-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian WWW World Wide Web

Kepanjangan WWW adalah World Wide Web. WWW adalah kumpulan dokumen-dokumen hypertext yang saling terhubung satu sama lain dan dapat di akses dengan menggunakan koneksi Internet. Selain terdiri atas semua situs yang terhubung dengan Internet di seluruh dunia, perangkat-perangkat yang berperan sebagai client seperti komputer dan smartphone juga termasuk dalam WWW. 

Awal pengembangan World Wide Web dipimpin oleh Tim Berners-Lee pada akhir tahun 1980-an dan awal tahun 1990-an. Ia membangun prototype-prototype dengan menggunakan teknologi-teknologi web seperti HTML, HTTP, server, dan web browser. Situs-situs web dan praktik berselancar web (web browsing) menjadi sangat populer pada pertengahan tahun 1990-an. 

Jaringan server-server berperan sebagai tulang punggung (backbone) untuk World Wide Web. Hypertext Transfer Protocol(HTTP) digunakan untuk mengakses web. Web browser mengirim permintaan (request) untuk mendapatkan suatu halaman tertentu kepada web server, yang kemudian membalas dengan halaman yang diminta beserta isi halaman tersebut. Kemudian browser menampilkan halaman web berdasarkan kode-kode HTML yang digunakan pada halaman tersebut. 

Setiap resource dapat diidentifikasi dengan uniform resource identifier (URI). Dengan bantuan domain name system (DNS), suatu uniform resource locator (URL) dapat diubah menjadi IP address. DNS merupakan sistem penamaan hirarki untuk komputer-komputer dan resource-resource yang ada di Internet. 

Saat ini World Wide Web berperan sebagai sumber untuk berbagai macam informasi yang dapat di akses dari seluruh dunia, tentunya halaman tempat Anda berada saat ini juga termasuk dalam WWW.


World Wide Web merupakan suatu kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan internet. Informasi-informasi dalam web mempunyai link-link yang menghubungkan informasi tersebut ke informasi lain di dalam jaringan internet. Sistem yang menghubungkan informasi-informasi melalui link ini disebut dengan nama hypertext.

World Wide Web menyediakan pengguna Internet akses ke berbagai macam media yang dikemas dengan sederhana. WWW adalah aplikasi yang paling menarik di internet, penting dan banyak digunakan. Dengan WWW ini kita dapat dengan mudahnya mendapatkan informasi, tidak hanya teks, gambar bahkan multimedia.

Informasi yang diletakkan di WWW disebut homepage ataupun situs (sites) yang memiliki alamatnya masing-masing. Untuk melihat isinya dibutuhkan suatu web browser, misalkan Internet Explorer, Netscape Navigator, Opera, Mozilla, dan lain-lain.

Semakin berkembangnya World Wide Web, istilah hypertext menjadi hypermedia, dimana link-link penghubung antar informasi bukan lagi berupa suatu teks, tetapi juga bisa berupa suatu file multimedia seperti gambar, suara dan video. Bekerja pada web mencakup 2 hal penting, yaitu :

1.Software Web Browser 
2.Software Web Server

1.Software Web Browser 
Browser merupakan tool yang berada di sisi client. Untuk mengakses web, anda memerlukan suatu program yang disebut Web Browser. Browser merupakan suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi-informasi dari suatu server komputer pada jaringan internet. Informasi-informasi ini biasanya dikemas dalam page-page, dimana setiap page bisa memiliki beberapa link yang menghubungkan web page tersebut ke sumber informasi lainnya.

Pertama kali munculnya www, browser hanya mampu menampilkan inforamsi dalam bentuk teks. Lynx merupakan salah satu contoh browser teks. Tahun 1993, NCSA membuat browser Mosaic yang memiliki kemampuan lebih baik dan dapat menampilkan gambar. Sejak kemunculan NCSA Mosaic, www mulai berkembang dengan pesat.Perkembangan ini menjadi jauh lebih cepat lagi setelah muncul browser Netscape Navigator dari Netscape Communication. Netscape memiliki kecepatan jauh lebih bagus daripada Mosaic dalam menampilkan informasi baik teks maupun gambar.
Kemudian dunia browser semakin semarak setelah Microsoft mengeluarkan browser Internet Explorer. Baik Netscape dan IE telah mendukung penggunaan berbagai jenis objek multimedia serta VRML dan Java.



2.Software Web Server
Web Server merupakan tool yang berada di sisi server yang akan memproses permintaan data dari web browser. Ada beberapa jenis web server yang banyak digunakan sekarang ini, antara lain : Internet Information Server 5.0 (IIS 5.0) yang berjalan pada Windows 2000, Personal Web Server 4.0 (PWS 4.0) yang berjalan pada Windows ‟98, Apache Web Server (http://httpd.apache.org) yang merupakan web server gratis yang mendukung PHP.
contoh-web-server-web-browser
contoh-web-server-web-browser
Seperti contoh di atas. Kedua software ini bekerja seperti sebuah sistem client-server. Web browser bertindak sebagai client yang memungkinkan anda untuk menginterpretasikan dan melihat informasi pada web, sedangkan web server yang bertindak sebagai server memungkinkan anda untuk menerima suatu informasi yang diminta oleh browser. Jika suatu permintaan (request) akan suatu informasi datang, web server mencari file yang diminta tersebut dan kemudian mengirimkan ke browser yang memintanya.

Pengertian dan fungsi HTTP
HTTP merupakan kepanjangan dari (HyperText Transfer Protocol) yang dapat di definisikan sebagai sebuah protokol untuk melakukan akses internet antara client dan server. Client dan server masing-masing salaing menerima dan menjawab request keduanya. Sebuh client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di tempat yang jauh (biasanya port 80 atau 8080). Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request) yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan, diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode kepala yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan badan dari data tertentu. Jadi kesimpulan pengertian Http adalah protokol yang menyediakan perintah dalam komunikasi antar jaringan, yaitu antara jaringan komputer browser atau client dengan komputer server. Dalam komunikasi ini, client atau browser melakukan permintaan dengan mengetikkan alamat web yang diinginkan. Sedangkan server mengolah permintaan itu berdasarkan kode protocol yang dimasukkannya.

Pengertian dan fungsi URL
URL merupakan kepamjangan dari Uniform Resource Locator yang dapat di artikan sebagai sebuah rangkaian karakter menurut suatu format standar tertentu, yang digunakan untuk menunjukkan alamat suatu sumber seperti dokumen dan gambar di Internet. jadi kesimpulan dari pengertian url adalah suatu alamat yang dipakai untuk menentukan lokasi informasi pada Web server, karena alamat ini mengambil informasi yang diminta oleh browser. Format umum dari suatu URL adalah: protokol_transfer :/ / nama_host / path / nama_file.
URL pertama kali dibuat oleh Tim Berners-Lee pada sekitar tahun 1991 agar penulis-penulis dokumen-dokumen dapat merujuk pranala ke Waring Wera Wanua atau World Wide Web dan Sejak 1994, konsep URL telah dikembangkan lagi menjadi istilah Uniform Resource Identifier (URI) yang lebih umum sifatnya. Walaupun demikian, istilah URL masih tetap digunakan secara luas.


Sumber : www.sistem-informasi.xyz
www.indoza-com
www.jendelasarjana-com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment