-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Cara Cek Hardisk Bad Sector

Cara Cek Harddisk Memakai CHKDSK

Pilihan alternatif utama yang bisa kami rekomendasikan adalah dengan menggunakan CHKDSK. Prosedur yang harus dilakukan untuk cek harddisk bad sektor bisa dilakukan dengan cara klik menu Start -> All program -> Accessories -> Command Prompt. Apabila saat ini sedang menggunakan windows 8, maka bisa langsung klik tombol Windows + R, lalu ketik CMD dan terakhir tekan Enter. Aapbila jendela command prompt terbuka, maka tinggal ketikan CHKDSK kemudian tekan Enter.

Cara Cek Harddisk Tanpa Software

Apabila memilih untuk tidak menggunakan software, maka cara cek bad sectir harddisk bisa dilakukan dengan menuju menu My Computer -> klik kanan partisi harddisk yang hendak diperiksa -> properties. Kemudian klik Tabs Tools -> Check Now yang berada di form Error-checking. Yang menjadi catatan adalah jika dalam waktu mengecek harddisk sendiri tergantung dari besarnya file dan folder, kondisi harddisk, RAM dan juga processor yang digunakan.

Menggunakan Software

Namun jika lebih memilih untuk menggunakan software untuk cara cek bad sector harddisk adalah dengan menggunakan CrystalDiskInfo. Selain bisa digunakan untuk mengecek kondisi hardisk, software ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi suhu, volume harddisk, besaran RPM sekaligus  firmware yang digunakan. Jika tertarik untuk mengunduhnya, bisa langsung klik disini
Apabila saat ini harddisk yang digunakan PC atau laptop belum mengalami kerusakan atau dalam kondisi masih sempurna, kami sarankan untuk langsung memback-up semua data yang penting untuk mengatisipasi hilangnya data yang tidak di inginkan. Jadi tidak ada salahnya jika mulai saat ini anda bisa melakukan pengecekan harddisk secara berkala agar bisa mengetahui sejak dini beberapa perangkat yang ada pada perangkat.
Related Posts

Related Posts

Post a Comment