-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Lapisan Perangkat Lunak

Software layer merupakan salah konsep utama yang harus diketahui, dikenali, dimengerti dan diimplementasikan pada saat akan membangun sebuah perangkat lunak (software). Software Layer terbagi menjadi empat lapisan, yaitu :

1. A Quality Focus
2. Process
3. Methods
4. Tools

Gambar 1. Lapisan Perangkat Lunak Secara Umum
Resources : Software Engineering - A Practitioner's Approach
            Roger S. Pressman, 2003, McGraw-Hill.

1. A QUALITY FOCUS (FOKUS KUALITAS)
  Pada saat kita membangun sebuah aplikasi, Fokus pertama kali
  yang dibuat adalah Kita akan membangun kualitas yang seperti apa,
  siapa sasaran kita, aplikasi yang dibangun siapa pengguna
  dan lai-lain, Oleh karena itu FOKUS KUALITAS ini programmer akan
  mengetahui level sebuah aplikasi yang dibangun.
  Misalnya akan dibangun APLIKASI PEMUTAR MUSIC. Dengan berpatokan
  pada FOKUS KUALITAS maka Programmer akan mengetahui sampai dimana
  aplikasi yang akan dibangun. File Music bisa beraneka ragam mulai
  dari MP3, MP2, AUDIO TRACK, WAV, MDI dan lain-lain.
  Dengan mengetahui, Aplikasi ini dibuat untuk File music apa,
  maka programmer akan mengetahui segala hal yang berhubungan dengan
  program yang dibuat. Apakah aplikasi yang dibuat akan mendukung
  untuk MP3, MP2, WAV, OGG, TRACK atau yang lainnya. Jika dilihat
  dari segi Interaksi Manusia dan Komputer, maka dengan
  FOKUS KUALITAS programmer akan mengetahui bentuk dari aplikasi
  yang akan bangun.

2. PROCESS
   Process atau Proses adalah merupakan lapisan kedua dalam
   SOFTWARE LAYER, Lapisan ini terletak setelah QUALITY FOCUS,
   hal ini disebabkan setelah diketahui Fokus Kualitas dari
   Perangkat Lunak yang akan dibangun, maka pemrogram harus
   mengetahui bagaimana proses yang harus dijalani oleh pemrograman
   sehubungan dengan Fokus Kualitas dari Perangkat Lunak yang
   diharapkan, Proses-proses ini dilakukan terurut dan tepat, agar
   tidak terjadi kesalahan pada saat sebuah aplikasi di Launching.
   Proses-proses yang ada akan dikerjakan sesuai dengan Kunci
   Proses Area yang ada (KPA/Key Process Area).

3. METHODS
   Methods atau Metode merupakan salah satu hal yang penting dalam
   Pembuatan Perangkat Lunak. Dengan metode, pembuat program akan
   melakukan langkah-langkah dan tindakan-tindakan yang sesuai
   dengan metode yang ada. Metode yang digunakan harus disesuaikan
   dengan perangkat lunak yang dibangun, dan tujuan dari pembuatan
   perangkat lunak.

4. TOOLS
   Tools merupakan alat bantu yang dapat digunakan oleh programmer
   dalam menyelesaikan proyek yang ada. Mulai dari tools animasi
   tools multimedia, tools normalisasi dan lain-lain.
   Misalnya : X3D, power designer, paintshop pro, etc.

NOTE :
   Bedakan proyek perangkat lunak yang dibangun untuk keperluan
   AKADEMIK dan proyek perangkat lunak untuk PROJECT.

Sumber :kuliahso.wordpress.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment