-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Struktur Program C++


Struktur Program C++ sama seperti struktur program C yang terdahulu Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang melaksanakan tugas tertentu 

Struktur Program C++
#<file-header>
int main()
{
Ekspresi atau Pernyataan; //komentar
}

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 5 (Lima) bagian utama, yaitu :
  1. Preprocessor Directive (Pengarah Kompilator)
  2. Declaration (Deklarasi)
  3. Definition (Definisi)
  4. Statement atau Expressions (Pernyataan atau Ekspresi)
  5. Comments (Komentar)

Contoh Dasar Program C++
#include <iostream>                         //File Header

int main()                                  //Deklarasi Main Function
{                                           //Blok pembuka
//Definisi Main Function
std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++";  //Pernyataan (Statement)
}                                           //Blok penutup 

Keterangan :
Baris pertama : #include <iostream>
#include <iostream>  adalah file-header, pada dasarnya digunakan untuk menyatakan bahwa file dari program itu menggunakan pustaka (Library) yang memuat beberapa keyword dan fungsi, digunakan untuk dapat menggunakan beberapa keyword atau fungsi yang kita butuhkan ke dalam file program yang kita tulis, yang akan digunakan dalam pembuatan statement.

Pernyataan yang diawali dengan menggunakan tanda pagar ( # ) disebut dengan Preprocessor Directive, pada contoh program di atas kita menggunkan preprocessor directive yang menyatakan “#include <iostream>” yang berarti bahwa kita akan menggunakan fungsi dari library “iostream (Input Output Stream)” yang merupakan Standar Library C++. pada baris ke 6 kita menyatakan std::cout yang merupakan salah satu fungsi yang berasal dari library “iostream”.

Baris Pertama setelah #include<iostream> : //File-header
“//File-header” setelah “#include<iostream>” adalah komentar, semua karaketer setelah tanda “//” akan menjadi komentar dan tidak akan mempengaruhi jalanya program. Komentar digunakan untuk mempermudah programmer dalam mempelajari program dengan memberi tanda atau keterangan pada program. Ada dua cara dalam menggunakan komentar yang pertama adalah dengan tanda “//” dan kedua dengan menaruh komentar di antara tanda “/*” dan “*/”

Baris kedua : terdapat baris kosonng, hal itu tidak akan mempengaruhi jalanya program hanya digunakan untuk mempermudah pembacaan kode program.

Baris Ketiga : int main()
int main(),  Merupakan fungsi (function) utama, fungsi yang akan dibaca oleh kompilator pertama kali secara otomatis, tidak akan ada function yang otomatis dibaca oleh kompilator kecuali fungsi utama “int main()”, fungsi utama bagaikan sebuah kepala dari sebuah program yang mengatur arah kompilator.

"int" dalam fungsi utama adalah sebuah return type integer. Dalam peraturan C++ fungsi utama memang menggunakan return type integer.

Dan tepat setelah identifier (nama) “main” terdapat sepasang tanda kurung “( )”, itu merupakan tempat dimana kita dapat mengisi parameter untuk function, tetapi dalam fungsi utama, hal itu tidak dibutuhkan dan dibiarkan dalam keadaan kosong.

Baris Keempat : Tanda “{“
Tanda “{“, merupakan sebuah blok pembuka, blok memiliki sebuah pasangan yang dinamakan blok penutup, di dalam contoh program di atas penulis menaruh blok penutup di baris paling akhir dengan tanda “}”. Kedua blok tersebut menyatakan bahwa kode yang diapit oleh mereka adalah satu ruang lingkup (scope) dan menyatakan bahwa semua kode di dalam blok tersebut merupakan definsi dari fungsi utama.

Baris Kelima : std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++";
std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++"; adalah sebuah baris pernyataan (Statement) dan merupakan definisi dari fungsi utama. std::cout merupakan bagian dari library <iostream>. Berfungsi untuk mencetak sebuah kalimat "Selamat Datang Di BelajarC++" pada layar hasil program.


Dan juga, Contoh program di atas dapat ditulis menjadi bentuk seperti di bawah ini.
#include <iostream>
int main(){std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++";}

contoh program di atas mungkin terlihat lebih sedikit dan menghemat baris, cara tersebut boleh digunakan tapi kemungkinan kita akan kesulit untuk membaca program tersebut.

Dalam pemrograman C/C++ sebenarnya tidak jauh beda dengan bahasa pemrograman lainnya, setiap program di berbagai bahasa pemrograman biasanya berisi dari berbaris-baris penyataan (statements), ada statement bersifat mengatur jalanya alur program dan ada yang bersifat sebagai perintah. Dan setiap baris dari penyataan (statement) akan diakhiri dengan tanda titik koma atau semicolon ( ; ).
Bukan hanya statement yang mendominasi sebuah program, Expressions (ekspresi) juga digunakan untuk mengatur dan menentukan yang berhubungan dengan angka, ekspresi masih sama seperti pernyataan, tetapi pernyataan ini lebih membahas mengenai penghitungan (Matematika).

std::cout<<"Selamat Datang Di BelajarC++"; //Statement
std::cout<<7+7; // Expression

Pernyataan tersebut biasanya hal yang mengisi definisi dari sebuah deklarasi function. di setiap bahasa pemrograman dan di setiap program terdapat kata atau nama mengenaik Declaration (Deklarasi), deklarasi adalah pernyataan yang menyatakan untuk mendirikan function atau variable dengan sebuah pengenal. Biasanya deklarasi function digunakan untuk membuat pengelompokan pernyataan berdasarkan tugas dan deklarasi variabel biasanya digunakan untuk penyimpanan data. 

int var; //Variable void myFunction(){ //Function };



Model Memori

Borland C++, mempunyai 6 model memori untuk program dan data.
Model-model memori tersebut adalah :

• Model Tiny
• Model Small
• Model Medium
• Model Compact
• Model Large
• Model Huge


Pengertian dan Penjelasan Model Memori Pada Borland C++
 

1. Model Tiny
Penjelasan, Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program dan data tidak lebih dari 64 Kb.

2. Model Small
Penjelasan, Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk masing-masing program dan data tidak lebih dari 64 Kb.

3. Model Medium
Penjelasan, Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program tidak lebih dari 64 Kb dan data tidak lebih dari 64 K.

4. Model Compact
Penjelasan,  Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program lebih dari 64 Kb dan data tidak lebih dari 64 K.

5. Model Large
Penjelasan, Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk program dan data lebih dari 64 K.

6. Model Huge
Penjelasan Model memori yang menyediakan jumlah memori untuk menyimpan satu jenis data.

sumber : www.belajarcpp.com and d-ghoonz.blogspot.co.id


Related Posts

Related Posts

Post a Comment