-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Transistor dan kategorinya

Hasil gambar untuk sistem digital

Pengertian Transistor

Transistor ialah sebuah komponen elektronika yang digunakan untuk penguat, sebagai sirkuit pemutus, sebagai penyambung, sebagai stabilitas tegangan, modulasi sinyal dan lain-lain. Fungsi transistor juga sebagai kran listrik yang dimana berdasarkan tegangan inputnya, memungkinkan pengalihat listrik yang akurat yang berasal dari sumber listrik.

Fungsi Transistor

Adapun fungsi dari transistor diantaranya sebagaimana dibawah ini:

Transistor Sebagai Saklar Elektronik

Yaitu dengan mengatur bias dari sebuah transistor sampai transistor jenuh maka didapat hubungan singkat antar kaki konektor dan emitor, dengan memanfaatkan kejadian ini maka transistor bisa digunakan sebagai saklar.

Transistor Sebagai Penguat Arus

Yaitu digunakan sebagai penguat arus, dengan fungsi ini transistor dapat digunakan sebagai rangkaian power supply tentunya dengan tegangan yang disetting. Untuk dapat digunakan sebagai fungsi penguat arus transistor harus dibias tegangan yang constant pada basisnya, agar pada emitor keluar tegangan yang tetap. Umumnya untuk dapat tegangan basis agar tetap digunakan diode zener.
Transistor sebagai penguat sinyal AC, adapun fungsi transistor yang lainnya ialah sebagai penguat sinyal AC, dan lain-lain.
2 Kategori Transistor
1. Bipolar
RTL (Resistor Transistor Logic)
DTL (Dioda Transistor Logic)
TTL (Transistor Transistor Logic)
CTL (Capasitor Transistor Logic)
ECL (Emiter Capasitor Logic)
MOS (Metal Oxide Semiconductor)
CMOS (Complementary MOS)
IIL (Integrated Injection Logic)
2. MOSFETs
PMOS, NMOS, CMOS

Sumber : nikkowijaya.wordpress.com
www.dosenpendidikan.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment