-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Cara Menambahkan Kolom Query Di Ms Access 2007

Cara Menbambahkan Kolom Total Pada Query di Ms Acces

Caranya membuatnya yaitu :

1. Pastikan Tabel yang akan digunakan (diolah) sudah ada/siap
2. Jalankan microsoft office access 2007 dan bukalah database yang digunakan sebelumnya.
3. Untuk memulainya perhatikan pada grup query. Pilihlah query yang akan ditambahkan kolom baru / field yang dihitung.
4. Klik kanan pada nama query yang akan diedit atau ditambahkan kolom baru dan pilih design view
5. Kemudian letakkan kursor pada kolom yang kosong paling kanan dan ketikkan rumus yang akan digunakan.Rumus dapat diketikkan langsung atau melalui klik kanan pada kolom kosong tersebut dan pilih menu Build. Tampilan menu build seperti gambar dibawah :
Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access

6.  Dan ketikkan rumus seperti ini Total : [hargJual] * [jumlah], akan tetapi jika tidak ingin mengetik maka dapat dilakukan dengan melakukan perintah double klik pada field yang dimasukkan ke dalam rumus (lihat gambar point 5). Klik tombol OK jika sudah selesai.

7. Kemudian pastikan tanda centang pada kolom Total dalam kondisi dicetang dan setelah klik tombol View untuk melihat hasilnya, seperti gambar dibawah ini (lihat kolom Total) :
Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access
8. Saya akan menambahkan kolom baru misalkan kolom Diskon dimana ditentukan dari total dengan ketentuan : jika total lebih 30juta maka diskon 10% dan jika total lebih dari 20juta maka diskon 5% selain itu tidak mendapatkan diskon. Caranya  sama dengan yang di point 5 dan 6. hanya rumusnya menggunakan fungsi IF dengan rumus seperti ini :
         IIF([Total]>30000000,10/100 * [total], IIF([Total]>20000000, 5/100 * [Total], 0)) 
dan hasilnya seperti ini (lihat kolom diskon) :
Cara-Menambahkan-Kolom-Total-Pada-Query-di-Ms-Access

Sumber :ritawahyuruyanty50.blogspot-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment