-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Data Independence Basis Data

Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Data Independence Dalam Basis Data.  Tujuan utama dari 3 tingkat arsitektur adalah memelihara kemandirian data (data independence) yang berarti perubahan yang terjadi pada tingkat yang lebih rendah tidak mempengaruhi tingkat yang lebih tinggi. Data Independence adalah jenis transparansi data yang penting untuk DBMS terpusat.

Ada dua tingkat data Independence Dalam Basis Data Yaitu :

Tingkat Pertama

Struktur logika dari data (The logical structure of the data) dikenal sebagai definisi skema( schema definition). Secara umum, jika aplikasi pengguna beroperasi pada subset dari atribut relasi, seharusnya tidak akan terpengaruh, ketika atribut baru ditambahkan ke relasi yang sama. Independensi data logis menunjukkan bahwa skema konseptual dapat diubah tanpa mempengaruhi skema yang ada.

Tingkat Kedua

Struktur fisik data (The physical structure of the data) disebut sebagai “deskripsi data fisik (physical data description)”. Physical data independence deals menawarkan dengan menyembunyikan detail dari struktur penyimpanan dari aplikasi pengguna. Aplikasi tidak boleh terlibat dengan masalah ini karena, secara konseptual, tidak ada perbedaan dalam operasi yang dilakukan terhadap data.

Ada 2 jenis data independence, yaitu

1. Physical Data Independence

bahwa internal schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu conceptual schema. Dengan kata lain physical data independence menunjukkan kekebalan conceptual schema terhadap perubahan internal schema.

2. Logical Data Independence

bahwa conceptual schema dapat diubah oleh DBA tanpa menggangu external schema. Dengan kata lain logical data independence menunjukkan kekebalan external schema terhadap perubahan conceptual schema.
Prinsip data independence adalah salah satu hal yang harus diterapkan di dalam pengelolaan sistem basis data dengan alasan-alasan sbb :
1. DBA dapat mengubah isi, lokasi, perwujudan dalam organisasi basis data tanpa mengganggu program-program aplikasi yang sudah ada.
2. Pabrik / agen peralatan / software pengolahan data dapat memperkenalkan produk-produk baru tanpa mengganggu program-program aplikasi yang sudah ada.
3. Untuk memindahkan perkembangan program-program aplikasi
4. Memberikan fasilitas pengontrolan terpusat oleh DBA demi keamanan dan integritas data dengan memperhatikan perubahan
perubahan kebutuhan pengguna.

Sumber : luragung.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment