-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian NCP (Network Control Protocol)

  • NCP (Network Control Protocol) berfungsi untuk mengkoordinasi operasi bermacam-macamprotokol jaringan menggunakan Link PPP ini. Beberapa hal yang dilakukan oleh protokolini ialah menegosiasikan jenis protokol kompresi yang akan dipakai serta menanyakan IP address mitranya.
NCP adalah protokol jaringan pertama ARPANET.
NCP diselesaikan dan digunakan pada bulan Desember 1970 oleh Network Working Group (NWG) yang dipimpin oleh Steve Crocker, juga penemu Request For Comments.
NCP digunakan sebagai standart interface jaringan ARPANET, sehingga memudahkan untuk membuat dan memungkinkan lebih banyak lagi situs DARPA untuk bergabung dalam satu jaringan.
NCP bekerja sebagai protokol Host-to-Host,
maksudnya adalah komunikasi antar host dapat berjalan pada jaringan yang sama.
Pada akhir tahun 1971 terdapat lima belas situs menggunakan NCP di young Internet:
1. Bolt Baranek and Newman
2. Carnegie Mellon University
3. Case Western Reserve University
4. Harvard University
5. Lincoln Laboratories
6. Massachusetts Institute of Technology
7. NASA at AMES
8. RAND Corporation
9. Stanford Research Institute
10.Stanford University
11.System Development Corporation
12.University of California at Los Angeles
13.University of California of Santa Barbara
14.University of Illinois at Urbana
15.University of UTAH
Meskipun NCP tidak memiliki kemampuan untuk pengalamatan jaringan komputer (dan mesin) namun pada akhirnya penggunaan IMP dalam ARPANET mengharuskan perubahan-perubahan NCP.
NCP dipergunakan dalam ARPANET untuk menjaga reliabilitas end-to-end. Apabila banyak paket hilang, maka protokol ini (dengan didukung aplikasi lainnya) tidak menimbulkan masalah. Dalam model ini NCP tidak menunjukkan kegagalan dalam mengontrol end-to-end host. Sejak saat itu ARPANET merupakan jaringan komputer yang ada dan tidak memerlukan penggunakan kontrol error pada hostnya.
Namun, Robert Kahn dan Vinton Cerf memutuskan untuk mengembangkan sebuah versi baru protokol yang dapat bekerja dengan baik pada lingkungan jaringan komputer dengan arsitektur terbuka. Protocol ini kemudian disebut Transmission ControlProtocol/Internet Protocol (TCP/IP). Sedangkan NCP cenderung dipergunakan sebagai sebuah pengendali alat (device driver), protokol TCP/IP ini lebih menyerupai sebuah protokol komunikasi dan masih digunakan di Internet saat ini.

Sumber :blog.ub.ac-id
www.transiskom-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment