-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Pemprograman Deklaratif

Apa itu Pemrograman Deklaratif ?

Sebelum masuk ke pembahasan tentang pemrograman deklaratif sebaiknya kita kenali dahulu cara pandang atau paradigma dan juga pemrograman, Paradigma merupakan sudut pandang yang digunakan untuk memecahkan suatu masalah,realitas dan keadaan. Dalam dunia pemrograman terdapat jenis - jenis paradigma yang berbeda sesuai kebutuhan yang akan digunakan.Yang nantinya akan ada salah satunya Paradigrma pemrograman deklaratif sesuai dengan judul yang akan kita bahas.

 Pengertian Pemrograman Deklaratif
Pemrograman deklaratif yaitu mempunyai arti sebagai contoh pemrograman yang mendeskripsikan suatu masalah dengan pernyataan dibanding memecahkan masalah dengan implementasi algoritma. Pemrograman Deklaratif juga sering disebut dengan Pemrograman yang bersifat Predikatif / Logic. Jika pada pemrograman (Prosedural,OPP) Programmer menentukan apa yg harus dilakukan program dan urutanya harus bagaimana. Namun pada pemrograman deklaratif programmer cukup menuliskan fakta - fakta dari hasil representasi kasus permasalahnya.
Pemrograman Deklaratif sering menganggap teori-teori logika formal, dan perhitungan seperti pemotongan dalam ruang logika. Pemrograman deklaratif telah menjadi kepentingan tertentu baru-baru ini, karena dapat sangat menyederhanakan penulisan program paralel.
Untuk membuat pemrograman deklaratif dibutuhkan suatu bahasa deklaratif. PROLOG (PROgramming in LOGic) adalah salah satu bahasa pemrograman yang lahir dengan paradigma deklaratif, oleh sebab itu digunakan sebagai bahasa untuk kecerdasan buatan (AI).
Related Posts

Related Posts

Post a Comment