-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian DTE (Data Terminal Equipment )


Arti DTE DTE (Data Terminal Equipment)
    Data Terminal Equipment (DTE) adalah perangkat komunikasi yang berfungsi sebagai menerima    sinyal dari pusat dan melanjutkan ke user, artinya data dikirimkan melalui jalur yang telah di tentukan dan akan sampai di tempat pemberhentian (terminal) atau user. contoh : perangkat komputer.
Pengertian Data Terminal Equipment (DTE) adalah komponen terakhir yang mengubah informasi  menjadi sinyal atau sinyal yang diterima reconverts. Selain itu, DTE juga dapat disebut sirkuit ekor atau sirkuit akhir .  

Sebuah perangkat DTE berkomunikasi dengan data circuit-terminating equipment (DCE).  
DTE adalah unit fungsional dari sebuah stasiun data yang berfungsi sebagai sumber data untuk melakukan komunikasi data. Fungsi kontrol harus dilakukan sesuai dengan protokol link . 
DTE merupaka sebuah peralatan atau subsistem yang saling berhubungan dengan beberapa peralatan yang melakukan fungsi yang diperlukan untuk memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi.  


Biasanya, perangkat DTE adalah terminal, dan DCE adalah sebuah modem atau perangkat lain milik operator. 


Pada dasarnya perangkat DCE menyediakan sinyal clock (clocking internal) dan perangkat DTE mensinkronisasikan pada jam yang diberikan (clocking eksternal). 


Istilah ini juga umum digunakan dalam dunia telekomunikasi untuk menentukan perangkat jaringan, seperti terminal, komputer pribadi tetapi juga router dan jembatan, yang tidak mampu atau tidak dikonfigurasi untuk menghasilkan sinyal clock. Oleh karena itu koneksi PC ke PC Ethernet juga dapat disebut DTE ke komunikasi. Komunikasi ini dilakukan melalui kabel crossover Ethernet sebagai lawan dari PC ke DCE (hub, switch, atau bridge) komunikasi yang dilakukan melalui kabel straight Ethernet. 


Sumber :bayyulf.blogspot-com
pangestu-kurniawan-12.blogspot-com

Related Posts

Related Posts

Post a Comment