-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

OOD OOP dan OOA



Pengertian OOA,OOP, dan OOD



Object Oriented Analysis ( OOA ) 
Object Oriented Analysis adalah suatu metode analisis yang memeriksa syarat-syarat dari sudut pandang kelas dan objek yang ditemui pada ruang lingkup permasalahan.  Dan Object Oriented Analysis ini telah ada sejak tahun 1988. orang yang telah memakai metode ini adalah Shlaer-Mellor, Jacobson, Coad-Yourdon, dan Rumbaugh. Hasil sukses dalam penerapan metode ini diterbukti dan menerapkan metode ini dalam project besar yang disebut Call Attempt Data Collection System (CADCS). Dari proyek tersebut didapat bahwa penggunaan metode ini mengurangi 8% dari total waktu untuk spesifikasi kebutuhan project dan pengurangan 30% staff effort.
Ada hubungan yang sangat erat antara Object Oriented Analysis dan teknologi object oriented yang lain. Diantaranya yaitu Object Oriented  Database, Object Oriented Design, dan Object-Oriented Programming Languages. Dalam penerapannya semua metode itu digunakan secara keseluruhan dalam project disebut dengan metode object oriented. Jika hanya melakukan analisis saja dengan metode object oriented dan tidak diikuti dengan design dan programming dengan metode yang sama tentunya akan menambah kesulitan dalam pengambangannya. Dalam kenyataannya ketiga metode diatas tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Karena memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari metode object oriented, ketiganya harus ada.

OOA mempelajari permasalahan dengan menspesifikasikannya atau mengobservasi permasalahan tersebut dengan menggunakan metode berorientasi objek. Biasanya analisa sistem dimulai dengan adanya dokumen permintaan yang diperoleh dari semua pihak yang berkepentingan. 

Dokumen permintaan memiliki 2 fungsi yaitu :
·        -  Memformulasikan kebutuhan klien dan
·        -  Membuat suatu daftar tugas

Analisis berorientasi obyek (OOA) melihat pada domain masalah, dengan tujuan untuk memproduksi sebuah model konseptual informasi yang ada di daerah yang sedang dianalisis. Model analisis tidak mempertimbangkan kendala-kendala pelaksanaan apapun yang mungkin ada, seperti konkurensi, distribusi,ketekunan atau bagaimana sistem harus dibangun. Kendala pelaksanaan ditangani selama desain berorientasi objek (OOD). Analisis dilakukan sebelum Design
Sumber-sumber untuk analisis dapat persyaratan tertulis pernyataan, dokumen visi yang formal, wawancara dengan stakeholder atau pihak yang berkepentingan lainnya. Sebuah sistem dapat dibagi menjadi beberapa domain, yang mewakili bisnis yang berbeda, teknologi, atau bidang yang diminati, masing-masing dianalisis secara terpisah.

Object Oriented Programming (OOP)
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Object Oriented Design (OOD) 
Object Oriented Design adalah metode untuk mengarahkan arsitektur perangkat lunak yang didasarkan pada manipulasi objek-objek sistem atau subsistem. Dan OOD mengubah model konseptual yang dihasilkan dalam analisis berorientasi objek memperhitungkan kendala yang dipaksakan oleh arsitektur yang dipilih dan setiap non fungsional  teknologi atau lingkungan kendala.
Object oriented design :
·         - Kadang-kadang ditambahkan lebih banyak lagi atribut dan pelayanan.
·         - Ditambahkan antarmuka obyek-obyek.
·         - Memberikan blueprint untuk implementasi
·         - Menspesifikasi “HOW”
·         - Menspesifikasi: class definitions, class categories
·         - Menspesifikasi: subsystems, system architectures
·         - OOA + Rincian Implementasi
·         - Tujuan dari OO Design adalah mengoptimalkan maintainability, reusability, enhancebility dan Reliability


Perbedaan OOD, OOP, dan OOA

Object Oriented Desing :
·         - Object Oriented Design adalah metode untuk meng-arahkan arsitektur perangkat lunak yang didasarkan pada manipulasi objek-objek sistem atau subsistem.
·         - Kadang-kadang ditambahkan lebih banyak lagi atribut dan pelayanan.
·         - Ditambahkan antarmuka obyek-obyek.
·         - Memberikan blueprint untuk implementasi
·         - Menspesifikasi “HOW”
·         - Menspesifikasi: class definitions, class categories
·         - Menspesifikasi: subsystems, system architectures
·         - OOA + Rincian Implementasi
·         - Tujuan dari OO Design adalah mengoptimalkan maintainability, reusability, enhancebility dan Reliability.

Object oriented Analysis :
·         - Object-oriented analysis adalah suatu metode analisis yang memeriksa syarat-syarat dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemui pada ruang lingkup permasalahan.
·         - Mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan sistem melalui skenario atau penggunaan kasus-kasus.
·         Kemudian, membuat suatu model obyek dengan kemampuan memenuhi kebutuhan-kebutuhan.
·         - Output : Model kebutuhan-kebutuhan, biasanya menggunakan CRC Cards.
·         - Memberikan gambaran rinci dari suatu sistem.
·         - Megedintifikasi : objects, classes, operations, object relationships, dan object interations
·         - Bangun model-model di dunia nyata menggunakan tampilan OO
·         - Tujuan dari OOA adalah untuk memahami domain masalah dan meningkatkan ketelitian,konsistensi, kelengkapan.


Object Oriented Programming :

·         OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek.
     - Komputasi dilakukan dengan komunikasi antar objek. Setiap objek berkomunikasi dengan objek yang lain melalui pengiriman dan penerimaan pesan.
     - Sebuah pesan merupakan permintaan atas sekumpulan aksi dengan semua argumen yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu.
      - Setiap objek memiliki memori sendiri, yang dapat terdiri dari objek-objek lainnya.
      - Setiap objek adalah wakil atau representasi dari suatu kelas. Sebuah kelas dapat mewakili sekelompok objek yang sama.
      - Kelas merupakan kumpulan tingkah laku yang berkaitan dengan suatu objek. Jadi, semua objek yang merupakan wakil dari kelas yang sama dapat melakukan aksi yang sama pula.
      - Kelas-kelas diorganisasikan ke dalam struktur pohon yang berakar tunggal, yang dinamakan dengan jenjang pewarisan (inheritance hierarchy).


Persamaan antara OOD, OOP dan OOA

Persamaan yang sangat erat antara Object Oriented Analysis dan teknologi object oriented yang lain. Diantaranya yaitu Object Oriented Design, dan Object Oriented Programming. Dalam penerapannya semua metode itu digunakan secara keseluruhan dalam membuat sebuah project yang disebut dengan metode object oriented. Jika hanya melakukan analisis saja dengan metode object oriented dan tidak diikuti dengan design dan programming tentunya akan menambah kesulitan dalam pengambangannya. Dalam kenyataannya ketiga metode ini tidak bisa dilepaskan satu sama lain. Karena memang untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari metode object oriented, ketiganya harus ada.

Sumber :learningidea25.blogspot.co.id

Related Posts

Related Posts

Post a Comment