-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Cara Menelpon Ke Arab Saudi

Alat-alat Komunikasi dan Kode Internasional


Alat-alat komunikasi banyak macamnya. Mulai dari handphone yang paling sederhana tanpa fitur-fitur tambahan hingga smartphone dan tablet untuk berbagi foto kegiatan selama haji dan umroh selain dan melakukan panggilan video (video call) sebagai alat komunikasi. Melalui fitur tambahan, kita tidak hanya bisa menelepon atau berkirim pesan melalui sms, namun dapat bercakap secara langsung menggunakan skype yang tentu saja membutuhkan jaringan internet.




Alat komunikasi modern
Contoh jenis alat komunikasi modern yang bisa digunakan untuk berkomunikasi baik via jalur telepon maupun internet.


Hanya saja yang sangat perlu diperhatikan ketika kita memakai alat-alat komunikasi yang kita miliki untuk menghubungi keluarga adalah bahwa kita harus menggunakan kode internasional beserta tariff-tarif tertentu. Sehingga ada banyak hal yang harus kita perhatikan agar dapat berkomunikasi dengan nyaman dan aman, dalam hal biaya komunikasi dan cara berkomunikasinya.




Bagaimana Menghubungi Keluarga Di Tanah Air?


Apabila kita hendak menghubungi keluarga di tanah air, maka kita akan menggunakan fasilitas Sambungan Langsung Internasional (SLI) sesuai operator telepon atau seluler yang kita pakai. Untuk menghubungi keluarga di tanah air, pastikan kita telah menekan kode negara Indonesia yaitu +62 sebelum memasukkan nomer telepon keluarga yang kita hubungi di tanah air. 

Demikian pula sebaliknya, ketika keluarga akan menghubungi kita, sebelum memasukkan nomer handphone yang akan dituju harus memasukkan kode negara Arab Saudi yaitu +966

Gunakan kode negara Indonesia yaitu +62 untuk menelepon ke tanah air.
Gunakan kode negara Indonesia yaitu +62 untuk menelepon ke tanah air. Dan kode negara +966 untuk menelepon ke Saudi Arabia.


Biaya Roaming Internasional: Rp. 30.000/menit


Yang perlu di waspadai adalah biaya roaming internasional ketika anda menerima telepon dari Indonesia. Sehingga anda harus memberikan pengertian kepada keluarga yang ditinggalkan agar hanya menelpon atau sms pada saat kondisi yang sangat darurat saja atau tidak terlalu sering, karena biaya roaming internasional adalah Rp 30.000,- per menit.

Untuk komunikasi yang tidak terlalu urgent dan bahkan bisa berlama-lama dapat dilakukan menggunakan media internet melalui skype atau video call (dapat bertatap muka asal di gadgetnya ada kamera depan dan sudah diinstal skype atau program sejenis). Jika mengetahui nama dan password untuk melakukan koneksi wi-fi di hotel tempat Anda tinggal dan sudah terkoneksi dengan jaringan wi-fi hotel yang memiliki fasilitas interent, maka biaya video call dengan Skype ke anggota keluarga di tanah air ini adalah gratis.


Berkomunikasi panggilan video dengan Skype
Berkomunikasi panggilan video (video call) dengan Skype menggunakan sambungan internet wi-fi di hotel.


Tarif Layanan Sambungan Internasional (SLI) Berbagai Operator di Indonesia


Dirangkum dari berbagai sumber, berikut akan disampaikan tips cara berkomunikasi aman dengan menggunakan salah satu provider telekomunikasi di Indonesia (syarat dan ketentuan berlaku dan bisa jadi berubah sesuai ketetapan provider tersebut). Silahkan diperhatikan, anda menggunakan simcard yang mana. Anda dapat menggunakan simcard baru untuk handphone yang anda rasa lebih murah.


Indosat (Mentari, M3, Matrix):  5,000/menit.

Tarif yang ditetapkan oleh Indosat untuk menelpon adalah Rp 5.000/menit. Setelah dua menit menelepon, pengguna mendapat hadiah satu menit menelepon secara cuma-cuma. Paket Blackberry dan internet sepuasnya ditetapkan Rp 19.000,00 per hari. Sementara, untuk keluarga di tanah air yang ingin menghubungi jemaah di Arab Saudi, Indosat menyediakan tarif khusus melalui flatcall ke 01016.


XL: Rp 3,500/menit

Untuk layanan paket Blackberry, XL mematok tarif Rp 50.500/hari, tarif menelepon ke Indonesia Rp 8.000/menit, menerima telepon (dari Indonesia) Rp 2.000/menit, dan SMS Rp 850 per pesan. 


Telkomsel: Rp 5,000/menit

Untuk menelepon ke Indonesia, Telkomsel mematok harga Rp 5.000/menit dan SMS ke mana saja Rp 500 per pesan. Selain itu, untuk akses Blackberry Roaming, Telkomsel mematok tarif Rp 20.000/hari dan akses unlimited data roaming Rp 50.000/hari.

Operator Arab Saudi: Mobily, STC, Al Jawwal (SAWA), atau Zain/Zein


Solusi lain agar mendapatkan tarif yang lebih murah adalah dengan menggunakan simcard dari provider negara Arab Saudi, salah satunya adalah MobilySTCAl Jawwal (SAWA) dan Zain/Zein.

Beberapa operator seluler dan internet di Arab Saudi
Beberapa operator seluler dan internet terkenal di Arab Saudi.


Biasanya kartu perdana tersebut dapat dengan mudah kita jumpai di Mekkah atau Madinah. Tarifnya untuk menelepon ke Indonesia selama 5 menit biayanya sekitar 12-13 real atau setara dengan Rp 30.000 – Rp 35.000. Untuk sekali SMS, dikenai biaya sekitar 0.6 halalah atau kurang lebih setara dengan Rp 1.300. 

Jika berkomunikasi dengan jemaah haji yang sama-sama menggunakan nomor Arab Saudi, harganya jauh lebih murah,yaitu  5 menit sekitar 1 real (Rp 2.500). Pemerintah Arab Saudi menerbitkan aturan terbaru untuk ketertiban administrasi yaitu jemaah harus menunjukkan paspor pada saat membeli kartu tersebut.

SUmber :www.alshaumroh.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment