-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Delay Dalam Jaringan Komputer

Delay 
Delay adalah waktu tunda suatu paket yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya. Delay di dalam jaringan dapat digolongkan sebagai berikut : 



  • Packetisasi delay 
    Delay yang disebabkan oleh waktu yang diperlukan untuk proses pembentukan paket IP dari informasi user. Delay ini hanya terjadi sekali saja, yaitu di source informasi.
  • Queuing delay 
    Delay ini disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh routermicro second.
  • Delay propagasi 
    Proses perjalanan informasi selama di dalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.





Macam-Macam Delay Pada Jaringan
 Delay itu artinya tunda. Nah kalo di dalam jaringan "delay" itu maksudnya adalah waktu tunda yang diakibatkan oleh proses transmisi dari satu titik ke titik lain yang menjadi tujuannya / destinasinya. Delay dalam jaringan TCP/IP dapat digolongkan sebagai berikut:

a. Packetization Delay
 Iya lebih tepatnya delay yang satu ini adalah delay disebabkan oleh waktu yang dibutuhkan proses pembentukan paket IP dari infomasi user. Delay ini hanya terjadi sekali, yaitu di source informasi.

b. Queuing Delay
 Nah maksud dari delay yang satu ini adalah delay disebabkan oleh waktu proses yang diperlukan oleh router didalam menangani antrian transmisi paket di sepanjang jaringan. Umumnya delay ini sangat kecil , kurang lebih 100 micro second.

c. Delay Propagasi
 delay propagasi adalah Proses perjalanan informasi selama didalam media transmisi, misalnya SDH, coax atau tembaga, menyebabkan delay yang disebut dengan delay propagasi.

d. Transmission Delay
Transmission Delay adalah waktu yang diperlukan dalam pengiriman sebuah paket data untuk melintasi suatu media. Transmission delay ditentukan oleh kecepatan media dan besar paket data.

e. Processing delay
. Langsung aja Processing delay adalah waktu yang diperlukan oleh suatu perangkat jaringan dalam melaksanakan prosesnya. Proses apa? yaitu proses untuk melihat rute, mengubah header, dan tugas switching lainnya.

Sumber :zaiddzulfikar.blogspot-com
zikrihakim.blogspot-com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment