-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian LPD (Line Printer Daemon)


Protokol Daemon Printer Line / Line Printer Remote protocol (atau LPD, LPR) 
adalah protokol jaringan untuk mengirim pekerjaan cetak ke printer jarak jauh. Implementasi asli LPD ada dalam sistem pencetakan Berkeley dalam sistem operasi BSD UNIX; proyek LPRng juga mendukung protokol itu. Common Unix Printing System (atau CUPS), yang lebih umum pada distribusi Linux modern, mendukung LPD serta Protokol Pencetakan Internet (IPP). Solusi komersial tersedia yang juga memanfaatkan komponen protokol pencetakan Berkeley, di mana fungsionalitas dan kinerja yang lebih kuat diperlukan daripada tersedia dari LPR / LPD (atau CUPS) sendiri (seperti yang mungkin diperlukan dalam lingkungan perusahaan besar). Spesifikasi Protokol LPD didokumentasikan dalam RFC 1179. [1]
Pemakaian
Server untuk protokol LPD mendengarkan permintaan pada port TCP 515. Permintaan dimulai dengan byte yang berisi kode permintaan, diikuti oleh argumen ke permintaan, dan diakhiri oleh karakter ASCII LF.
Printer LPD diidentifikasi oleh alamat IP dari mesin server dan nama antrian pada mesin itu. Banyak nama antrian yang berbeda mungkin ada dalam satu server LPD, dengan setiap antrian memiliki pengaturan unik. Perhatikan bahwa nama antrian LPD adalah case sensitive. Beberapa penerapan LPD modern pada printer jaringan mungkin mengabaikan case atau nama antrian sama sekali dan mengirim semua pekerjaan ke printer yang sama. Orang lain memiliki opsi untuk secara otomatis membuat antrian baru ketika pekerjaan cetak dengan nama antrean baru diterima. Ini membantu menyederhanakan pengaturan server LPD. [2] Beberapa perusahaan (misalnya D-Link dalam model DP-301P +) memiliki tradisi memanggil nama antrian "lpt1" atau "LPT1".



Printer yang mendukung LPD / LPR kadang-kadang disebut sebagai "TCP / IP printer" (TCP / IP digunakan untuk membuat koneksi antara printer dan klien pada jaringan), meskipun istilah itu akan sama-sama berlaku untuk printer yang mendukung Protokol Pencetakan Internet.

Print Server

Sebuah server cetak , atau printer Server , adalah komputer atau perangkat yang terhubung ke satu atau lebih printer dan computer klien melalui jaringan , dan dapat menerima pekerjaan cetak dari komputer dan mengirim pekerjaan ke printer yang sesuai.
Istilah ini dapat merujuk kepada:
1.     Sebuah jaringan computer host dengan satu atau lebih printer bersama.
2.     Sebuah jaringan komputer yang mengimplementasikan protokol pencetakan seperti internet printing protocol, jalur deamon protocol atau Microsoft protocol jaringan percetakan.
3.     Sebuah perangkat khusus yang menghubungkan satu atau lebih printer ke jaringan area local (LAN). Biasanya memiliki konektor LAN tunggal, biasanya sebuah RJ-45 soket, mungkin sebuah wifi koneksi, dan satu atau lebih port printer fisik, biasanya beberapa kombinasi dari DB9 DB25 atau seri konektor, Centronics parallel konektor, dan (universal serial bus) konektor . Pada dasarnya perangkat ini didedikasikan menyediakan konversi protokol mencetak dari apa yang dikirim oleh komputer klien untuk apa yang akan diterima oleh printer. Perangkat cetak dedicated server dapat mendukung berbagai protokol termasuk pencetakan LPD / LPR di jaringan melalui TCP / IP , NetWare , NetBios / Net Beui lebih dari NBF, Port TCP 9100 atau raw printer melalui protokol TCP / IP , DLC atau IPX / SPX. Peralatan dedicated server cenderung cukup sederhana dalam kedua konfigurasi dan fitur. Cetak fungsi server dapat diintegrasikan dengan perangkat lain seperti router nirkabel, firewall, atau keduanya.

Tidak semua printer dengan tepat jenis konektor yang kompatibel dengan server cetak tertentu; produsen server membuat daftar tersedia printer yang kompatibel. Sebuah server tidak dapat mengimplementasikan semua fungsi komunikasi dari printer (tinta sinyal rendah, dll).
Related Posts

Related Posts

Post a Comment