-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Membuat Database Baru Di Microsoft Access


  • Buka Ms Access sobat Start -> All Programs -> Microsoft Office -> Microsoft Access. Maka akan muncul menu Blank Database sobat ganti nama databasenya pada form File Name, klik tombol browse jika mau menyimpannya /merubah tempat penyimpanan di drive lain “biasanya untuk penyimpanan default di C:\Users\nama id computer\Documents\” dan klik tombol Create
database baru access
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul tabel baru kosong, disini sobat bisa langsung menambahkan tabel baru dimenu Create -> Table atau bisa juga langsung memperbaiki struktur tabel pertama yang masih kosong. Kemudian pada bagian Table Tools -> View -> Design View. maka akan muncul pesan Save As tabel name dimana sobat harus memberikan nama pada tabel terlebih dulu.

design view access
tabel access
  • Selanjutnya adalah membuat struktur tabel yang terdiri dari beberapa bagian
– Field Name : untuk memasukkan nama field yang akan dibuat
– Data Type : untuk menentukan tipe data
Description : untuk memasukkan keterangan jika di anggap perlu “ndak harus di isi”.
– Field Size : untuk mengatur ukuran field dari masing2 field, saya sarankan untuk memberikan size secukupnya karena nanti berpengaruh pada size tabel yang di buat.
  • Selain itu sobat juga harus memberikan primary key di masing – masing tabel, primary key di ambil dari salah satu field dalam tabel yang mempunyai sifat unik misal ; NIM, kode_karyawan, dll. untuk membuat primary key pada tabel pilih field yang ingin dijadikan primary key pada menu bar Design, klik tombol menu Primary Key
tabel baru pada access
  • Jika sudah menyusun struktur tabel klik shorcut Save, selanjutnya adalah mengisi tabel dengan cara memilih menu View -> Datasheet View dan isikan data sesuai field yang sudah sobat buat.
datasheet access
  • Terakhir klik save, dari tutorial ini berarti sobat sudah bisa membuat database dan tabel baru dengan microsoft access.
Sumber : ilmuonline-net
Related Posts

Related Posts

Post a Comment