-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Database SIM

    
Konsep Database ( Basis Data )

Beberapa definisi dari database atau basis data adalah sebagai berikut:
ü  Sekumpulan data store(bisa dalam jumlah besar) yang tersimpan dalam magnetic disk, optical disk, dan media penyimpan sekunder lainnya.
ü  Sekumpulan program-program aplikasi umum yang bersifat “batch” yang mengeksekusi dan memproses data secara umum(hapus,cari,update,dll)
ü  Basis data terdiri dari data yang di-share bagi banyak user dan memungkinkan penggunaan data yang sama pada waktu bersamaan oleh banyak user
ü  Koleksi terpadu dari data-data yang saling berkaitan dari suatu enterprise.Mis. Basis data RS akan terdiri dari data-data seperti pasien, karyawam, dokter, dan perawat

            Dari beberapa pengertian di atas, database dapat diartikan sebagai suatu kumpulan file atau data yang saling terhubung yang disimpan pada suatu media tertentu, dan diorganisasikan dengan cara tertentu. Sistem basis data adalah sistem yang memuat data yang terorganisasi dengan baik sehingga memudahkan penyimpanan dan pengambilan kembali secara elektronis. Sistem yang digunakan untuk mengelola database tersebut dikenal dengan istilah Database Managemenet System (DBMS).
Komponen Utama DBMS :
1.      Hardware ; yang melakukan pemrosesan dan menyimpan database.
2.      Data.
3.      User , dapat diklasifikasikan menjadi :
v  End User ;
q  Pengguna aplikasi, yang mengoperasikan program aplikasi.
q  Pengguna interaktif, yang memberikan perintah-perintah beraras tinggi (sintak-sintak query).
v  Programmer aplikasi, yang membuat program aplikasi.
v  Database Administrator, bertanggung jawab terhadap pengelolaan database.
4.      Software, sebagai interface antara user dan database.

Analisa Struktur Data
Tujuan dari analisa struktur data ini adalah untuk menetapkan bahwa sistem database yang digunakan masih layak dipertanggung jawabkan dan struktur data potensi yang dibangun memenuhi aspek kriteria aplikasi yang dikembangkan.



Aplikasi database
adalah program aplikasi yang digunakan untuk melaksanakan sederet kegiatan yang  ditentukan oleh pemakai. 
Pengembangan sistem aplikasi berbasis data (Data-Based Application) akan mengunakan metoda RDBMS (Relation Database Management System)> Medode RDBMS ini yang menentukan Design Model Enttity Relationship dan Design Tabel Data Based- nya, yang disesuaikan dengan database dan karateristik aplikasi yang dikembangkan untuk menjamin kemudahan akses, kecepatan proses (retrieve) dan reusable data.

Sumber : wacanapustaka.blogspot.co.id

Related Posts

Related Posts

Post a Comment