1. A Quality Focus
2. Process
3. Methods
4. Tools
Gambar 1. Lapisan Perangkat Lunak Secara Umum
Resources : Software Engineering - A Practitioner's Approach
Roger S. Pressman, 2003, McGraw-Hill.
1. A QUALITY FOCUS (FOKUS KUALITAS)
Pada saat kita membangun sebuah aplikasi, Fokus pertama kali
yang dibuat adalah Kita akan membangun kualitas yang seperti apa,
siapa sasaran kita, aplikasi yang dibangun siapa pengguna
dan lai-lain, Oleh karena itu FOKUS KUALITAS ini programmer akan
mengetahui level sebuah aplikasi yang dibangun.
Misalnya akan dibangun APLIKASI PEMUTAR MUSIC. Dengan berpatokan
pada FOKUS KUALITAS maka Programmer akan mengetahui sampai dimana
aplikasi yang akan dibangun. File Music bisa beraneka ragam mulai
dari MP3, MP2, AUDIO TRACK, WAV, MDI dan lain-lain.
Dengan mengetahui, Aplikasi ini dibuat untuk File music apa,
maka programmer akan mengetahui segala hal yang berhubungan dengan
program yang dibuat. Apakah aplikasi yang dibuat akan mendukung
untuk MP3, MP2, WAV, OGG, TRACK atau yang lainnya. Jika dilihat
dari segi Interaksi Manusia dan Komputer, maka dengan
FOKUS KUALITAS programmer akan mengetahui bentuk dari aplikasi
yang akan bangun.
2. PROCESS
Process atau Proses adalah merupakan lapisan kedua dalam
SOFTWARE LAYER, Lapisan ini terletak setelah QUALITY FOCUS,
hal ini disebabkan setelah diketahui Fokus Kualitas dari
Perangkat Lunak yang akan dibangun, maka pemrogram harus
mengetahui bagaimana proses yang harus dijalani oleh pemrograman
sehubungan dengan Fokus Kualitas dari Perangkat Lunak yang
diharapkan, Proses-proses ini dilakukan terurut dan tepat, agar
tidak terjadi kesalahan pada saat sebuah aplikasi di Launching.
Proses-proses yang ada akan dikerjakan sesuai dengan Kunci
Proses Area yang ada (KPA/Key Process Area).
3. METHODS
Methods atau Metode merupakan salah satu hal yang penting dalam
Pembuatan Perangkat Lunak. Dengan metode, pembuat program akan
melakukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang sesuai
dengan metode yang ada. Metode yang digunakan harus disesuaikan
dengan perangkat lunak yang dibangun, dan tujuan dari pembuatan
perangkat lunak.
4. TOOLS
Tools merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh programmer
dalam menyelesaikan proyek yang ada. Mulai dari tools animasi
tools multimedia, tools normalisasi dan lain-lain.
Misalnya : X3D, power designer, paintshop pro, etc.
NOTE :
Bedakan proyek perangkat lunak yang dibangun untuk keperluan
AKADEMIK dan proyek perangkat lunak untuk PROJECT.
Sumber :kuliahso.wordpress.com