-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Stakeholder


proyek
Penjelasan mengenai stakeholder

Stakeholder adalah suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu manusia yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap suatu organisasi atau perusahaan. Suatu masyarakat, kelompok, komunitas ataupun individu tersebut dapat dikatakan sebagai stakeholder jika mereka memiliki karekteristik seperti memiliki kekuasaan dan kepentingan terhadap organisasi atau perusahaan.

Atau definisi dari stakeholder yaitu orang yang memiliki minat maupun kepentingan di dalam suatu perusahaan. Hal ini bisa menyangkut kepentingan finansial atau kepentingan lainnya. Jika orang tersebut terkena pengaruh dari apa yang terjadi pada perusahaan, baik itu dampak negatif atau positif orang tersebut dapat dikatakan sebagai stakeholder.

Pengertian Stakeholder Menurut Para Ahli

Stakeholder adalah suatu kelompok atau satu pihak yang memiliki kepentingan langsung maupun tidak langsung dan bisa mempengaruhi ataupun dipengaruhi terhadap eksistensi sebuah organisasi. Kelompok tersebut bisa dikatakan sebagai stakeholder jika memiliki karakteristik didalam sebuah organisasi/ perusahaan. Hal ini dijelaskan oleh salah satu pakar yang bernama Wibisono.
Dalam dunia bisnis stakeholder adalah seseorang yang memiliki kepentingan ataupun memiliki minat di suatu perusahaan. Kepentingan itu juga beragam, bisa dalam hal finansial maupun dalam hal lain. Ketika seseorang terkena pengaruh atau bisa memberikan pengaruh atas segala sesuatu yang terjadi pada perusahaan, baik dalam konteks positif maupun negatif, maka pihak atau orang bersangkutan bisa disebut sebagai stakeholder.
Jika berbicara tentang stakeholder, maka tak akan bisa dilepaskan dari yang disebut shareholder atau pihak yang memberikan saham. Meskipun tidak semua organisasi memiliki shareholder seperti halnya yang terjadi pada universitas atau instansi lainnya.
1. Instrumental
Dalam teori ini disebutkan bahwa salah satu strategi untuk meningkatkan kinerja perusahaan adalah dengan memperhatikan kepentingan stakeholder. Keduanya harus memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Jika bisa dijaga dengan baik maka pendapatan yang diperoleh akan bertambah besar. Karena itulah pihak manajer sangat menjaga interaksi dengan pemangku kepentingan agar prosesnya berjalan dengan lancar.
2. Normatif
Dalam menjalankan sebuah bisnis tidak hanya memperhitungkan keuntungan saja. Pihak-pihak yang berjasa juga harus mendapatkan imbalan yang pantas. Stakeholder yang berpengaruh pada perusahaan juga bisa mengalihkan kepentingan ke pihak lain. Jika begini maka akan ada kerugian yang diterima karena partisipan berkurang. Jika menilik pada pengertian stakedolder diatas, jelaskan bahwa pengaruhnya cukup besar dan harus dijaga.
3. Deskriptif
Teori stakeholder adalah memberikan gambaran bagaimana seorang manajer mengelola tugas pemangku kepentingan agar bisa saling menguntungkan. Bagaimanapun juga kedua pihak saling membutuhkan. Jika ada yang merasa berat sebelah maka bisa berimbas pada hasil perusahaan. Kali ini peran manajer sangat penting agar proses kinerja bisa berjalan dengan lancar.
Beberapa orang yang tidak berkecimpung di dunia bisnis dan finansial. Pastinya akan bertanya, apa itu stakeholder. Istilah ini sering wara-wiri di kehidupan sehari-hari. Namun, tidak ada yang tahu pasti pengertiannya. Untuk memudahkan mengetahui apa sebenarnya istilah tersebut. Bisa dilihat dari contoh yang sering ditemui. Tidak hanya berkaitan dengan bidang ekonomi saja. Beberapa ada yang berasal dari pemerintah, komunitas, bahkan media massa.
Sumber:pengertianparaahli-com
www.pengertianku-net
blogpengertian-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment