-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Membangun Persona


Apa itu Persona?
Siapa Anda online atau bahan cetak lainnya? Jawabannya adalah persona merek Anda.
Sebuah persona dapat berkembang dengan baik “karakter” yang mewakili merek Anda atau perusahaan atau pesan. Singkatnya, persona adalah orang fiksi yang sudah memiliki loyalitas kepada Anda atau merek Anda. Sebagai personas menjadi lebih umum, itu juga bisa menjadi dirasakan, tidak diciptakan, karakter.
“Tujuan dari personas adalah untuk menciptakan representasi handal dan realistis segmen pemirsa kunci untuk referensi. Representasi ini harus didasarkan pada penelitian pengguna dan web analytics kualitatif dan kuantitatif beberapa, “menurut usability.gov.
Persona digunakan untuk membantu pengguna atau pelanggan berhubungan dengan dan membuat keputusan dengan membuat sesuatu tanpa kepribadian yang jauh lebih nyata. Orang berhubungan dan terhubung ke orang lain dan di sanalah persona yang baik masuk.
Ketika datang untuk menciptakan persona, rincian demografi perlu dipertimbangkan – usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, suka dan tidak suka, dan gunakan atau sambungan ke Anda. Personas efektif menggunakan informasi ini untuk karakter yang melakukan lima hal, menurut usability.gov.
Mewakili kelompok pengguna
Mengekspresikan dan fokus pada kebutuhan utama dan harapan kelompok pengguna yang penting
Memberikan gambaran yang jelas tentang harapan pengguna dan seberapa besar kemungkinan mereka untuk berinteraksi dengan desain Anda
Bantuan dalam mengungkap fitur universal dan fungsi
Menggambarkan orang-orang yang nyata dengan latar belakang, tujuan dan nilai-nilai
Mengembangkan Persona sebuah
Membuat persona dimulai dengan percakapan dan perencanaan sebelum desain benar-benar dimulai. Ada beberapa cara untuk mengembangkan kepribadian dan ciri-ciri kunci nya.
Salah satu rute adalah mulai dengan peta empati. Ini akan membantu Anda berpikir tentang apa yang pengguna pikirkan dan rasakan saat mereka berinteraksi dengan merek atau produk. Peta tersebut dipecah menjadi beberapa bagian penting – apa yang pengguna lakukan (melihat dan mendengar) versus apa pengguna berpikir dan apa pengguna merasa. Masing-masing elemen terkait dengan s situasi tertentu. Setelah melalui beberapa situasi, Anda mulai memahami bagaimana persona Anda akan bertindak dan merasa. Pemetaan Empati adalah alat umum untuk mengembangkan personas dan UX Mag memiliki sepotong besar di atasnya secara rinci dalam “Cara Menggunakan Persona Empati Pemetaan.”
Rute lain untuk menciptakan persona dari usability.org adalah proses multi-langkah.
Penelitian perilaku pengguna
Menyingkat penelitian
Ilham
Memperbaiki ide-ide persona
Membuat deskripsi yang realistis untuk mengembangkan personas
Aaron Walter, penulis “Merancang untuk Emotion,” memiliki ide yang sama tentang merancang personas. Dia mengumpulkan daftar elemen untuk mempertimbangkan pengembangan akan berlangsung. (Secara pribadi, konsep-konsep ini beresonansi lebih dengan saya sebagai seorang pemikir visual.)
Menciptakan citra kepribadian. Ini bahkan bisa menjadi selebriti di fase perencanaan awal yang mewujudkan persona Anda.
Buat gambaran dari merek Anda dengan mencatat apa yang membuatnya berbeda.
Daftar 06:55 ciri merek Anda dan sifat-sifat yang ingin Anda hindari.
Memetakan kepribadian Anda inginkan – friendly vs un ramah, penurut vs dominan.
Jelaskan bagaimana persona Anda akan berbicara.
Memberikan contoh copy untuk menemani persona.
Mengumpulkan panduan gaya persona dengan font dan warna yang sesuai persona.
Jelaskan bagaimana persona terlibat dengan masyarakat luas.
Elemen desain Persona Anda
Pada saat Anda benar-benar mulai merancang persona (atau beberapa personas – beberapa merek memiliki lebih dari satu), karakter harus cukup mudah untuk melihat dalam pikiran Anda. Mungkin ada wajah atau suara atau gaya berpakaian yang mulai menyamakan ini “orang.”
Saat ia datang bersama-sama pastikan untuk berpikir tentang elemen kunci yang setiap karakter yang realistis termasuk seperti judul atau peran dalam desain Anda, nama, informasi demografis yang berhubungan dengan penonton, tujuan dan misi, lingkungan, berbicara poin atau frase yg boleh disebut dan foto atau citra sehingga pengguna dapat melihat karakter ini.
Apa Warna Persona Anda?
Palet warna sangat penting ketika datang ke pengembangan persona. Karakter harus hidup dalam skema warna yang cocok dengan kepribadiannya. Warna ini mungkin atau mungkin tidak sama dengan garis merek Anda.
Pikirkan tentang arti umum warna tertentu dan bagaimana warna memainkan peran dalam desain. Pikirkan tentang rantai makanan cepat saji Wendy, misalnya. Persona perusahaan adalah gadis berambut merah kecil. Warna rambutnya adalah bagian penting dari persona-nya; seperti gaun birunya. Pasangan warna ini mengatakan banyak tentang karakter dan bagaimana pengguna harus merasa tentang dirinya.
Apa jenis huruf Mendefinisikan Persona Anda?
Sama pentingnya dengan warna persona adalah tipografi. Kecuali persona Anda selalu berbicara dalam video-atau audio-gaya lingkungan, jenis akan muncul di layar dengan karakter.
Dalam jenis yang Anda gunakan dapat berdampak nada dan karakter apa yang dikatakan. Pertimbangkan tipografi yang lebih sederhana dan mudah dibaca untuk menghindari kebingungan atau asumsi tentang karakter. (Sans serif adalah pilihan yang populer.)
Tipografi baru dapat membuat karakter tampak lebih ringan, sementara skrip sering merasa feminin dan serif slab mungkin tampil sebagai yang kuat dan luar biasa. Nada dan nuansa tipografi harus sesuai dengan nada dan nuansa karakter yang dikembangkan dalam tahap perencanaan awal desain persona.
Apa Bentuk Persona Anda?
Akhirnya, membuat gambar sebenarnya untuk persona. Ini bisa menjadi foto atau ilustrasi. Sebuah persona dapat menjadi manusia atau tidak (ada beberapa personas hewan di luar sana). Dengan gambar datang cerita.
Kebanyakan personas merek kompleks datang dengan beberapa jenis narasi sehingga mereka relatable untuk penonton. Jika proyek Anda mencakup komponen web, mempertimbangkan merancang halaman biografi untuk persona. (Anda juga bisa memasukkan jenis informasi dalam proyek cetak.)
Persona umum
Persona adalah alat desain populer saat ini dan ada beberapa tren dalam desain persona. Dari bagaimana personas melihat bagaimana mereka berinteraksi dengan pengguna, penonton adalah nomor satu pertimbangan ketika memilih kepribadian untuk karakter merek Anda.
Si Pengikut. Karakter ini memiliki loyalitas merek karena kebutuhan, bukan karena produk keren.
Si Trendsetter. Dengan pendekatan yang berlawanan dengan karakter di atas, karakter ini mencakup segala sesuatu yang keren dan trendi. Mereka depan kelas ketika datang ke gaya.
Gatekeeper. Gatekeeper cenderung tahu lebih banyak tentang hal-hal sebelum orang lain.
Brengsek. Karakter ini adalah mereka orang (atau perempuan) yang Anda cintai untuk membenci.
Pengasuh. Ibu personas pengasuh umum. Mereka mengurus Anda seperti yang Anda mengenal merek dan membantu Anda memahaminya.
Sumber : desainukm.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment