-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian IPX

  • Sejarah IPX (Internetwork Packet Exchange)

 IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh Sistem Operasi Novell Network (1980 sampai dengan 1990).
IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol komunikasi tanpa koneksi, seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan TCP/IP.
IPX (Internetwork Packet Exchange) digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari suatu titik didalam jaringan ketitik yang lainnya melalui sebuah inter network. IPX (Internetwork Packet Exchange) beroperasi dilapisan jaringan (lapisan ketiga OSI layer), dan dapat digunakan didalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan Protokol Data Link lainnya.

  • Pengalamatan IPX
  1. Jaringan-jaringan logis diberi alamat 32-bit bilangan hexadecimal dengan jangkauan 0x00000001 hingga 0xFFFFFFFE. Alamat ini dinamakan juga dengan alamat jaringan (Network Address).
  2. Setiap host memiliki alamat node-nya masing-masing yang secara defaultnya diatur ke alamat MAC yang digunakan oleh kartu jaringan node tersebut. Alamat node pun ditambahkan ke alamat jaringan untuk membuat tanda pengenal unik untuk host-host didalam jaringan.

Pengertian IPX/SPX

IPX/SPX (Internetwork Packet Exchange/Sequenced Packet Exchange) mempunyai fungsi utama sebagai media transmisi data dan menjamin validitas data yang ditransmisikan oleh IPX sehingga data yang dikirim tidak mengalami gangguan ataupun terjadi kerusakan pada data. IPX dan SPX adalah protokol jaringan digunakan terutama pada jaringan menggunakan sistem operasi Novell NetWare.

IPX dan SPX diturunkan dari Xerox Network Systems 'IDP dan SPP protokol, masing-masing. IPX adalah protokol lapisan jaringan (lapisan 3 dari OSI Model), sedangkan SPX adalah protokol lapisan transport (lapisan 4 dari OSI Model). SPX lapisan yang duduk di atas layer IPX dan menyediakan layanan yang berorientasi koneksi antara dua node di dalam jaringan. SPX digunakan terutama oleh klien / server aplikasi.
IPX menyediakan layanan datagram atas paket-switched internetwork. Operasi dasarnya mirip dengan IP (Internet Protocol), namun skema pengalamatan, struktur paket, dan cakupan umum yang berbeda. Protokol internetworking beroperasi di lapisan jaringan dan mencakup layanan routing.

Anggota lainnya dari Novell NetWare adalah protokol SPX (sequencing Paket Exchange), yang berada di lapisan transport. Jika dibandingkan dengan TCP / IP protocol suite, IPX routing dan menyediakan layanan internetwork serupa dengan IP, dan SPX menyediakan layanan lapisan transport serupa dengan TCP. IPX dan IP adalah connectionless datagram protokol, sementara SPX dan TCP merupakan protokol berorientasi koneksi. 

Alamat IPX termasuk alamat jaringan dan alamat node. Alamat jaringan ditugaskan ketika mengatur server utama pada NetWare LAN. Alamat node adalah alamat tertanam pada kartu antarmuka jaringan. IPX lengkap alamat 12-byte angka heksadesimal yang mungkin terlihat mirip dengan yang berikut, di mana bagian pertama adalah alamat jaringan dan bagian kedua adalah alamat node tertanam: 
4A87B321 14594EA221AE 0119 4A87B321 14594EA221AE 0.119 


Penggunaan IPX saat ini sudah mulai menurun, hal itu disebabkan oleh perkembangan internet yang telah menggunakan TCP/IP sebagai protokol utamanya. Terdapat berbagai versi beragam dari protokol IPX/SPX yang dibedakan berdasarkan tipe frame, antara lain sebagai berikut:

  • Ethernet 802.3
  • Ethernet 802.2
  • Ethernet_II

Untuk melakukan koneksi dari Windows ke server Novell NetWare yang diperlukan adalah kita memasukkan protokol IPX/SPX ke komputer. Ketika pertama kali kita menginstal sebuah card jaringan pada Windows, maka secara default sudah termasuk menginstal satu set protokol, termasuk diantaranya protokol IPX/SPX.

Adapun langkah-langkah cara menginstalnya adalah sebagi berikut:

  1. Buka pada menu Start - Control Panel - Network Connections.
  2. Klik kanan pada bagian Network  yang Anda gunakan, dilanjutkan dengan memilih Properties (harap dipastikan bahwa protokol IPX/SPX sudah terinstal pada komputer Anda).
  3. Jika belum ada, maka perlu menambahkan protokol IPX/SPX ke komputer Anda.
  4. Klik tombol Install, maka akan muncul pilihan komponen jaringan yang disediakan.
  5. Klik pada bagian protokol dan pilih pada bagian IPX/SPX.
  6. Klik tombol OK  dan pastikan protokol IPX/SPX telah terinstal pada komputer Anda.
  7. Setelah protokol IPX/SPX terinstal, klik pada bagian Properties dan masuk pada tab General.
  8. Pada bagian Frame type secara default nilainya adalah Auto.
  9. Jika nilainya Auto, maka akan bekerja ketika server Novell NetWare atau NT, tapi tidak akan nekerja ketika melakukan komunikasi PC ke PC dalam jaringan yang tidak ada server Novell NetWare. Karena ketika kita set nilainya dengan AUTO, maka komputer akan menyesuaikan dalam jaringan ke nilaiFrame type yang tepat dan menggunakannya secara otomatis. Jadi ketika ada server Novell Netware, maka komputer tidak akan bekerja.
Sumber :
www.jatimblogging-xyz
nahdillah.blogspot-com
ozzysweetpink.blogspot-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment