-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Pencacah Mod 10

Hasil gambar untuk sistem digital
Sekarang mari kita belajar tentang Counter atau Pencacah. Counter atau pencacah adalah suatu rangkaian kombinasional gerbang-gerbang logika yang dapat menghitung banyaknya pulsa atau clock yang masuk. Modulo merupakan nilai maksimal yang dapat dicacah oleh suatu counter. Jadi Pencacah modulo 10 adalah pencacah yang hanya dapat mencacah sampai 10 hitungan saja. Jika pencacah modulo 10 telah mencacah dari 0 sampai 9 maka pencacah akan mengeluarkan pulsa reset atau clear untuk mengulang cacahan dari 0.
Lalu bagaimana kita membuat pencacah modulo 10???? Rangkaian pencacah merupakan untai flip-flop yang disusun secara seri.
Setiap flip-flop meawakili setiap bit output hasil pencacahan. Pertama kita harus menentukan dulu jenis pencacah yang akan kita buat. Pencacah itu sendiri dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Pencacah Sinkron, adalah pencacah yang flip-flopnya bekerja secara bersamaan. Semua flip-flop dalam pencacah ini mendapatkan pulsa clock yang sama (dari satu sumber) secara bersamaan. Karena semua flip-flop bekerja secara bersamaan, sehingga pencacah ini bekerja lebih cepat (delay-nya kecil).
2. Pencacah Asinkron, adalah pencacah yang flip-flopnya yang bekerja secara bergantian, maksudnya adalah flip-flop akan aktif dari LSB menuju MSB. Flip-flop paling kiri (LSB) akan mendapatkan pulsa clock pertama kali kemudian flip-flop di sebelah kanannya mendapatkan clock dari flip-flop di sebelah kirinya.
sekarang mari mencoba membuat counter modulo 10 sinkron. Batas maksimal modulo 10 adalah 9des = 1001bin. Jadi jumlah flip-flop yang kita butuhkan sebanyak 4 buah (4 bit output), sesuai jumlah bit maksimum cacahan. Dalam hal ini akan digunakan JK flip-flop. Flip-flop disusun secara seri, flip-flop paling kanan adalah MSb sedangkan flip-flop paling kiri adalah LSB. Untuk membuat pulsa reset maka kita lihat nilai biner maksimal cacahan, yaitu 1001 = 9. Pada cacahan ke sebelas maka semua flip-flop harus direset. Nilai biner cacahan kesebalas adalah 1010 biner = 10 desimal. Keluaran flip-flop yang bernilai 1 pada saat cacahan kesepuluh dijadikan sebagai input gerbang NAND. Berarti untuk pencacah modulo 10, keluaran flip-flop paling kanan dan keluaran flip-flop kedua dari kanan dijadikan masukan gerbang NAND. Output gerbang inlah yang menjadi pulsa reset untuk semua JK Flip-flop. Rangkaian keseluruhan Pencacah modulo 10 sinkron adalah sebagai berikut,
Pada rangkaian akan dihitung banyaknya pulsa clock yang masuk. Pulsa clock langsung dimasukan pada clock JK Flip-flop secara bersamaan. Sebagai indikator output bisa digunakan led. Led menyala mengindikasikan keluaran flip-flop bernilai 1, sedangkan led padam mengindikasikan keluaran flip-flop 0.
Hasil simulasi dari rangkaian ini adalah:
Saat Pencacah mencacah sampai sembilan, maka saat ada sisi naik clock selanjutnya akan menyebabkan semua flip-flop direset, dengan demikian pencacah akan menghitung dari nol lagi.
Salah satu penggunaan pencacah modulo 10 adalah sebagai panampil digit desimal. Pecacah modulo 10 dihubungkan dengan decoder BCD to 7 segment sehingga nilai cacahan dapat ditampilkan pada 7 segment. Jika akan membuat penampil desimal 3 digit maka dibutuhkan 3 buah pencacah modulo 10, 3 buah decoder BCD to 7 segment dan 3 buah 7 segment sebagai panampil.
Sumber : edwin-aw.web.ugm.ac.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment