-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Cara Kerja Satelit

Cara Kerja Satelit

Berbagai satelit yang mengitari bumi pada orbitnya dikendalikan oleh Master Control Station yang terdapat di stasiun bumi. Pengendalian satelit yang mempunyai jarak puluhan ribu kilometer dari bumi memakai sistem otomatis yang didasarkan pada 2 sistem pengendalian, yaitu Three Axiz Body Stabillized dan Spin Stabillized Satellite. 

Three Axiz Body Stabillized
Three Axiz Body Stabillized ialah salah satu jenis pengontrolan posisi satelit dengan berdasarkan sumbu koordinal X,Y, serta Z. dari 3 sumbu tersebut akan dipetakan ke posisi pitch, roll and yaw. 

Spin Stabillized Satellite
Spin Stabillized Satellite ialah suatu metode pengontrolan satelit yang menggunakann cara menggerakan body satelit dengan cara berputar untuk menuju ke posisi tertentu. Apabila secara teori, satelit akan diam pada posisinya jika di orbit, pada kenyatannya bergeser dari orbit yang sebenarnya. 

Kerja satelit sendiri terbagi menjadi 2, yaitu cara uplink dan juga downlink. Uplink ialah transmisi yang dikirim dari bumi ke satelit, sedangkan downlink ialah transmisi dari satelit ke stasiun di bumi.

Komunikasi satelit dan cara kerja satelit berguna sebagai repeater di langit, satelit memakai transponders, yaitu suatu alat yang dapat memungkinkan adanya komunikasi 2 arah. 

Pada umumnya komunikasi satelit memakai banyak transponders. Hal lainnya yang mempunyai peran penting dalam jaringan komunikasi satelit adalah adanya antena satelit. Antena satelit berguna sebagai penerima transisi pada setiap wilayah di bumi. Sedangkan satelit spancing (penempatan satelit) digunakan agar dalam melakukan transmisi supaya lebih mudah berdasarkan wilayahnya. Power sistem yang digunakan satelit diperoleh dari sinar matahari yang kemudian diubah menjadi bentuk listrik yang menggunakan sel surya. 

Pesawat luar angkasa yang ada di ruang angkasa dalam jangka waktu yang lama membangkitkan tenaga dengan memakai energi matahari. Pesawat luar angkasa tersebut dapat memperoleh energi matahari dengan memakai struktur seperti sayap yang berukuran besar yang bernama panel surya.

setiap panel surya tersebut tersusun atas banyak sel yang mempunyai ukuran lebih kecil sel surya guna menghasilkan tenaga listrik saat terkena cahaya matahari. Sel-sel tersebut terbuat dari silikon.

Panel surya hanya dapat bekerja apabila saat menghadap matahari serta satelit sudah dilengkapi dengan sebuah sensor untuk mencari arah cahaya. Motor dapat menggerakkan panel dan dihadapkan ke cahaya matahari. Satelit dilengkapi dengan sebuah sumber tenaga yang berjangka waktu selama 12 tahun yang merupakan bahan bakar untuk dapat beroperasi. 

Itulah Pengertian satelit, fungsi satelit, dan macam-macam satelit.


Sumber : woocara.blogspot.co.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment