-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Database Cube pada SQL Server 2008

Cube 


Unit dasar dari storage dan analisis dalam analisis services adalah Cube. Cube adalah kumpulan dari data yang telah digabungkan untuk memudahkan query untuk mengembalikan data secara cepat. Contohnya, sebuah cube yang diminta digabungkan berdasarkan periode waktu dan judul,Cube membuat lebih cepat ketika anda menanyakan tentang oreder by week atau order by title.
Cube yang dibuat kedalam dimensions dan measures. Data untuk cube berasal dari kumpulan tabel bertingkat, kadang dinamakan star schema database. Dimesions dalam cube berasal dari dimension tables dalam database bertingkat, Sementara measures berasal dari fact tables dalam staging database.
Dimension table
Dimension table berada dalam staging database dan berisidata yang akan digunakan untuk mengelompokkan nilai yang diringkas. Dimension tabel berisi primary key dan atribut lain yang mendeskripsikan entiti yang tersimpan dalam tabel. COntohnya : Tabel customer yang berisikan informasi Kota, Negara dan Kode Pos untuk memungkinkan analisa sales secara geografis, atau sebuah tabel produk yang berisikan kategori dan product lines untuk membreak down perhitungan sales.
Dimension
Masing-masing cube mempunyai satu atau lebih dimensions, masing-masing berdasarkan pada satu atau lebih dimension tabel. Sebuah dimension menggabarkan sebuah kategori untuk analisa bisnis data L waktu atau kategori yang disebut diatas. Biasanya, sebuah dimensi mempunyai hirarki jadi hasil yang paling rendah dapat di “rolled up” ke hasil yang lebih tinggi. Contohnya, dalam level geografis anda mungkin mempunyai kota jumlah digabungkan ke total  negara bagian, atau negara bagian kedalam total negara.
Hierarchy
Sebuah hirarki dapat divisualisasikan dengan lambang plus(node tree). Sebuah chart perusahaan  adalah conto dari hirarki. masing-masing dimensi dapat berisi banyak hirarki. beberapa diantaranya adalah natural hirarki ( relasi parent-child antar atribut yang terjadi dalam data), lainnya adalah navigational hirarki ( relasi parent -child yang dibuat oleh developer )
Level
Masing-masing layer dalam hirarki dinamakan level. Contohnya, anda dapat menyebutnya level minggu atau level bulan pada hirarki waktu, dan level kota atau level negara pada hirarki geografis
Fact table
Sebuah fact table berada dalam staging database dan berisi informasi dasar yang akan dirangkum. Hal ini mungkin diminta berdasarkan detail informasi, arsip payroll, informasi keefektifan obat, atau hal lain yang disetujui untuk menjumlahkan dan merata-ratakan. Beberapa tabel yang anda gunakan dengan fungsi Sum atau Avg dalam total query adalah baik untuk fact table. Fact tables berisi fields untuk individual facts serta foreign key fields tergantung pada fakta-takta yang berkaitan dengan dimension tables.
Measure
Setiap cube akan berisi satu atau lebih measures, masing-masing berdasarkan pada kolom dalam fact table yang akan dianalisa. Contohnya, measures akan berisi seperu unit sales dan profit
Sumber :arifandhika.wordpress.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment