-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Teknologi Logika

Hasil gambar untuk sistem digital
IC (Integrated Circuit) adalah nama lain chip. IC adalah piranti elektronis yang dibuat dari material semikonduktor. IC atau chip merupakan cikal bakal dari sebuah komputer dan segala jenis device yang memakai teknologi micro-controller lainnya.

IC ditemukan pada tahun 1958 oleh seorang insinyur bernama Jack Kilby yang bekerja pada Texas Intruments mencoba memecahkan masalah dengan memikirkan sebuah konsep menggabungkan seluruh komponen elektronika dalam satu blok yang dibuat dari bahan semikonduktor. Penemuan itu kemudian dinamakan IC (Integrated Circuit) atau yang kemudian lazim disebut chip. Beberapa saat setelah itu, Robert Noyce, yang bekerja pada Fairchild Semiconductor Corporation, menemukan hal serupa, meskipun mereka bekerja pada dua tempat yang berbeda. Semenjak itu banyak riset yang dilakukan untuk mengembangkan IC (integrated circuit) atau Chip hingga saat ini. Sejarah Penemuan Integrated Circuit (IC)
Pada tahun 1958, seorang insinyur bernama Jack Kilby yang bekerja pada Texas Intruments mencoba memecahkan masalah dengan memikirkan sebuah konsep menggabungkan seluruh komponen elektronika dalam satu blok yang dibuat dari bahan semikonduktor. Terciptalah chip yang pertama, meskipun masih dengan segala kekurangan dan kelemahannya. Beberapa saat setelah itu, Robert Noyce, yang bekerja pada Fairchild Semiconductor Corporation, menemukan hal serupa, meskipun mereka bekerja pada dua tempat yang berbeda.

Sejak penemuan pertama sebuah IC, riset banyak dilakukan untuk menyempurnakan sebuah IC. Beberapa hal yang cukup penting dalam sebuah IC adalah ukuran dan daya listrik yang dibutuhkan sebuah IC untuk berfungsi dengan baik. Saat ini, sebuah IC yang ukurannya sekitar jari kuku manusia, di dalamnya terdapat ratusan juta komponen yang terintegrasi menjadi satu.

Gorden Moore, co-founder perusahaan Intel, pada tahun 1965 memperkirakan bahwa jumlah transistor yang terdapat dalam sebuah IC akan bertambah 2 kali setiap 18 bulan sekali. Kecenderungan peningkatan jumlah transistor ini telah terbukti setelah sekian lama dan diperkirakan akan terus berlanjut.

Sebagai contoh perkembangan IC, sebuah 64-Mbit DRAM yang pertama kali di pasaran pada tahun 1994, terdiri dari 3 juta transistor. Dan microprocessor Intel Pentium 4 terdiri lebih dari 42 juta transistor dan kira-kira terdapat 281 IC didalamnya. Bahkan berdasar pada International Technology Roadmap for Semiconductor (ITRS), diharapkan akan tersedia sebuah chip yang terdiri dari 3 milyar transistor pada tahun 2008.

Umumnya, bahan semikonduktor yang digunakan dalam pembuatan IC, adalah silikon. Beberapa bahan lain pun juga memungkinkan untuk digunakan. Proses pembuatan IC sendiri terdiri dari ratusan step. Meskipun proses pembutan hingga siap untuk digunakan sangatlah rumit, namun keuntungan yang didapat dari fleksibilitas sebuah IC dibandingkan dengan jika tidak menggunakan IC.

Jika ditilik dari sejak penemuan sebuah IC, teknologi IC boleh dibilang masih sangat muda. Belum genap setengah abad dari pertama kali diproduksi, IC telah berperan penting dalam peradaban manusia. Seperti komputer misalnya, yang proses utamanya dikontrol oleh ratusan IC. Komputer merupakan hal penting dalam mendukung perkembangan teknologi lainnya. Sudah sepantasnya kita mengucap syukur kepada Tuhan, yang telah mengizinkan perkembangan teknologi terjadi begitu pesatnya, yang akhirnya membawa kemudahan bagi umat manusia.

Paramenter dan Batasan Logika
Komponen-komponen logika yakni gerbang-gerbang dan memori biasanya dikemas pada sebuah IC (integrated circuit) ataupun chip. Dua teknologi dasar dalam IC digital adalah bipolar dan MOSFET (metal oxide semi konduktor field effect transistor).
Suatu keluarga digital merupakan komponen yang kompatibel dengan tingkat logika dan catu tegangan yang sama. Desain yang digunakan pada masa lalu adalah DTL yang memakai dioda dan transistor.
Desain TTL yang menggunakan transistor saat ini menjadi keluarga yang paling popular dalam serpih SSI dan MSI.  Sedangkan ECL merupakan keluarga logika tercepat yang banyak digunakan dalam berbagai aplikasi yang membutuhkan kecepatan tinggi.
  • SSI Teknologi kepadatan IC  yang terdiri dari 1-10 gerbang
  • MSI Teknologi kepadatan IC  yang terdiri dari 10-100 gerbang
  • LSI Teknologi kepadatan IC  yang terdiri dari 100-100.000 gerbang
  • VLSI Teknologi kepadatan IC  yang terdiri dari 100.000 gerbang lebih dalam setiap serpih
Parameter Gerbang Logika
  • Disipasi daya adalah daya yang dikonsumsi suatu gerbang secara penuh digerakan oleh masukannya
  • Fan in adalah cacah gerbang logika serupa yang dapat dihubungkan ke masukkan tanpa menimbulkan arus  penurunan arus tegangan
  • Fan out adalah cacah gerbang logika yang biasa dioperasikan tanpa menyebabkan penurunan arus tegangan
  • Waktu tunda merupakan selisih waktu antara diberikannya pulsa masukan ke piranti logika dan perubahan keadaan logika yang terjadi
  • Kekebalan derau adalah tegangan derau maksimum yang diperoleh masukan tanpa menyebabkan perubahan pada keluaran
Keadaan Elemen Logika
Elemen logika dibedakan menjadi dua yaitu elemen yang mengggunakan semi konduktor dan elemen yang menggunakan teknologi MOS, RTL dan TTL termasuk dalam kategori bipolar.
Keluarga RTL ( Resistor Transistor Logic )
Keluarga DTL ( Diode Transistor Logic )
Keluarga TTL ( Transistor Transistor Logic )
Keluarga CMOS
Keluarga CMOS
CMOS ( Complementary Metal Oxide Semiconductor ) menggunakan komplemen dari transistor MOSFET (tipe N dan tipe P) yang disebut MOSFETs (Metal Oxide Semiconductor  Field Effect Transistor).
MOSFET  lebih banyak digunakan sebagai memori skala besar dan mikroprosesor dalam kategori LSI dan VLSI. Kelebihan MOSFET dari transistor adalah masukannya yang secara listrik diisolasi dari sela MOSFET menghasilkan impedansi masukan tinggi.
Piranti MOSFET  N-channel serupa dengan transistor NPN. Arus hanya mengalir dari Drain melewati Source jika suatu tegangan positif diterapkan pada basis, Basisnya MOSFET adalah Gate.
Piranti IC dari seri MOS terdiri dari 3 jenis, yaitu
  1. IC PMOS yang terbuat dari MOSFET saluran P
  2. IC NMOS yang terbuat dari MOSFET saluran N lebih banyak digunakan karena kecepatannya lebih tinggi dan pengemasannya lebih padat.
  3. IC CMOS yang dibuat dari gabungan MOSFET  saluran P dan N
Sumber : http://wahyudi06r.blogspot.co.id/
novtani.wordpress.com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment