-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Struktur Database Access

.  1. Table
    Table adalah tempat untuk menyimpan data. Data yang ada didalam tabel dapat kita manipulasi, melakukan operasi – operasi dasar database, mengurutkan datanya (men-sort), dan memperbaiki data yang telah terkumpul dan lain-lain. Jadi fungsi dari table sebenarnya adalah sebagai tempat untuk menampung/menyimpan data yang kemudian dapat kita olah/proses.
                   Langkah-langkah membuat table:
                   Misal  table data siswa:

                   Menuju ke Create > Table


                  

            

          Maka akan muncul sebuah Table

                  


           Kemudian untuk merubah pengaturan pada Table klik kanan pada Table1 > Design View

                      



            Isi  Nama Table misal: Data_Siswa
              
                                


Selanjutnya, merubah isi dari Field. Sedangkan Data Type, merupakan Tipe Data dari Field

      ID kita biarkan saja pengaturannya, karena ID ini nantinya akan digunakan untuk menghubungkan semua Tabel yang ada.
   Nama_Siswa, Data Type= Short Text karena pada Nama_Siswa akan berisi Kumpulan Huruf.
      Alamat, Data Type= Short Text karena pada Alamat akan berisi Kumpulan Huruf dan Angka.
Nomor_Telepon, Data Type= Short Text karena pada Nomor Telepon akan berisi Kumpulan Angka.

                                  


             Langkah selanjutnya, Klik kanan pada nama Table1 pilih Datasheet View 


                    

               Setelah itu isi masing-masing table sesuai dengan data apa yang akan dibuat nantinya





  2.Query
    Berfungsi untuk menyaring dan menampilkan data dari berbagai kriteria dan urutan yang kita hendaki. Sebagai contoh kita ingin menampilkan data siswa dengan NIS sesuai dengan keinginan, menampilkan alamat siswa disuatu daerah, menampilkan data nilai pelajaran kkpi yang tidak tuntas, menampilkan jenis kelamin siswa baik laki-laki maupun perempuan. Semua ini dapat dilakukan dengan menggunakan fasilitas query. Selain itu query juga dapat digunakan untuk menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat antar table itu ada field yang berhubungan. Contohnya kita ingin melihat NIS 61909, nama siswa dan nama orang tuanya siapa? dll, query biasanya digunakan sebagai sumber data untuk report dan from.

Langkah-langkah membuat query:
Caranya, pada tab Create > pilih Query Wizard. Kotak pesan Query Wizard akan muncul.


             


Pilih seperti pada gambar dibawah ini lalu klik OK

     



    Pada kolomTables/Queries, pilih tabel Data_Siswa. Pindahkan semua field yang ada pada kolom Available Fields ke kolom Selected Fields dengan cara klik tanda >>. Jika sudah, klik Next Next lagi > klik Finish


   3. Form
    Form Berfungsi untuk mengatur tampilan input data agar lebih menarik daripada hanya sekedar table,  maka form bisa dibentuk sedemikian rupa sehingga lebih menarik, lebih mudah digunakan, dan lebih melindungi data. Form menggunakan bahasa pemrograman, sehingga ditujukan untuk pengguna tingkat lanjut.

              Langkah-langkah membuat form:
       Cara membuat Form. Pada tab Create > From Design                       



            Secara Default, isi dari Form akan mengambil Data yang ada pada Query yang telah dibuat sebelumnya.



4. Report
    Report Yaitu system pelaporan yang digunakan ketika akan menampilkan hasil laporan dari sebuah analisis data, yang berfungsi untuk mencetak data dalam bentuk laporan, baik berupa tabular, grafik, maupun hasil-hasil perhitungan dan merupakan ekstrak dari basis data yang hasilnya dapat langsung dicetak melalui media cetak printer, maupun ditampilkan ke layar monitor.


              Langkah-langkah membuat report:
              Cara membuat Report. Pada tab Create > Report

           



   Sumber :wulandariaprilia-struktur-database.blogspot-com


Related Posts

Related Posts

Post a Comment