-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian POP (Post Office Protocol)


Pengertian Post Office Protocol (POP)

Post Office Protocol atau yang biasa disingkat POP adalah protocol yang digunakan untuk mengambil/ mengelola e-mail di Internet.
Dengan adanya POP, dapat mempermudah untuk mendapatkan e-mail dari sebuah mail server tanpa membutuhkan koneksi yang lama dari Internet.  POP - Version 3 (POP3) adalah  POP yang standar untuk Internet yang akan mengijinkan client untuk mengakses, meninggalkan atau menghapus e-mail yang ada di POP server secara dinamis.
Sebelum di-download oleh user menggunakan Client Email, tiap user akan disimpan sementara di Server POP3 di dalam mailboxnya masing – masing email seperti Outlook ataupun Eudora.  Ketika proses pengambilan tersebut client email terkoneksi ke mail server dengan menggunakan protokol POP3 yang berjalan pada TCP port 110.


Selain POP Mail juga dikenal Web based e-mail dengan basis akses dalam bentuk halaman web (yang umum dipakai dan digunakan). Pada Web based e-mail, tidak ada cara lain untuk mengakses e-mail selain harus masuk situs web penyedia layanan e-mail tersebut. Dengan kata lain harus ada koneksi internet untuk membaca e-mail anda satu persatu.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kelebihan POP Mail adalah :
  1. Kita dapat membaca e-mail meskipun dalam kondisi offline (tidak terhubung dengan internet). Karena semua e-mail yang masuk didownload dari server alamat e-mail dan tersimpan pada komputer atau ponsel yang selanjtnya dapat dibaca walau tanpa koneksi internet.
  2. Waktu yang diperlukan untuk terkoneksi dengan internet lebih cepat, karena waktu untuk koneksi internet hanya untuk mendownload e-mail tersebut, sedangkan untuk membacanya free/gratis (kan gak perlu nyambung internet).
  3. E-mail yang masuk lebih mudah untuk diarsipkan, karena e-mail disimpan di komputer pengguna.

Memang, tidak semua komputer atau ponsel yang menggunakan POP Mail. Komputer yang dapat menggunakan POP Mail adalah komputer yang menggunakan email client seperti Outlook Express dan Eudora dan telah dilakukan pengaturan terlebih dahulu.

SUmber :www.temukanpengertian-com
sedikitpengertian.blogspot-com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment