah untuk di-update dan di-maintenance.
3.      Kelebihan Starflake Schema
a.       Efisien dalam hal mengakses data.
b.      Dapat beradaptasi terhadap kebutuhan-kebutuhan.
4.      Kekurangan Star Schema
a.       Ukuran penyimpanan relatif lebih besar. Karena ada data yang berulang sehinggadisk space yang digunakan lebih banyak.
b.      Maintenance dan update lebih sulit. Karena tabel yang tidak normal.
5.      Kekurangan Snowflake Schema
a.       Kurang jelas dan penggunaan akhir terhambat oleh kompleksitas.
b.      Sulit untuk mencari isi, karena kompleks.
c.       Performa query  menurun karena adanya join table antar dimensi.

6.      Kekurangan Starflake Schema
a.       Tidak fokus dalam pemrosesan data.



Referensi :
1.      file .doc dari library.binus.ac.id/
2.      file .doc dari zakki.dosen.narotama.ac.id/
3.    http://www.academia.edu/3423706/Orationum_pro_M._Fonteio_et_pro_C._Rabirio_fragmenta.
4.    http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab3/2010-1-00258-IF%20Bab%203.pdf
datawarehouse12.blogspot.co.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment