-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Basis Data



pengertian basis data

Pengertian Basis Data

Ada beberapa pengertian database tersebut.
  • Database bisa berarti kumpulan data yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya dengan penggunaan yang juga beragam.
  • Database merupakan suatu kumpulan data yang sifatnya mekanis, terbagi dan juga terdefinisi dengan formal melalui pengorganisasian.
  • Database merupakan suatu system file yang terintegrasi dan memiliki paling tidak satu primary key untuk pengulangan.
  • Database merupakan data operasional yang digunakan oleh system suatu aplikasi dari sebuah pengorganisasian.

Fungsi Basis Data

Basis data memiliki fungsi umum yang banyak diterapkan dalam dunia industry di seluruh dunia untuk mendukung system dan aplikasi yang digunakan pada setiap industry. Berikut beberapa fungsi dasar dari database :
  1. Database berfungsi untuk mengklasifikasikan data untuk mudah digunakan dan dipahami penggunanya.
  2. Menghindari adanya duplikasi dan juga inkonsistensi dari suatu data.
  3. Memudahkan dalam menyimpan dan mengakses data.
  4. Memudahkan dalam mengupdate dan menghapus data.
  5. Menjamin kualitas data dan informasi yang terkandung didalamnya dan dapat diakses.
  6. Merupakan suatu solusi penyimpanan data.
  7. Mendukung kinerja aplikasi dalam penyimpanan data.
Tujuan Basis Data
  • Basis data mengatur data sehingga memudahkan pengguna dengan kelebihan ketepatan dan kecepatan dalam mengakses kembali data yang tersimpan.
  • Tidak adanya redundansi serta menjaga konsistensi dari data yang disimpan.
  • Pengaturan dalam menilai data sesuai dengan fungsi dan jenis.
Basis data juga memiliki beberapa manfaat yang sangat berguna bagi para penggunanya. Manfaat dari basis data adalah adanya kecepatan dan kemudahan. Database memiliki kemampuan dalam memilih data yang tersimpan dengan cepat sesuai kelompok yang diurutkan. Sehingga dapat menghasilkan informasi yang cepat dan akurat. Kecepatan database tentu tergantung dengan desain dari database tersebut.
Manfaat basis data selanjutnya adalah dapat digunakan secara bersamaan. Database dapat digunakan oleh banyak orang secara bersama-sama dalam sebuah perusahaan. Sebagai contoh adalah database karyawan dalam sebuah perusahaan yang diperlukan dibagian admin, keuangan dan lainnya. Semua bagian tersebut tentu akan membutuhkan database dari seluruh karyawan yang ada yang sudah disimpan di server pusat.
Manfaat selanjutnya adalah adanya control database yang terpusat. Meski suatu perusahaan memiliki banyak divisi, namun database membantu anda dapat menyimpan data secara terpusat di server pusat sehingga tidak perlu semua bagian membuat database masing-masing.
Perangkat akan lebih hemat biaya bila menggunakan basis data. Database yang terpusat tentu akan lebih menghemat biaya karena tidak memerlukan banyak perangkat untuk menyimpan database. Selain itu data yang tersimpan lebih aman, karena managemen pengguna dapat melakukan pembatasan akses sesuai dengan kepentingan misalnya dengan password untuk mengakses.
Manfaat lainnya adalah dapat untuk memfasilitasi pembuatan aplikasi baru. Basis data yang sudah dirancang dengan baik, bila suatu perusahaan memerlukan aplikasi baru tidak perlu lagi membuat database baru karena bisa langsung menggunakan database yang ada. Tentu lebih mudah dan cepat.
Sumber : artikel-az.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment