-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Contoh Data Integrated

Integrated (terintegrasi) artinya data disimpan sebagai satu unit, bukan sebagai koleksi file yang dapat memiliki struktur atau organisasi yang berbeda. Data diintegrasikan karena datangnya sumber data yang bersamaan dari sistem aplikasi perusahaaan yang berbeda. Data yang terintegrasi harus dibuat konsisten, agar user dapat melihat keseluruhan data dengan mudah. Sekali data ditempatkan ke dalam data warehouse, maka data tersebut harus mempunyai satu gambaran fisik perusahaan. 


Time variant 


Time-variant (rentang waktu) artinya dimensi waktu yang secara eksplisit termasuk dalam data agar trend dan perubahan yang terjadi dapat dipelajari. Adanya rentang waktu tersebut karena data didalam gudang (warehouse) hanya data yang akurat dan valid pada waktu atau interval waktu tertentu. Rentang waktu tersebut menyatakan secara tidak langsung bahwa setiap unit dari data dalam data warehouse adalah akurat dalam beberapa waktu. Lingkungan yang berbeda mempunyai horison waktu yang berbeda. horison waktu adalah parameter waktu yang diwakilkan dalam sebuah lingkungan. Kolektif horison waktu untuk data yang ditemukan dalam data warehouse secara signifikan lebih lama daripada sistem operasional. Horison waktu 60-90 hari adalah normal untuk sistem operasional; horison waktu 5-10 tahun adalah normal untuk data warehouse. Hasil dari perbedaan horison waktu, data warehouse berisi lebih banyak history daripada lingkungan apapun lainnya. 


Nonvolatile 

Arti nonvolatile di sini adalah tidak mengalami perubahan, karena data dalam data warehouse hanya di-load dan diakses, tetapi tidak di-update. Dengan kata lain dalam data warehouse hanya tersedia operasi insert dan select saja, berbeda dengan data operasional yang sehari-hari dilakukan, lebih banyak perintahnya. Dengan adanya sifat nonvolatile membuat data warehouse terlihat lebih tersusun dengan baik, sebab data-data yang digunakan dalam data warehouse merupakan hasil transformasi yang sudah mengalami penyaringan yang lebih spesifik. Data baru mungkin ditambahkan ke dalam database sebagai tambahan, tetapi data yang lama tidak dibuang. 

Sumber : ramalanhariini.blogspot.co.id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment