-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Tentang IMK


Pokok Bahasan
  • Pengertian Interaksi Manusia dan Komputer
  • Ruang Lingkup Interaksi Manusia dan Komputer.
  • Antarmuka Manusia dan Komputer
  • Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
Pengertian Interaksi
  • Interaksi adalah komunikasi antara dua obyek atau lebih yang saling mempengaruhi satu sama lain.
  • IMK = Interaksi Manusia dan Komputer
    terjemahan dari
    HCI = Human Computer Interaction
Pengertian IMK
  • Interaksi Manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arahantara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Definisi IMK
  • set of process, dialogues, and actions trough which a human user employs and interacts with computer
  • sekumpulan proses, dialog, dan tindakan tempat manusia sebagai pengguna memakai dan berinteraksi dengan komputer
    (Baecker and Buxton, 1987)
Pengertian IMK
  • a discipline concerned with the
    • design,
    • evaluation and
    • implementation
of interactive computing system for human use and with the study of major phenomena surrounding them
  • suatu disiplin ilmu yang mempelajari
    • perancangan,
    • implementasi, dan
    • evaluasi
sistem komputasi interaktif untuk dipakai oleh manusia, beserta studi tentang faktor-faktor utama dalam lingkungan interaksinya.”
(ACM SIGCHI,1992,p.6)
HCI
  • Human
    • Adalah end-user dari sebuah program
    • Atau fihak ketiga dalam suatu organisasi
  • Computer
    • Adalah mesin tempat program dijalankan
    • Sering dibedakan dalam fungsi komputer clients & servers
  • Interaction
    • User mengkomunikasikan kepada komputer apa yang dikehendaki
    • Komputer mengkomunikasikan apa yang dihasilkan
HCI adalah bidang yang membahas tentang Design, Implementation and Evaluation dari suatu sistem interaktif yang berorientasi pada Human
Mengapa IMK?
  • Komputer harus didesain dengan baik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna.
  • User tidak perlu terlalu banyak berpikir mengenai cara menggunakan komputer.
  • User tidak perlu tahu proses yang terjadi dalam komputer.
Tujuan IMK:
  • To optimise the performance of human and computer together as a system.
  • Pendekatan : User Centred
    • Users should not have to adapt to the interface.
Tujuan Pemahaman Aspek IMK
“agar dicapai suatu kondisi yang senyaman mungkin ketika seseorang harus bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang cukup lama”
(Mgs. Afriyan Firdaus)
Evolution of HCI ‘interfaces’
  • 50s – Interface at the hardware level for engineers – switch panels
  • 60-70s – interface at the programming level – COBOL, FORTRAN
  • 70-90s – Interface at the terminal level – command languages
  • 80s – Interface at the interaction dialogue level – GUIs, multimedia
  • 90s – Interface at the work setting – networked systems, groupware
  • 00s – Interface becomes pervasive
    • RF tags, Bluetooth technology, mobile devices, consumer electronics, interactive screens, embedded technology
IMK : Masa Lalu
Komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2.4 m dan membutuhkan daya listrik 174 kw.
IMK : Masa Kini
PC, Laptop, Tablet, dll.
Permasalahan dalam IMK
  • Bagaimana user berinteraksi?
  • Apa yang diketahui user?
  • Bagaimana user menggunakannya?
  • Bagaimana user mengerti?
  • Apakah user merasa nyaman?
  • Dapatkah pengetahuan membantu dalam proses mendesain?
Poor Interface Design
  • Meningkatnya kesalahan dalam data entry dan operasional sistem.
  • Timbulnya Inaccessible functionality
  • Munculnya user frustration yang akan berakibat pada menurunnya produktivitas atau sistem yang under utilitation
  • Munculnya system failure yang diakibatkan oleh user rejection
Tujuan IMK
  • Menghasilkan sistem yang bermanfaat (usable), memiliki manfaat dan mudah dioperasikan oleh user.
  • Fungsionalitas, fungsi-fungsi yang ada dalam sistem yg dibuat sesuai dengan perencanaan
Yang Diharapkan Dari IMK
  • Software / Mesin yang ketika berinteraksi dengan user bersifat :
    • Safely
    • Effectively
    • Efficiently
    • Enjoyably
  • Memenuhi kriteria Software Quality (ISO 9126)
    • Functionality,Reliability,Usability,Efficiency, Maintainability,Portability
Konsep Utama : Usability
  • Learnability
    • Kemudahan dalam mempelajari sistem.
    • Skills yang tidak berubah sepanjang waktu. (standar)
  • Throughput
    • Kecepatan dalam hal task performance
    • Bersifat low user error rate
  • Flexibility
    • Disesuaikan untuk berbagai tingkat kemahiran pemakai.
    • Sistem yang bersifat customised
  • Attitude
    • Secara subjective user merasa puas terhadap sistem
Ruang Lingkup IMK
  • Manusia merupakan pengguna (user) yang memakai komputer. User ini berbeda-beda dan memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya dalam menggunakan komputer.
  • Komputer merupakan peralatan elektronik yang meliputi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak)
Prinsip Kerja Sistem Komputer
  • User memberi perintah pada komputer & komputer mencetak/menuliskan tanggapan pada layar tampilan.
  • Komputer bekerja sesuai dengan instruksi yg diberikan oleh pengguna.
  • Manusia dan komputer berinteraksi lewat masukan & keluaran melalui antarmuka
Ruang Lingkup IMK
  • Fokus: perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface).
  • Antarmuka pemakai adalah bagian sistem komputer yang memungkinkan manusia berinteraksi dengan komputer.
Antarmuka Manusia dan Komputer
  • Antarmuka komputer hrs user friendly (ramah dengan pengguna) yaitu :
– antarmuka yg bagus
– mudah dioperasikan
– mudah dipelajari
– pengguna merasa senang menggunakan software tsb.
  • Antarmuka yang berkualitas tinggi yg dikagumi oleh orang-orang, beredar luas dan sering ditiru.
  • Suatu antarmuka/interface yang dibuat seharusnya tidak hanya dapat dilihat, disentuh atau didengar, tetapi juga mencakup konsep,kebutuhan user untuk mengetahui sistem komputer, dan harus dibuat terintegrasi ke seluruh sistem.
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
  • Teknik Elektronika/ Ilmu Komputer, memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI
  • Psikologi,memahami sifat & kebiasaan, persepsi & pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
  • Perancangan Grafis dan tipografi, sebuah gambar dpt bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dpt digunakan sbg sarana yg cukup efektif utk dialog antara manusia dan komputer
Bidang Studi/Ilmu Yang Berperan
  • Linguistik, utk melakukan dialog diperlukan komunikasi yg memadai menggunakan bahasa khusus; spt: bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah.
  • Sosiologi, studi tentang pengaruh sistem manusia-komputer dalam struktur sosial, misal adanya PHK karena otomasi kantor.
  • Ergonomik, aspek fisik utk mendapatkan lingkungan kerja yg nyaman. Misal: bentuk keyboard, mouse, posisi duduk,dll
  • Antropologi, utk memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
Piranti Bantu Pengembangan Sistem
  • Merancang antar muka yang bagus → pekerjaan yg sukar, karena:
    • Harus menangani sejumlah piranti kontrol (keyboard, mouse)
    • Harus mempunyai kinerja yg ketat
  • Alat bantu untuk mempercepat:
    • MacApp dari Apple
    • .NET : VB, C#
    • Web : FrontPage, Dreamweaver
Manfaat Alat Bantu Pengembangan Antarmuka
  • Antarmuka yang dihasilkan menjadi lebih baik
    • Prototype / implementasi penuh
    • Perubahan lebih mudah
    • Bisa beberapa antarmuka
  • Program antarmuka menjadi mudah ditulis
    • Terstruktur
    • Reusable
    • Handal
Strategi Pengembangan Antarmuka
  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia
  • Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
  • Prototipe berdasarkan spesifikasi dialog formal
  • Evaluasi proses prototipe
Rangkuman
  • Interaksi merupakan komunikasi antara dua objek atau lebih yang saling mempengaruhi satu sama lain.
  • Interaksi manusia dan komputer merupakan komunikasi dua arah antara pengguna (user) dengan sistem komputer yang saling mendukung untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  • Interaksi manusia dan komputer memiliki tiga komponen yaitu manusia, komputer dan interaksi.
  • Manusia dan computer berinteraksi melalui suatu tampilan antarmuka/interface
  • Bidang studi / ilmu yang berperan dalam interaksi manusia dan komputer yaitu teknologi elektronika, ilmu komputer, psikologi, perancangan grafis, tipografi, ergonomik, antropologi, linguistik dan sosiologi.
Sumber : bukukuliahonline.wordpress.com

Related Posts

Post a Comment