-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian ITU (International Telecommunication Union)


ITU (International Telecommunication Union) merupakan sebuah organisasi internasional untuk membakukan atau memastiakn dan meregulasi radio internasional dan telekomunikasi, baik di bidang layanan, media dan jaringan yag dipakai, sehingga sebuah jalinan telekomunikasi dapat berjalan lancar. Dengan tujuan untuk menstandarisasi, pengalokasian spektrum radio, dan mengorganisasikan perjanjian rangkaian interkoneksi antara negara-negara berbeda untuk memungkinkan penggilan telepon internasional. ITU (International Telecommunication Union) sendiri merupakan bentukan dari perwakilan pemerintah Eropa pada tahun 1865 dan berdirilah ITU di Paris pada tanggal 17 Mei 1865. Dan ITU diketua oleh Sekertaris Jendral Dr. Hamadoun I Toure sejak tahun 2006 hingga sekarang, yang merupakan jabatan pada periode ke-2. Sehingga pada tahun 1947 ITU menjadi badan Perserikatan Bangsa – Bangsa. ITU dibagi menjadi 3 yakni:
a. ITU-T
b. ITU-R
c. ITU-D
ITU-T (International Telecommunication Union of Telecommunication) adalah standar internasional dibidang Telekomunikasi baik itu telepon dan data. Sejak tahun 1956 – 1993 ITU-T dikenal sebagai CCITT (Comite Consulatif international telegraph of telephone). Tugas ITU-T adalah membuatrekomendasi teknis tentang telepon, telegraf, dan antar muka komunikasi data. Standar-standar yang diakui secara internasional sering menjadi penentu penempatan dan makna dari berbagai pin pada konektor yang digunakan oleh kebanyakan asyncronous terminal dan modem eksternal. ITU-T memiliki empat belas anggota, yaitu:
• Pemerintah Nasional
• Sektor Anggota
• Assosiate Anggota
• Peraturan Lembaga
Terdapat juga 500 anggota sektor yang bergabung dengan ITU-T, termasuk perusahaan telepon, produsen pralatan telekomunikasi, vendor komputer, produsen chip, dan perusahaan media. Termasuk berbagai organisasi ilmiah nirlaba dan konsorsium industri.
Adapun beberapa contoh dari Standar ITU-T, yakni:
a. JPEG
Merupakan standar kompresi file yang dikembangkan oleh Group Joint Photographic Expert yang menggunakan kombinasi DCT dan pengkodean Huffman untuk mengompresikan suatu file citra yang bersifat lossy atau kurang baik.
b. MPEG
MPEG (Motion Picture Expert Group) merupakan standar pengkodean layanan video. MPEG sendiri mulai pertama kali diperkenalkan pada akhir tahun 1998, dengan standar utamanya adalah basis internet yakni streaming media.
c. H.323
Pada tahun 1996 H.323 dibentuk untuk dapat membantu pengembangan layanan VoIP. Fungsinya adalah untuk mempermudah pengiriman layanan suara, gambar dan data melalui jaringan computer (internet).
d. G.709
Fungsi dari G.709 adalah untuk mengimplementasikan penggunaan kabel fiber optik. Adapun tujuan dari standar ITU G.709 ada tiga macam, yakni :
1. Mendefinisikan optik hierarki transportasi OTN,
2. Mendefinisikan fungsi dari overhead dalam mendukung multiwavelength jaringan optik,
3. Mendefinisikan kerangka struktur, bit rate dan format untuk pemetaan sinyal klien.
ITU-D merupakan salah satu standar internasional dibidang radiokomunikasi. Dimana ITU-D ini menstandarisasikan komunikasi gelombang radio serta frekuensinya secara internasional. Kemudian ada juga ITU-R yakni dibidang pengembangan. Tugasnya pun untuk menstandarisasikan secara internasional perkembangan-perkembangan dunia telekomunikasi, baik dari segi jaringan, teknologi maupun layanannya.






ITU-T G.hn adalah standar dari Sektor Telekomunikasi ITU (ITU-T) untuk jaringan kecepatan tinggi di rumah. ITU-T G.hn standar yang memungkinkan transmisi video, audio dan data dilingkungan kabel Coaxial, saluran telepon dan kabel listrik di rumah. Rating datanya sampai 1Gb/s.



Sebuah kelompok industri baru, HomeGrid Forum, mempunyai tugas untuk mempromosikan G.hn di seluruh dunia dan untuk memastikan kepatuhan dan interoperabilitas antara produk-produk dari produsen yang berbeda.

G.hn menentukan lapisan fisik tunggal berdasarkan fast fourier transform (FFT) orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) dan modulasi LDPC (LDPC) forward error correction (FEC) kode. G.hn mencakup kemampuan untuk takik pita frekuensi tertentu untuk menghindari gangguan dengan band-band amatir radio dan layanan radio berlisensi lainnya. G.hn mencakup mekanisme untuk menghindari gangguan dengan teknologi jaringan rumah  dan juga dengan sistem wireline lainnya seperti VDSL2 atau jenis DSL yang digunakan untuk mengakses telepon rumah.

Sistem OFDM membagi sinyal yang dikirimkan menjadi beberapa ortogonal sub-operator. Dalam G.hn masing-masing sub-operator Modulasi menggunakan QAM. Konstelasi QAM maksimum yang didukung oleh G.hn adalah 4096-QAM (12-bit QAM).

The G.hn Media Access Control didasarkan pada pembagian waktu multiple access (TDMA) arsitektur, di mana Peluang "master domain" jadwal Transmisi (TXOPs) yang dapat digunakan oleh satu atau lebih perangkat dalam "domain". Ada dua jenis TXOPs:
  •      Peluang-pertentangan Gratis Transmisi (CFTXOP), yang memiliki jangka waktu yang tetap dan dialokasikan untuk sepasang tertentu pemancar dan penerima. CFTXOP digunakan untuk menerapkan TDMA Saluran Access untuk aplikasi tertentu yang membutuhkan kualitas layanan (QoS) jaminan.
  •      Bersama Peluang Transmisi (STXOP), yang dibagi di antara beberapa perangkat dalam jaringan. STXOP dibagi menjadi waktu Slot (TS). Ada dua jenis TS:  
1. Pertarungan-Free Time Slot (CFTs), yang digunakan untuk menerapkan "implisit" token lewat Saluran Access. Di G.hn, serangkaian CFTs berturut-turut dialokasikan untuk sejumlah perangkat. Alokasi tersebut dilakukan oleh "master domain" dan broadcast ke semua node dalam jaringan. Ada aturan yang telah ditetapkan yang menentukan perangkat yang dapat mengirimkan setelah perangkat lain telah selesai menggunakan saluran. Seperti semua perangkat tahu "yang berikutnya", tidak perlu secara eksplisit mengirim "tanda" antara perangkat. Proses "lewat token" adalah implisit dan memastikan bahwa tidak ada tabrakan selama akses Channel.

2. Contention-Based Time Slots (CBTs) / Pertarungan Berbasis Waktu Slots, yang digunakan untuk mengimplementasikan CSMA / ikan mas Saluran Access. Secara umum, sistem CSMA tidak dapat sepenuhnya menghindari tabrakan, sehingga CBTs hanya berguna untuk aplikasi yang tidak memiliki kualitas yang ketat persyaratan layanan. 

Optimasi untuk setiap media

Meskipun sebagian besar elemen G.hn yang umum untuk semua tiga media yang didukung oleh standar (saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial), G.hn meliputi optimalisasi media spesifik untuk setiap media. Beberapa parameter media khusus ini meliputi:
  • OFDM Carrier Spacing: 195,31 kHz di Coaxial, 48,82 kHz di saluran telepon, 24,41 kHz dalam jaringan listrik.
  • FEC Rates: G.hn di FEC dapat beroperasi dengan tingkat kode 1/2, 2/3, 5/6, 16/18 dan 20/21. Meskipun angka ini bukan spesifik media, diharapkan bahwa tingkat kode yang lebih tinggi akan digunakan dalam media pembersih (seperti coaxial) sedangkan tingkat kode yang lebih rendah akan digunakan dalam lingkungan yang lebih extreme seperti tiang listrik.
  • Automatic Repeat Request (ARQ) Mekanisme: G.hn mendukung kedua operasi baik dengan dan tanpa ARQ (re-transmisi). Meskipun ini bukan media tertentu, diharapkan operasi ARQ-kurang kadang-kadang tepat untuk media pembersih (seperti coaxial) ketika operasi ARQ cocok untuk lingkungan Outdoor seperti tiang listrik.
  • Tingkat daya dan pita frekuensi: G.hn mendefinisikan masker daya yang berbeda untuk setiap media.
  • MIMO dukungan: Rekomendasi G.9963 termasuk ketentuan untuk transmisi sinyal G.hn pada beberapa kabel AC (fase, netral, ground), jika mereka tersedia secara fisik.

Keamanan

G.hn menggunakan Advanced Encryption Standard (AES) algoritma enkripsi (dengan panjang 128-bit key) menggunakan protokol CCMP untuk menjamin kerahasiaan dan integritas pesan. Otentikasi dan pertukaran kunci dilakukan setelah ITU-T merekomendasi X.1035.

G.hn menentukan point-to-point keamanan di dalam domain, yang berarti bahwa setiap pasang pemancar dan penerima menggunakan kunci enkripsi yang unik yang tidak dimiliki oleh perangkat lain dalam domain yang sama. Sebagai contoh, jika simpul Nf mengirimkan data ke node Mq, simpul Vc (dalam domain yang sama seperti Nf dan Mq) tidak akan dapat dengan mudah menguping komunikasi mereka.

G.hn mendukung konsep relay, di mana satu perangkat dapat menerima pesan dari satu simpul dan mengirimkannya ke node lain lebih jauh dalam domain yang sama. Relaying menyediakan berbagai perpanjangan untuk jaringan besar. Untuk menjamin keamanan dalam skenario dengan relay, G.hn menentukan enkripsi end-to-end, yang berarti bahwa jika simpul Nf mengirimkan data ke node Mq menggunakan simpul Mallory sebagai relay menengah, data dienkripsi sedemikian rupa sehingga Mallory tidak dapat mendekripsi atau memodifikasinya.

Profil G.hn
 
Arsitektur G.hn mencakup konsep profil. Profil dimaksudkan untuk mengatasi G.hn node dengan tingkat yang berbeda secara signifikan dari kompleksitas. Di G.hn profil kompleksitas yang lebih tinggi adalah superset profil kompleksitas yang lebih rendah, sehingga perangkat berdasarkan profil yang berbeda dapat beroperasi dengan satu sama lain.

Contoh perangkat G.hn berdasarkan profil kompleksitas tinggi Gateway Residential atau Set-Top Box. Contoh perangkat G.hn berdasarkan profil kompleksitas rendah adalah otomatisasi rumah, keamanan rumah dan perangkat Smart Grid.
stack protokol

G.hn stack protokol

G.hn menentukan lapisan fisik dan Data Link Layer, sesuai dengan model OSI. 
>The G.hn Data Link Layer (Rekomendasi G.9961) dibagi menjadi tiga sub-lapisan:
  • The Application Protocol Convergence (APC) Layer, yang menerima frame (biasanya dalam format Ethernet) dari lapisan atas (Application Entity) dan merangkum mereka ke G.hn APC unit data protokol (APDUs). Payload maksimum masing-masing APDU adalah 214 byte.
  • The Logical Link Control (LLC), yang bertanggung jawab untuk enkripsi, agregasi, segmentasi dan otomatis ulangi-permintaan. Sub-layer juga bertanggung jawab untuk "menyampaikan" dari APDUs antara node yang mungkin tidak dapat berkomunikasi melalui sambungan langsung.
  • Medium Access Control (MAC), Penjadwalan akses chanel.
>The G.hn physical layer (Rekomendasi G.9960) dibagi menjadi tiga sub-lapisan:
  • Physical Coding Sub-layer (PCS), bertanggung jawab untuk menghasilkan header PHY.
  • Physical Medium Attachment (PMA), yang bertanggung jawab untuk berebut dan memajukan koreksi kesalahan coding / decoding.
  • Physical Medium Dependent (PMD), yang bertanggung jawab untuk sedikit-loading dan modulasi OFDM.

PMD sub-layer adalah satu-satunya sub-lapisan di G.hn, tumpukan yang "sedang bergantung" (yaitu, beberapa parameter mungkin memiliki nilai yang berbeda untuk setiap media saluran listrik, saluran telepon dan kabel koaksial). Sisa sub-lapisan (APC, LLC, MAC, PCS dan PMA) yang "Medium independen".

Antarmuka antara Entity Aplikasi dan Data Link Layer disebut A-interface. Antarmuka antara Data Link Layer dan lapisan fisik disebut Medium Independent Interface (MII). Antarmuka antara lapisan fisik dan media transmisi yang sebenarnya disebut Antarmuka Medium Dependent Interface (MDI).

Status G.hn

Rekomendasi G.9960 telah memperoleh persetujuan pada Oktober 2009 15 rapat pleno oleh Kelompok Studi.

Rekomendasi G.9961 menerima persetujuan pada tanggal 11 Juni 2010.  Dalam pertemuan itu, kekhawatiran tentang Kepatuhan pada peraturan dibesarkan dan amandemen standar G.hn diusulkan yang menghilangkan passband (100 MHz ke 200 MHz) dan mengurangi spektrum operasional baseband (dari 100 MHz sampai 80 MHz). Perubahan lain termasuk dalam amandemen termasuk pengurangan daya pancar untuk memenuhi keluhan peraturan diangkat pada pertemuan tersebut. Pada bulan Juni 2011, saat bergabung dengan Forum yang diselenggarakan oleh ITU-T, ITU-R dan organisasi lain, diakui bahwa "ITU-T G.hn dianggap memiliki kompatibilitas elektromagnetik / Electro Magnetic Compatibility (EMC) dan teknik mitigasi yang melampaui mereka, yang dianggap penting untuk melindungi layanan radio ", dan bahwa" Non-iTU seperti peralatan jaringan rumah compliant dapat menyebabkan masalah ".

Pada bulan Oktober 2010, Desain Sigma mengumumkan pertama chipset G.hn-compliant, yang disebut CG5110. Pada bulan Januari 2011, Lantiq memperkenalkan keluarga chip G.hn-compliant, yang disebut HNX176 dan HNX156.

Pada bulan Juni 2011, empat vendor silikon (Lantiq, Marvell Semiconductor, Metanoia dan Desain Sigma) mengumumkan partisipasi mereka dalam plugfest interoperabilitas terbuka di Jenewa, yang diselenggarakan oleh Forum HomeGrid, Broadband Forum dan ITU.

The HomeGrid Forum memamerkan demonstrasi publik pertama di dunia langsung, G.hn interoperabilitas di CES, 10-13 Januari, 2012. anggota HomeGrid Forum Lantiq, Marvell, Metanoia, dan Sigma Designs bergabung bersama untuk menyoroti kemampuan G.hn di dunia nyata.

Pada bulan Januari 2012, Tangotec Ltd mengumumkan bahwa mereka akan memiliki sepenuhnya chipset keluarga ITU-T G.hn  yang tersedia pada tahun 2012. Tangotec menunjukkan kemampuan G.hn pada ketiga media di CES 2012. 

Pada bulan Desember 2012, Marvell dan HomeGrid Forum mengumumkan bahwa Marvell G.hn silicon telah lulus semua tes kepatuhan dan sekarang G.hn silicon pertama bersertifikat. Untuk pertama kalinya G.hn silicon bersertifikat hanya melakukan pengujian interop tetap.

Support

HomeGrid Forum

The HomeGrid Forum adalah kelompok perdagangan non-profit yang mempromosikan G.hn. HomeGrid Forum menyediakan upaya teknis dan pemasaran, alamat sertifikasi dan interoperabilitas produk G.hn-compliant, dan bekerja sama dengan aliansi industri yang saling melengkapi.

Anggota HomeGrid Forum mencakup Allion Test Labs, Inc., Arris, AT & T, SM Institute of Technology, Best Buy, British Telecom (BT), Chunghwa Telecom, COMTREND Corporation, Holland Electronics, LLC, Institut Industri Informasi (III), Korea Electrotechnology Research Institute (Keri), Korea Polytechnic University (KPU), Kwangwoon University, LAN SARL, Marvell, Metanoia Communications, Inc, MitraStar, Desain Sigma, Teleconnect GmbH, Telefónica, The University of British Columbia, Trac global, dan Xingtera Inc.
 
vendor

Vendor yang mempromosikan G.hn termasuk Lantiq, produsen mikroprosesor Intel system-on-a-chip penjual Designs Sigma,  dan Xingtera, yang mengumumkan produk pada bulan Januari 2013.

Demonstrasi pertama secara publik G.hn interoperabilitas ditampilkan di CES, 10-13 Januari 2012 oleh Lantiq, Marvell Technology Group, Metanoia, dan Sigma Design.
 
penyedia layanan

Pada tanggal 26 Februari 2009, sebagai bagian dari siaran pers HomePNA, AT & T (yang menggunakan jaringan rumah wireline sebagai bagian dari layanan U-Ayat IPTV) menyatakan dukungan untuk pekerjaan yang dikembangkan oleh ITU-T menciptakan standar untuk jaringan rumah, termasuk G.hn. 

Penyedia layanan seperti AT & T dipromosikan G.hn untuk:

    - Terhubung ke setiap ruangan tidak peduli apa jenis kabel (mungkin).
    - Aktifkan pelanggan self-install
    - Built-in informasi diagnostik dan manajemen remote
    - Beberapa pemasok silikon dan peralatan

Penyedia layanan lain yang merupakan kontributor pekerjaan ITU-T Study Group termasuk British Telecom, Telefónica, dan AT & T.

vendor peralatan

Pada April 2008, saat pengumuman pertama HomeGrid Forum, Echostar, produsen set-top box untuk pasar penyedia layanan, menyatakan dukungannya untuk standar:
 
elektronik konsumen

Pada bulan Maret 2009, Best Buy (yang merupakan pengecer terbesar elektronik konsumen di Amerika Serikat) bergabung dengan dewan direksi HomeGrid Forum dan menyatakan dukungannya untuk G.hn.

Panasonic, salah satu produsen elektronik konsumen terbesar, juga salah satu anggota kontributor HomeGrid Forum.
 
Analisis 

Pada tahun 2008, beberapa perusahaan pemasaran mempromosikan G.hn dan membuat prediksi secara optimis.  
  
organisasi-organisasi lain

Pada tanggal 25 Februari 2009, tiga rumah organisasi jaringan yang dipromosikan teknologi sebelumnya tidak kompatibel (CEPCA, HomePNA dan Asosiasi Powerline Universal), mengumumkan mereka setuju untuk bekerja dengan HomeGrid Forum untuk mempromosikan G.hn sebagai standar generasi berikutnya untuk jaringan kabel rumahan , dan bekerja untuk memastikan koeksistensi dengan produk yang ada di pasar.

Pada bulan Oktober 2008, Continental Automated Buildings Association (CABA) dan HomeGrid Forum menandatangani perjanjian penghubung untuk mendukung upaya HomeGrid Forum dalam hubungannya dengan ITU-T G.hn untuk memudahkan bagi konsumen untuk menghubungkan perangkat dan menikmati aplikasi inovatif dengan menggunakan kabel rumah yang ada .

Pada bulan Juli 2009, HomeGrid Forum dan DLNA menandatangani perjanjian penghubung "setting panggung untuk kolaborasi antara dua organisasi dan persetujuan G.hn sebagai Fisik teknologi Lapisan DLNA yang diakui".

Pada bulan Juni 2010, Forum Broadband dan HomeGrid Forum menandatangani perjanjian untuk menyampaikan program pengujian kepatuhan dan interoperabilitas untuk produk yang menggunakan teknologi G.hn. The Broadband Forum akan mendukung validasi produk G.hn, promosi mereka dan kesesuaian produk dan interoperabilitas HomeGrid Forum, juga membantu mempercepat total waktu ke pasar untuk HomeGrid Forum produk yang bersertifikat. Pada Mei 2011, kedua organisasi itu bersama-sama mengumumkan Open G.hn plugfest pertamanya.
 
standar terkait
 
Hubungan antara G.hnta dan G.hn (beberapa versi G.hn)

ITU G.9970 (juga dikenal sebagai G.hnta) adalah Rekomendasi dikembangkan oleh ITU-T yang menggambarkan arsitektur generik untuk jaringan rumah dan interface untuk jaringan akses broadband operator..

ITU G.9972 (juga dikenal sebagai G.cx) adalah Rekomendasi dikembangkan oleh ITU-T yang menentukan mekanisme koeksistensi untuk transceiver jaringan rumah mampu beroperasi lebih menggunakan power line kabel. Mekanisme koeksistensi akan memungkinkan perangkat G.hn yang menerapkan G.9972 untuk hidup berdampingan dengan perangkat lain menerapkan G.9972 dan beroperasi pada kabel yang sama pada saluran listrik.

Pengaplikasian

Motivasi utama untuk kabel teknologi jaringan rumah adalah IPTV, terutama ketika ditawarkan oleh penyedia layanan sebagai bagian dari layanan bermain, suara dan data layanan triple menawarkan seperti AT & T U-Ayat. aplikasi Smart Grid seperti otomatisasi rumah atau sisi permintaan manajemen juga dapat ditargetkan oleh perangkat G.hn-compliant yang menerapkan profil rendah kompleksitas.

IPTV

Di lingkungan perumahan (sipil) banyak pelanggan 'gateway perumahan yang menyediakan akses internet tidak terletak dekat dengan IPTV set-top box. Skenario ini menjadi sangat umum sebagai penyedia layanan mulai menawarkan paket layanan dengan beberapa kotak set-top per pelanggan.

G.hn dapat menghubungkan Gateway perumahan untuk satu atau lebih kotak set-top, dengan menggunakan kabel rumah yang ada. Menggunakan G.hn, penyedia layanan IPTV tidak perlu menginstal kabel Ethernet baru, atau jaringan nirkabel 802.11 / Wireless. Karena G.hn mendukung segala jenis kabel rumah, pengguna akhir mungkin menginstal jaringan rumah IPTV sendiri, sehingga mengurangi biaya untuk penyedia layanan.

Jaringan Rumah

Meskipun teknologi Wi-Fi yang populer untuk jaringan rumah yang banyak digunakan oleh orang, G.hn juga dimaksudkan untuk digunakan dalam aplikasi ini. G.hn adalah solusi yang memadai bagi konsumen dalam situasi di mana menggunakan wireless tidak diperlukan (misalnya, untuk menghubungkan perangkat stasioner seperti TV atau perangkat Network Attached Storage), atau tidak diinginkan (karena masalah keamanan) atau tidak layak (misalnya, karena berbagai keterbatasan sinyal nirkabel).
  
elektronik konsumen

Elektronik konsumen (CE) produk dapat mendukung konektivitas internet dengan menggunakan teknologi seperti Wi-Fi, Bluetooth atau Ethernet. Banyak produk tradisional tidak terkait dengan penggunaan komputer (seperti TV atau peralatan Hi-Fi) memberikan pilihan untuk terhubung ke Internet atau ke komputer menggunakan jaringan rumah untuk menyediakan akses ke konten digital.

G.hn ini dimaksudkan untuk memberikan konektivitas berkecepatan tinggi untuk produk CE mampu menampilkan televisi definisi tinggi (HD).

Mengintegrasikan sambungan listrik dan sambungan data memberikan penghematan energi potensial dalam perangkat CE. Mengingat bahwa perangkat CE (seperti penerima home theater) sangat sering berjalan di standby atau "electrically vampire", mereka mewakili penghematan besar untuk pemilik rumah jika koneksi utama mereka, juga koneksi data - perangkat bisa dimatikan jika tidak menampilkan sumber manapun.

Smart Grid

Karena G.hn dapat beroperasi melalui kabel termasuk AC dan saluran listrik DC, dapat menyediakan infrastruktur komunikasi yang diperlukan untuk aplikasi smart grid. Sebuah sistem grid yang komprehensif cerdas membutuhkan setiap outlet AC (listrik) di rumah atau bangunan sehingga semua perangkat dapat berpartisipasi dalam strategi konservasi energi.

Pada September 2009, US National Institute of Standar and Thecnology termasuk G.hn sebagai salah satu standar untuk smart grid "untuk yang percaya ada konsensus pemangku kepentingan yang kuat", sebagai bagian dari rancangan awal "Kerangka NIST dan Roadmap Smart Grid Interoperability Standar ". pada bulan Januari 2010 G.hn telah dihapus dari versi final dari" 
Identified Standards Implementation".

Konsep yang luas dari smart grid termasuk aplikasi yang tumpang tindih dan cakupan seperti manajemen dari sisi permintaan, tindakan konservasi energi, Advanced Metering Infrastructure (AMI) dan jaringan rumah.

Karena G.hn mendukung protokol populer seperti IPv4 dan IPv6, jaringan G.hn berbasis dapat dengan mudah diintegrasikan dengan jaringan berbasis IP. protokol manajemen jaringan terkenal seperti Simple Network Management Protocol (SNMP) dapat mengelola jaringan IP termasuk perangkat G.hn.

Sumber :ceritarriza.blogspot-com
anisans.blog.st3telkom.ac-id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment