Arti dari Manajemen program adalah pengelolaan terkoordinasi dari sekelompok proyek untuk mencapai tujuan dan manfaat program.
Manajemen program merupakan sekumpulan ataupun rangkaian satu atau lebih program. Program yang dimaksud adalah seluruh aspek program yang meliputi penganggaran, operasional dan review. Kompelksitas program yang ada di suatu perusahaan inilah yang memerlukan manajemen program. Manahemen program dalam penerapannya membutuhkan pengorganisasian dan komunikasi yang baik. Selain itu manajemen program memerlukan konsentrasi yang fokus dan mendetail.
Pengelolaan manajemen program yang ada di hampir setiap program memerlukan dukungan dan peran dari setiap unit di dalam organisasi. Manajer dalam manajemen program berarti siapa saja yang memimpin program di setiap departemen. Kenyataannya manajer program seringkali melakukan pengelolaan di berbagai macam proyek terutama proyek jangka pendek.
Contoh Penerapan Manajemen Program di Perusahaan
Contoh penerapan manajemen program yaitu saat sebuah perusahaan menerapkan program pelayanan khusus bagi pelanggan. Program yang ada mungkin akan terdiri dari promosi khusus bagi segmen pasar tertentu, free ongkos kirim, pelayanan purna jual, dan lainnya. Setiap program yang ada pastinya menjadi suatu kegiatan yang terpisah namun menjadi satu kesatuan yang harus saling berkaitan demi mencapai tujuan akhir yaitu kepuasan pelanggan yang menghasilkan laba sebesar-besarnya. Pada kasus inilah perusahaan harus menerapkan manajemen program.
Langkah-Langkah Manajemen Program
Beberapa langkah dalam manajemen program meliputi perumusan tujuan, penetapan tujuan, perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Tugas manajer program disini adalah harus menjamin bahwa tugas dan tanggung jawab setiap personil sesuai dengan perencanaan dan tujuan yang ditetapkan. Setiap personil harus mengikuti setiap prosedur yang berlaku. Selain mengelola Sumber daya manusia yang ada, manajer program juga harus mengawasi anggaran program. Oleh karena itulah manajer program harus menguasai dasar-dasar ilmu manajemen program dan penerapannya.
Apabila program berasal dari luar perusahan maka manajemen program harus menjamin bahwa semua aktivitas yang dilakukan harus sesuai dengan prosedur yang diterapkan perusahaan. Dalam pengelolaan manajemen program, manajer perlu juga memperoleh laporan perkembangan keberjalanan proyek/program yang berkaitan dengan kondisi keuangan maupun operasional yang dilakukan secara berkala.
Sumber :kamusbisnis-com dan beatlesringtoneptha.blogspot-com