-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Bahasa R



Pengertian R
Bahasa R (disingkat dengan R saja) adalah suatu fasilitas perangkat lunak untuk manipulasi data, simulasi, kalkulasi dan peragaan grafik. R memiliki kemampuan menganalisis data dengan sangat efektif dan dilengkapi dengan operator pengolahan array dan matriks. Tidak kalah menariknya R memiliki kemampuan penampilan grafik yang sangat sophisticated demikian pula peragaan untuk datanya.
Perbedaan R dengan program statistika lain seperti SAS System atau Minitab, yaitu R merupakan bahasa pemrograman interpreter, yang artinya akan mengeksekusi perintah setiap kali diketikkan di layar.
Bahasa R merupakan versi sumber terbuka (open-source) dari bahasa pemrograman S (Azola dan Harrel, 2006). Versi komersial yang berbasis bahasa S adalah S plus. Bahasa R memiliki kemampuan yang tidak kalah dangan paket-paket program pengolahan data komersial bahkan dalam beberapa hal kemampuannya lebih baik. Perbandingan R khususnya terhadap SAS dibahas secara rinci oleh Azola dan Harrel (2006). Bahasa R mendapat sambutan yang baik dari kalangan statistikawan di seluruh dunia, sayangnya di Indonesia belum banyak dikenal. Tulisan ini dibuat untuk mengenalkan bahasa R khsusunya kalangan akademisi di Indonesia, dan untuk mendukung gerakan IGOS (Indonesia Go Open Source).
Sumber : bahasa-r.blogspot-com
windaramadhani.wordpress-com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment