-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Perangkat Lunak Aplikasi dan Contohnya

Perangkat Lunak Aplikasi

Sistem operasi dengan perangkat lunak bahasa tidak di tunjukkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam aplikasi tertentu yang dihadapi oleh pemakai komputer.program yang ditunjukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam aplikasi tertentu di sebut program aplikasi atau program paket.ada dua cara untuk bisa mendapatkan program aplikasi yang di butuhkan yaitu dengan mengembangkan sendiri(sangat sulit dan perlu keahlian khusus) atau membelinya (mudah)
Saat ini banyak sekali program2 aplikasi yang tersedia di pasaran.program2 ini dapat diandalkan,dapat memenuhi kebutuhan pemakai dirancang dengan baik,relatif bebas dari kesalahan,mudah digunakan(user friendly),mempunyai dokumen yang memadai dan didukung oleh purna jual yang baik.program2 paket ini di gunakan untuk menyelesaikan masalah2 umum seperti membuat dokumen(word star,microsoft word),membuat slide presentasi(ms power point),penerbitan(adobe page maker),mengelola gambar(adobe photoshop)dsb.akan tetapi bila kita mempunyai permasalahan yang sifatnya khusus da unik sehingga tidak ada paket2 program yang sesuai untuk digunakan,maka dengan terpaksa harus dikembangkan program aplikasi sendiri,misalnya program sistem sks universitas andalas,program sistem keuangan perusahaan,dll.
Perangkat lunak aplikasi dikelompokkan menjadi 2 ;
  1. Program Aplikasi ; program khusus untuk melakukan pekerjaan tertentu. program aplikasi dibuat sesuai kebutuhan. misalnya ; GL dan MYOB yang digunakan untuk perhitungan dan pelaporan akutansi serta PAYROLL yang digunakan untuk penerapan keuangan.
  2. Program Paket ; Program khusus yang digunakan banyak orang dengan berbagai kepentingan. program paket ini dikelompokkan menjadi 8, yaitu sebagai berikut.
Pengolah Kata ; contoh Ms-Word, Amipro, Wordstar, Wordperfect, ChiWriter dan lain sebagainya.
Pengolah Angka ; contoh Lotus 123, Ms-Excel , Open Office Calc dan Quarto Pro.
Pengolah Data ; Dbase I – IV, Foxpro, Fox Base, Ms-Access.
Pembuat Presentasi ; contoh Ms-Powerpoint, MagicPoint, AppleWorks, Staroffice dan Corel Presentation.
Pengolah Grafis ; contoh Corel Draw ( untuk Brosur, undangan atau denah), Adobe Photoshop (mengolah foto digital), Autocad (Menangani rancang bangun misal untuk gedung dan mobil).
Pengolah Statistik ; contoh MicroStat dan SPSS
Multimedia ; contoh Winamp, XingPlayer, Windows Media Player dan Real Player.
Internet ; Internet Explorer dan Netscape navigator untuk Browser, Cute FTP, Go!Zilla untuk transfer data di internet, Internet mail, Outlook untuk email, mIRC, Yahoo Messenger dan ICQ untuk berbincang-bincang menggunakan teks langsung atau real time.
Sumber : tugasptik.wordpress.com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment