-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Aplikasi yang menggunakan OLAP




APLIKASI YANG MENGGUNAKAN METODE ONLINE ANALYTICAL PROCESSING (OLAP)


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Aplikasi yang Menggunakan Metode Online Analytical Processing (OLAP). Apa itu OLAP ? untuk lebih jelas mengenai OLAP silahkan klik link ………
Oke langsung saja, ada 4 aplikasi yang menggunakan metode OLAP yang saya ketahui yaitu :
Express Edition (Oracle)
Express Server atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Express Edition (XE) adalah sebuah aplikasi server database yang menggunakan metode OLAP. Express Edition dirilis oleh sebuah perusahan besar yaitu Oracle Corporation, dan Oracle XE ini berlisensi Freeware (bersifat gratis) jadi semua orang bisa menggunakannya.
Sampai saat ini terdapat dua versi Oracle XE, yaitu Oracle 10g XE dan Oracle 11g R2 XE. Kedua versi tersebut sama-sama memberikan konsep antarmuka (interface) untuk mengatur dan memanfaatkan database oracle ini.
express
Terdapat bebrapa batasan pada Oracle 10g XE yaitu :
  1. Pemakaian ruang memori pada database oracle 10g XE hanya dapat mengalamati sampai 1GB RAM
  2. Oracle 10g XE hanya menggunakan satu CPU saja
  3. Database Oracle 10g XE hanya dapat berjalan secara tunggal di sembarang computer
  4. Pembatasan ruang penyimpanan yang hanya bisa sampai angka 4 GB saja, tidak boleh melebihi batas tersebut. Tapi pemakai dapat menghubungkan Aplikasi Express ini ke aplikasi database lain untuk menambah ruang penyimpanan (Susanto. 2012)
Oracle XE dapat dijalankan di beberapa sistem operasi seperti Microsoft dan Linux, tentu saja aplikasi ini memiliki minimum requirement di masing-masing sistem operasi yang akan menjalankannya. Berikut ini adalah minimum requirement Oracle XE pada Microsoft Windows dan Linux
  1. Minimum Requirement Oracle XE pada Microsoft Windows
  2. Minimal RAM 256 MB (rekomendasi 512 MB)
  3. Minimal Ruang Penyimpanan 1,6 GB
  4. Minimum Processor (x86) Intel Pentium 4
  5. Sistem Operasi minimum Windows XP Sp1
  6. Minimum Requirement Oracle XE pada Linux
  7. Minimal RAM 256 MB (rekomendasi 512 MB)
  8. Minimal Ruang Penyimpanan 1,5 GB
  9. Kebutuhan Swapfile (dalam MB): (a) RAM antara 0 – 256, ukuran swap 3 x RAM (b) RAM antara 256 – 512, ukuran swap 2 x RAM (c) RAM antara 512 – 1024, ukuran swap 1024 M
  10. Minimum Processor (x86) Intel Pentium 4
Paket Program yang harus terpasang pada linux : a) Distro Linux. b) Glibc V 2.3.2 dan c) Libaio 0.3.96
Power Play
Powerplay adalah sebuah aplikasi OLAP yang dirilis oleh sebuah perusahaan yang bernama Cognos. Powerplay Cognos ini dirilis pada tahun 1989, setelah 25 tahun powerplay tetap dapat bertahan dan bersaing dengan aplikasi OLAP yang lainnya seperti Express Edition milik Oracle, Highgate Project milik Sybase dan juga MateCube.
powerplay
Powerplay memiliki kelebihan tersendiri sehingga masih dapat bertahan sampai sekarang ini. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki Powerplay:
  1. Pengguna dapat mengatur sendiri besar total volume data dengan sub-second respon.
  2. Dengan Cognos PowerPlay, pengguna dengan bisnis atau level teknikal apapun dapat melakukan analisis multidimensi, membuat laporan dan lain-lain
  3. Cognos PowerPlay menggambarkan informasi dari relasi database ke model dan membuat PowerCubes (“Cube”)
  4. Cube adalah sebuah data set yang di dalamnya terdapat gabungan dari puluhan juta baris data dan ratusan ribu kategori
  5. Aturan bisnis dan Kalkulasi (contoh persentase pertumbuhan suatu pasar/market)
  6. Cube dan laporan dapat dipergunakan untuk web client atau untuk Windows dan Excel Client, dan semua aplikasi yang menggunakan server aplikasi sama (powerplay cognos)
Cognos PowerPlay menyediakan fasilitas multidimensional data store dan fitur rich end-user experience. Cognos PowerPlay juga bersifat multiserver dan load-balanced arsitektur sehingga mudah di Install dan digunakan dengan ribuan user.

HighGate
HighGate adalah aplikasi OLAP yang dirilis oleh Sybase Coorporation pada tahun 1995, tahun yang sama dimana metacube juga dirilis.
HighGate memberikan kebebasan pada user untuk menjalankan query bertipe OLAP ke Sybase SQL Server tanpa membutuhkan database OLAP secara terpisah. Sehingga dengan HighGate ini user tidak perlu lagi melakukan instalasi database OLAP secara terpisah.
HighGate juga beroprasi dengan IQ data Akselelator untuk mempercepat proses query yang complex pada database yang besar dan juga data yang sangat banyak. Dengan demikian HighGate dapat melakukan query yang complex lebih cepat dari aplikasi OLAP yang lainnya karena dilengkapi dengan IQ Akselelator.
HighGate akan dipaketkan dengan perangkat modelling design untuk menghasilkan model data underying.
Seorang analis dari Cambridge mengatakan bahwa highgate adalah aplikasi yang sangat mendekati sempurna.
MateCube
Metacube adalah sebuah aplikasi OLAP yang dirilis oleh Informix Software Incorporation yang berada di Stanford, California – Amerika Serikat. Metacube dirilis pada tanggal 30 oktober 1995.
Metacube adalah teknologi yang sempurna sebagai pelengkap open strategi perusahaan Informix. Metacube sekarang sudah dapat mensuport beberapa varian database server termasuk Oracle, Sybase, Tandem, IBM DB2, dan Teradata.
Aplikasi Metacube sekarang telah menjadi pemimpin dari teknik OLAP dimana metacube menyediakan performa tinggi untuk mengakses data warehouse yang besar dengan menggunakan arsitektur multi-tier.
Metacube menggunakan metadata untuk menyediakan warehouse level tingkat tinggi, tampilan multidimensi dari data warehouse yang cocok dengan user dan pembuat keputusan intuitif untuk dapat mengerti bisnis mereka. Metacube juga mensuport open standart seperti OLE dan ODBC
Yak !! demikian uraian singkat dari Aplikasi yang Menggunakan Metode OLAP. Semoga dapat membantu bro & sist yang membutuhkan.

Sumber :catatandigital.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment