-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Kelebihan Dan Kekurangan Radix Sort

Kelebihan dan Kekurangan Redix Short
Algoritma radix sort memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda dibandingkan dengan algoritma pengurutan yang lain. Beberapa kelebihan algoritma radix sort adalah sebagai berikut :
- Algoritma sangat mangkus. Hal ini dapat dilihat dari kompleksitas waktu asimptotiknya yang sangat kecil (O(kN)). Hal ini mengakibatkan algoritma radix sort sangat efektif untuk data dalam jumlah yang sangat besar sekalipun.
- Konsep algoritma mudah dipahami. Algoritma radix sort mengurutkan data berdasarkan digit, tidak melalui proses perbandingan yang cenderung sulit dipahami.
Walaupun memiliki banyak kelebihan dibandingkan algoritma pengurutan yang lain, algoritma ini memiliki kekurangan : realisasi program rumit dan kurang fleksibel untuk digunakan pada tipe data lain.
Realisasi program untuk algoritma radix sort tidak semudah memahami konsep dasarnya. Secara umum, algoritma ini membutuhkan bucket untuk mengelompokkan data-data yang sedang diurutkan. Inisialisasi bucket untuk kasus ini tidak mudah dilakukan. Pada awalnya, radix sort hanya dapat digunakan untuk data bertipe bit dan desimal. Tetapi, seiring waktu, radix sort mulai dikembangkan untuk tipe data yang lain. Saat ini radix sort sudah dapat digunakan untuk tipe data berupa bilangan pecahan dan bilangan negatif. Akan tetapi, modifikasi terhadap algoritma ini menjadi signifikan. Pada umumnya, pengembangan algoritma radix sort untuk tipe data lain dibantu dengan menggunakan counting sort, yang merupakan salah satu algoritma pengurutan yang tidak menggunakan perbandingan. Penulis tidak akan membahas algoritma ini mengingat batasan makalah yang diberikan.


Sumber : galaksi3.blogspot.co.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment