-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian CDP (Cisco Discovery Protocol)

Cisco Discovery Protocol (CDP) adalah tool yang berguna untuk mengatasi incomplete atau inaccurate network. CDP adalah media dan protocol independent, CDP hanya menampilkan informasi tentang koneksi router tetangga terdekat.


    1. CDP
    CDP adalah protokol layer 2 yang terhubung ke medi fisik dan protokol layer network, seperti yang ditunjukkan oleh gambar 1.1.

    Gambar 1.1 CDP

    CDP digunakan untuk mendapatkan informasi tentang cisco tetangga, seperti informasi tentang tipe device yang terhubung, interface yang terhubung, interface yang digunakan untuk koneksi dan jumlah model device. CDP adalah media dan protokol yang independen dan jalan di atas Subnetwork Access protocol (SNAP).



    CDP versi 2 (CDPv2) adalah versi terbaru. Cisco IOS release 12.0(3)T atau yang lebih baru menggunakan CDPv2, sedangkan CDPv1 defaultnya enable di Cisco IOS release 10.3 sampai 12.0(3)T.

    Ketika cisco device boot up, CDP secara otomatis start dan device melakukan deteksi terhadap device tetangga yang menggunakan CDP. CDP beroperasi pada data link layer dan membiarkan sistem learn ke tetangganay, meskipun menggunakan protokol layer berbeda.


    Masing-masing device yang dikonfigurasi CDP mengirimkan pesan secara periodik yang dikenal dengan advertisement ke device cisco yang terhubung langsung. Masing-masing advertise paling sedikit satu address yang menerima pesan Network Management Protocol (SNMP). Advertisement juga berisi time-to-live atau informasi holdtime yang menentukan panjang waktu device menerima informasi CDP sebelum discard informasi tersebut. Setiap device listen secara periodic pesan CDP yang dikirim oleh device tetangga.

    Informasi tentang cisco tetangga
    Untuk mengetahui informasi cisco yang terhubung langsung digunakan perintah show cdp neighbors. Gambar 1.2 adalah contoh bagaimana CDP mengumpulkan informasi tentang cisco yang terhubung langsung. CDP mengirimkan type length values (TLVs) untuk memberikan informasi tentang masing-masing device CDP tetangga. Show cdp neighbors memberikan informasi mengenai:

    •  ID dari device
    • Interface local
    • Holdtime
    • Kapasitas
    • Platform
    • Port ID


    Dan informasi TLVs yang hanya terdapat di CDPv2 adalah:

    • Domain name VTP management
    • Native VLAN
    • Full atau half duplex
    Gambar 1.2 show cdp neighbors
    Melihat Informasi CDP
    Gunakan perintah pada tables dibawah ini pada mode Privileges pada perangkat: Switch 1, Switch 2, R1, R2
    Catatlah hasil dari masing-masing perangkat tersebut lakukan pemindahan kabel ke port lain sebelumnya dan lakukan perintah yang sama dan catatlah perbedaannya

    Topologi

    TPLGY





    Tujuan

    1. Mengetahui apa itu Cisco Discovery Protocol (CDP).
    2. Mengetahui identitas Switch tetangga dengan CDP.

    Konsep Dasar

    Cisco Discovery Protocol atau sering di singkat CDP adalah sistem yang berjalan di perangkat Cisco yang berfungsi untuk mengenali perangkat-perangkat tetangganya. CDP secara default telah aktif di perangkat Cisco seperti; Router, Switch, Server. Kemampuan CDP untuk mengenali perangkat tetangganya membuat pengguna mudah dalam mengetahui perangkat siapa saja yang bersanding dengan perangkat pengguna itu.

    Cisco Discovery Protocol

    1. Sekarang kita mulai untuk mengulas tentang CDP.
    2. Untuk mengetahui peragkat tetangga, kita dapat menggunakan perintah
    Switch0#sh cdp neighbors
    
    Screenshot_1
    3. CDP juga dapat digunakan untuk melihat IP tetangga, tyetapi dengan syarat, perangkat tetangga telah memiliki IP address. Untuk melihat IP tetangga perintahnya
    show cdp entry *
    • Dapat dilihat pada gambar dibawah, alamat IPnya belum tertulis, itu karena kita belum memberikan IP kepadanya.
    5. Sekarang kita mulai untuk memberikan password pada perangkat Switch.
    • Switch0
    Screenshot_11
    • Switch1
    Screenshot_4
    • Switch2
    Screenshot_5
    • Switch3
    Screenshot_6
    6. IP address di setiap Switch sudah di buat, sekarang coba kita lihat identitas IP tetangga.
    • Switch0
    Switch0#sh cdp entry *
    • Dapat dilihat pada gambar di bawah, tetangga yang dekat dengan Switch0 adalah Switch1 dengan IP address 22.22.22.21 dan Switch2 dengan IP address 22.22.22.22.
    Screenshot_7
    • Switch1
    Switch1#sh cdp entry *
    • Dapat dilihat pada gambar di bawah, tetangga yang dekat dengan Switch1 adalah Switch0 dengan IP address 22.22.22.20 dan Switch3 dengan IP address 22.22.22.23.
    Screenshot_8
    • Switch2
    Switch2#sh cdp entry *
    • Dapat dilihat pada gambar di bawah, tetangga yang dekat dengan Switch2 adalah Switch3 dengan IP address 22.22.22.23 dan Switch0 dengan IP address 22.22.22.20.
    Screenshot_9
    • Switch3
    Switch3#sh cdp entry *
    • Dapat dilihat pada gambar di bawah, tetangga yang dekat dengan Switch3 adalah Switch1 dengan IP address 22.22.22.21 dan Switch2 dengan IP address 22.22.22.22.
    Screenshot_10
    7. Dapat dilihat hasil pengecekkan di atas. CDP dapat digunakan untuk melihat identitas perangkat yang bersanding dengan perangkat lain.

    Kesimpulan

    Cisco Discovery Protocol atau sering di singkat CDP adalah sistem yang berjalan di perangkat Cisco yang berfungsi untuk mengenali perangkat-perangkat tetangganya. CDP secara default telah aktif di perangkat Cisco seperti; Router, Switch, Server.

    Sumber :learnetwork.blogspot-com
    indryanisrj.blogspot-com
    allwimaulanaabdi.wordpress-com
    Related Posts

    Related Posts

    Post a Comment