-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Interface Di PHP

Pengertian Object Interface

Secara sederhana, Object Interface adalah sebuah ‘kontrak’ atau perjanjian implementasi method.
Bagi class yang menggunakan object interfaceclass tersebut harus mengimplementasikan ulang seluruh method yang ada di dalam interface. Dalam pemrograman objek, penyebutan object interface sering disingkan dengan ‘Interface’ saja.
Jika anda telah mempelajari abstract class, maka interface bisa dikatakan sebagai bentuk lain dari abstract class. Walaupun secara konsep teoritis dan tujuan penggunaannya berbeda.
Sama seperti abstract classinterface juga hanya berisi signature dari method, yakni hanya nama method dan parameternya saja (jika ada). Isi dari method akan dibuat ulang di dalam class yang menggunakan interface.
Jika kita menganggap abstract class sebagai ‘kerangka’ atau ‘blue print’ dari class-class lain, maka interface adalah implementasi method yang harus ‘tersedia’ dalam sebuah objek. Interface tidak bisa disebut sebagai ‘kerangka’ class.
Menyambung analogi kita tentang class komputerinterface bisa dicontohkan dengan ‘mouse’, atau ‘keyboard’. Di dalam interface mouse, kita bisa membuat method seperti klik_kiri(), klik_kanan(), dandouble_klik(). Jika class laptop ‘menggunakan’ interface mouse, maka class tersebut harus membuat ulang method klik_kiri(), klik_kanan(), dan double_klik().
Sumber : www.duniailkom-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment