-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Cara Mengeluarkan CD yang tersangkut di dalam Laptop

Pernah ngalamin CD/DVD stuck alias nyangkut di dalam superdrive Mac (Macbook, Macbookpro, Mac Mini, iMac) ? Pasti rasanya panik banget ya, keringatan panas-dingin sebab CD nyangkut dan gak bisa keluar dari dalam superdrive :)

Ok, karena produk Mac itu termasuk 'barang mewah', jadi dia memang rada-rada 'belagu' kalo pilih-pilih kepingan CD/DVD nya. Ya harus standar lah, ketebalan standar, gak boleh cd/dvd bajakan, dll!! Cape deh!! :) Beda banget sama produk PC merk lain yang segala masuk.


Karena superdrive Mac itu bentuknya slot-loading bukan tray kaya komputer biasa, menjadi kelemahan kalo CD stuck di dalam.



Ini beberapa kemungkinan kenapa CD/DVD nyangkut di dalam:

  • Ketebalan kepingan CD nya gak standar. Eits, jangan salah loh banyak CD yang ketebalannya beda-beda. Katanya yg standar itu punya ketebalan 0.7 sampe 1 mm.
  • CD bajakan ! Banyak kasus dari pengalaman teman-teman pengguna Mac yang nyangkut itu adalah CD bajakan karena ya itu seperti dijelasin di poin pertama.
  • CD sudah baret-baret alias cacat. CD yang cacat membuat optic si superdrive Mac memaksa membaca di track/clutser yg rusak sehingga superdrive selalu running.
  • Optic superdrive lemah. Karena sering dipake (kerja rodi) untuk burning, muter film, dll maka kemampuan baca/tulis jadi lemah.

Solusinya:

1. Jangan panik!!! Ini solusi pertama, sebab kalo panik gak bisa berfikir positif dan jernih. Tenang dan yakin pasti ada solusinya adalah modal utama :) hihihi.

2. Cara yg umum kalo Mac masih running dan gak hang. a) Klik kanan di icon CD yang berada di desktop dan pilih 'eject'. Atau b) Drag icon CD ke tempat sampah yang berada di dock. atau dengan cara terakhir ini c) masuk ke Applications > Utilities > Disk Utilities > Pilih gambar CD kemudian klik tombol 'eject' berwarna biru yang berada di atas windows.


3. Gak bisa pake cara di atas. Coba cara ini: Jalankan terminal yang ada di Applications > Utilities > Terminal .... ketik perintah ini drutil eject kemudian enter. Tunggu sampe CD keluar. Gak bisa juga pake cara ini? Ikuti cara berikutnya... :)

4. Jika Mac hang (mouse ga gerak, gak bekerja) karena disebabkan superdrive memaksa membaca CD/DVD, cobalah untuk soft shoutdown dengan cara tekan secara bersamaan: Control + Option/alt dan tombol Power. Jika gak bisa juga harus menggunakan hard shoutdown dengan cara tekan tombol Power beberapa detik sampai Mac mati.

5. Tekan bersamaan trackpad mac + tombol eject + dan tombol power sampai mac hidup/booting. Usahakan posisi Macbook kita adalah vertikal yaitu lubang superdrive menghadap ke bawah. Saat mac hidup cobalah untuk menggoyang2kan agar CD keluar.

6. Gak keluar juga pake cara 5? Kita coba pake cara berikutnya :)


Khusus untuk Mini CD/DVD Stuck di dalam 
1. Miringkan mac kira-kira 40-60 derajat dengan posisi bagian bawah mac berada di atas. Goyang-goyangkan mac ke atas kebawah berulang-ulang hingga mini cd keluar.

2. Jika tidak bisa dengan cara 1. Seperti cara 1 tapi coba dengan bantuan lembaran tipis seperti kartu, karton tipis untuk membantu mengeluarkan mini cd/dvd

3. Coba juga dengan cara cd/dvd standar di atas dan lakukan langkah 1.


Sumber : transfer-ilmu.blogspot.co.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment