-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Model DARPA

TCP/IP seperti halnya OSI Layer, yaitu sebuah standar yang mengatur komunikasi data sebuah komputer. TCP/IP atau Transmision Control Protocol/Internet Protocoladalah model jaringan yang digunakan untuk komunikasi data dalam proses tukar menukar data informasi (paket data). TCP/IP menggunakan model referensi dari DARPA Model. Seorang network engineer harus memahami TCP/IP, karena lebih sederhana yaitu terdiri dari 4 lapis dan lebih sesuai dengan yang dibutuhkan olehnetwork engineer.
TCP/IP dikembangkan oleh APRANET. TCP/IP terdiri dari 4 lapis, yaitu application, transport, network, dan network interface. Berikut adalah penjelasan masing-masing lapisan TCP/IP.
Layer 4 (Application)
Lapisan ini bertanggungjawab menyediakan akses/layanan kepada aplikasi terhadap layangan jaringan TCP/IP. Protokol yang berjalan pada lapisan ini yaitu HTTP, FTP, POP3, SMTP, DHCP, DNS.
Layer 3 (Transport)
Lapisan ini berfungsi untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat connection oriented atau broadcast yang bjaersifat connectionless. Lapisan ini mempunyai pengertian yang sama dengan layer 4 transport pada OSI Layer. Lapisan ini berhubungan dengan TCP dan UDP.
Layer 2 (Network)
Lapisan ini bertanggungjawab untuk malakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang berjalan pada lapisan ini yaitu IP, ARP, ICMP,IGMP.
Layer 1 (Network Interface)
Lapisan ini berkaitan dengan interface fisik dan bertanggungjawab untuk meletakkan frame jaringan di atas media jaringan yang digunakan.

Sumber : cmdn01.blogspot.co.id

Related Posts

Related Posts

Post a Comment