Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online
dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan dapat
menciptakan isi yang berupa blog, jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia
virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling
umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Pendapat lain mengatakan bahwa
media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media
sosial itu sendiri menggunakan menggunakan teknologi yang berbasis web yang
dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.
B. Perkembangan Media Sosial
Perkembangan media sosial yang semakin pesat
tidak hanya terjadi pada negara-negara maju saja, di negara berkembang seperti
tanah air kita ini, Indonesia saja banyak sekali user atau pengguna sosial
media dan perkembangan yang pesat ini bisa menjadi pengganti peran media massa
atau konvensional dalam menyebarkan berita atau informasi. Selain itu,
Indonesia menempati peringkat ke 5 di dunia dalam pengguna akun twitter. selain
unttuk membagi informasi, media sosial maupun internet juga dapat dijadikan
sebagai suatu kegiatan bisnis, seperti membuka toko online dll.
Berikut ini adalah sejarah mengenai media sosial ;
Awal mula terbentuknya sosial media terjadi pada tahun
1978 dari penemuan sistem papan buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk
mengunggah, atau mengunduh informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan
surat elektronik yang koneksi internetnya masih terhubung dengan saluran
telepon dengan modem. Sistem papan buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen
dan Randy Suess yang keduanya adalah sesama pecinta dunia
komputer. Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui
pengiriman surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research
Project Agency) pada tahun 1971.
1995 Kelahiran dari situs GeoCities, situs ini melayani
Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data - data website agar
halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja, dan kemunculan GeoCities
ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website lain.
1997 Muncul situs jejaring sosial pertama yaitu
Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada tahun 1995 terdapat situs Classmates.com
yang juga merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih
menawarkan sebuah situs jejaring sosial di banding Classmates.com
1999 Muncul situs untuk membuat blog pribadi, yaitu
Blogger. situs ini menawarkan penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya
sendiri. sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun.
termasuk hal pribadi ataupun untuk mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di
katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya sebuah Media sosial.
2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang
pada saat itu menjadi booming, dan keberadaan sebuah media
sosial menjadi fenomenal.
2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk
bersosial, LinkedIn juga berguna untuk mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari
sebuah Media Sosial makin berkembang.
2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam
menggunakannya,sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user
friendly.
2004 Lahirnya Facebook, situs jejaring sosial yang
terkenal hingga sampai saat ini, merupakan salah satu situs jejaring sosial
yang memiliki anggota terbanyak.
2006 Lahirnya Twitter, situs jejaring sosial yang
berbeda dengan yang lainnya, karena pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate
status atau yang bernama Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
2007 Lahirnya Wiser, situs jejaring social pertama
sekali diluncurkan bertepatan dengan peringatan Hari Bumi (22 April) 2007.
Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah direktori online organisasi lingkungan
seluruh dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun
kelompok.
2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan
situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran.
google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu
google+ di luncurkan secara umum.
C. Fungsi dan Peran Media Sosial
1. Fungsi Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media sosial
sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi terkait
dengan sistem komunikasi, yaitu :
a. Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan perusahaan dalam jaringan
sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar anda sekarang. Pembentukan
pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan untuk semua karyawan pada
penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog organisasi dan
integrasi konten dalam masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk
menemukan dimana pasar anda.
b. Mendengarkan dan
Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk mendengar apa yang pasar
anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
c. Berpikir dan
Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2, bagaimana anda akan tetap
didepan pasar dan begaimana anda berkomunikasi ke pasar. Bagaiman teknologi
sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan pasar.
d. Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif sangat penting
untuk mengukur apakah metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda
gunakan efektif dalam meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
2. Peran Media Sosial
Media sosial merupakan salah satu alat promosi
bisnis yang efektif karena dapat di akses oleh siapa saja, sehingga jaringan
koneksi nya menjadi lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat
diperlukan oleh masyarakat khususnya dibagian pemasaran dalam sebuah usaha atau
perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan
klien. Media sosial seperti blog, facebook, dan youtube memiliki sejumlah
manfaat bagi perusahaan dan media konvensional seperti media cetak dan TV,
hingga brosur dan selebaran.
Sumber : yunisharayy.blogspot.co.id