-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian X Window

Pengertian X Window

Pengertian X window atau x window system adalah software sistem komputer dan protokol jaringan yang menyediakan dasar untuk interface pengguna grafis (GUI) dan kaya akan kemampuan perangkat input dan jaringan komputer.

Sejarah X Window System

X Widow system merupakan sistem window yang dikembangkan oleh sekelompok mahasiswa di Institut Teknologi Massacusett (MIT) dalam proyek Athena (Athena Project) pada tahun 1984. Dalam royek ini di kerjakan oleh beberapa mahasiswa yang dibantu oleh beberapa dosen dari Massacusett.
Pada saat proyek Athena ini berjalan, sistem window yang telah dikembangkan ini hanya diperentukuan untuk komputer yang bermerk sama yang dapat bergabung ke jaringan. Oleh karena itu banyak komputer-komputer bermerk yang bermunculan pada masa itu.
Beberapa pengusaha pun ikut menyumbangkan koputer-komuter yang mereka miliki. Selanjutnya, sistem ini dikembangkan untuk komputer yang berbeda merk.
Sistem yang ada pada saat itu mulai dikembangkan oleh perusahaan komputer, sehingga menyebabkan sistem window yang satu dengan yang lainnya tidak kompatibilitasnya.
Pada saat itu, apabila merk komputernya berbeda, maka sistem window-nya, tampilan, program aplikasi dan cara pemakaiannya pun ikut berbeda.
Misalnya, komputer keluaran Apple-Macintosh mempunyai sistem window sendiri yang berbeda dengan sistem window yang ada pada komputer personal yang dibuat oleh IBM atau kompatibelnya.
Oleh sebab itu, Sistem X Window yang dikembangkan sehingga memiliki tingkat kompatibilitas yang sangat tinggi guna semua platform komputer walau hanya pada level source-nya saja yang mempunyai kompatibilitas.
Dalam proyek Athena yang telah mengembangkan X Window System ini tampilan, cara pemakaian atau aplikasi yang bisa dijalankan diatasnya mempunyai kesamaan pada semua vendor komputer.
Selain itu, sistem x window juga memiliki network feature yang sangat baik jika dibandingkan dengan produk-produk window saat ini.
Salah satu yang terkenal dari sistem x window ini yaitu terdapat fungsi ‘remote display’ yakni dimana user bisa menjalankan program aplikasi yang terdapat di dalam komputer lokal dan menampilkan hasilnya pada komputer lain yang berada pada jaringan lain sekalipun. Begitu juga sebaliknya
Contohnya : apabila pada komputer A tidak mempunyai program aplikasi web browser netscape, sedangkan pada komputer B pada jaringan yang sama maupun pada jaringan yang berbeda telah terinstalasikan program tersebut, maka user pada komputer A bisa menjalankan program netscape yang terdapat pada komputer B dan menampilkan program netscape tersebut pada komputer lokal A.
Nama X Window diambil dari nama yang digunakan oleh sistem window yang pada saat itu sedang dikembangkan oleh Universitas Stanford pada sistem operasi V, yakni W Window System.
Paket yang pertamakali pada produk X Window System yaitu X Version 10 Release 3 atau disingkat X10R3, yang telah diproklamirkan di kalangan universitas dan lembaga penelitian sebagai versi percobaan atau test version.
Setelah melakukan test terhadap versi X10R3 ini banyak masukan yang telah diperoleh dari kalangan universitas, lembaga penelitian dan perusahaan-perusahaan komputer dan workstation.
Sambil mengembangkan ke versi berikutnya (upgrade), yakni X11R4, maka dibentuklah sebuah konsorsium oleh pihak MIT dan beberapa vendor workstation dan komputer.
Konsorsium ini dinamakan X Consortium, yang memiliki tugas mengembangkan terus sistem X window, mendistribusikan source-source code program X Window, dan menyempurnakan semua bug-bug program yang dilaporkan oleh para pemakai X Window System.
DI tahun 1991 versi X11R5 telah berhasil didistribusikan. Pada akhir tahun 1995 telah muncul versi terbarunya yakni X11R6.
Sebab X Window System ini dikembangkan dikalangan pendidikan dan litbang atau penelitian dan pengembangan, maka paket produk software ini bisa disalin (copy) secara gratis dan legal untuk keperluan yang sama dan tidak boleh disalin untuk keperluan komersial.
Source code X Window system atau disebut dengan MIT X11 source ini bisa diperoleh dari beberapa anonymous ftp server yang tersebar di seluruh dunia.

Keunggulan X Window System

Berikut ini adalah keunggulan dari x window sistem.
  • Apabila produk window sistem lainnya hanya mempunyai sebuah program server, maka X Window System memiliki lebih dari sebuah program server (X Server).
  • X Window system juga lebih memberikan keleluasaan terhadap user untuk menggunakan bermacam-macam program server dibandingkan dengan produk sistem window yang lain.
  • Apabila pada produk window lain hanya mempunyai sebuah program window manager (contohnya : progman.exe pada ms window), maka pada sistem X window mempunyai banyak pilihan window manager (contohnya : twm, tvtwm, fwm, fvwm95, gwm, olwm, olvwm, mwm, afterstep dan lain-lain).
  • Sistem X window juga memberikan keleluasaan pada user untuk menggunakan bermacam-macam window manager, sehingga user tidak merasa bosan dengan window manager tersebut.
  • X window memiliki protocol khusus yakni X Protocol yang digunakan oleh program server dan program client guna melakukan komunikasi.
  • X window memiliki bermacam-macam library program. Contohnya :
  • Xlib yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman C untuk mengakses program server.
  • CLX library yang digunakan untuk pemrograman Common Lisp.
  • Xtoolkit yang digunakan untuk Object Oriented Programming.
  • Widget yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa C yang bisa digunakan untuk membuat program client.
  • X window memiliki beragam format font diantaranya adalah format BDF dan format SNF, sedangkan untuk data image menggunakan format bitmap XBM.
  • Network Transparent yang merupakan sifat khusus sistem X window yang dapat menggunakan CPU dan layar display dari banyak komputer yang berlainan vendor. Kemampuan ini lebih dikenal sebagai remote display
  • X window system mempunyai kompatibilitas pada tingkat source code untuk masing-masing program client-nya.
  • X window system dan program aplikasi lain yang berjalan di atasnya dapat diperoleh secara gratis dan legal melalui jaringan internet.

Istilah-Istilah Pada X Window

Ada beberapa prinsip dan istilah yang harus kita ketahui agar dalam menggunakan X window tidak menemukan batu sandungan atau masalah. Istilah-istilah ini akan muncul berkali-kali dalam manual dan file-file Help. Berikut adalah istilah-istilahnya, yakni :

Screen

Screen yaitu seluruh desktop, secara teknis bisa dijelaskan, maksudnya tampilan layar utama yang X window lihat. Kita dapat memiliki lebih dari 1 screen, bahkan sebenarnya anda bisa memiliki lebih dari 1 komputer menjalankan 1 buah X server, tetapi pembahasan akan itu adalah pembahasan yang amat kompleks, akan tetapi kita harus mengetahui akan kemungkinan ini.

Root Window

Root Window yaitu latar belakang dari screen. Root Window tidak meiliki karakteristik seperti window lainnya, akan tetapi lebih ke sebuah tempat dimana kita menjalankan aplikasi atau menyimpan gambar atau hanya memberi warna padanya.

Window Manager

Window Manager yaitu interface utama antara X Window System dengan user. Tanpa adanya window manager, sistem akan lebih sulit digunakan dan tidak akan terlalu produktif.
Pada Window manager menyediakan fungsi-fungsi pengontrolan dan kustomisasi border, menu, icon, virtual desktop, button, tollbar dari X Windows.

Pointer

Pointer yaitu panah atau indikator penunjuk yang merepresentasikan lokasi mouse atau pointing device lainnya, yang berhubungan erat dengan screen.

Window

Window yaitu frame dimana semua aplikasi berjalan. Frame ini memiliki properti yang dikontrol oleh window manager.
Active window merupakan window yang sedang digunakan, window ini disebut mempunyai focus, dapat menerima input dari console atau pointing device.
Menu dan icon ini berlaku sama halnya seperti pada window system lainnya. Window yang terdiri hanya text saja disebut dengan terminal emulator.
Jika dibandingkan dengan produk window lainnya, sistem X window mempunyai ciri khas atau keunggulan-keunggulan sebagai berikut :
  1. Jika produk window sistem lainnya hanya memiliki sebuah program server, maka X Window System mempunyai lebih dari sebuah program server (X Server).
  2. X Window system juga lebih memberikan keleluasaan terhadap user untuk menggunakan bermacam-macam program server dibandingkan dengan produk sistem window yang lain.
  3. Jika pada produk window lain hanya memiliki sebuah program window manager (misalnya progman.exe pada ms window), maka pada sistem X window mempunyai banyak pilihan window manager (misalnya twm, tvtwm, fwm, fvwm95, gwm, olwm, olvwm, mwm, afterstep dan lain-lain).
  4. Sistem X window juga memberikan keleluasaan pada user untuk menggunakan bermacam-macam window manager, sehingga user tidak merasa bosan dengan window manager tersebut.
  5. X window mempunyai protocol khusus yaitu X Protocol yang digunakan oleh program server dan program client untuk melakukan komunikasi.
  6. X window memiliki bermacam-macam library program misalnya :
    • Xlib yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa pemrograman C untuk mengakses program server.
    • CLX library yang digunakan untuk pemrograman Common Lisp.
    • Xtoolkit yang digunakan untuk Object Oriented Programming.
    • Widget yang berisi fungsi-fungsi dalam bahasa C yang dapat digunakan untuk membuat program client.
  7. X window mempunyai beragam format font diantaranya adalah format BDF dan format SNF, sedangkan untuk data image menggunakan format bitmap XBM.
  8. Network Transparent yang merupakan sifat khusus sistem X window yang dapat menggunakan CPU dan layar display dari banyak komputer yang berlainan vendor. Kemampuan ini lebih dikenal sebagai remote display
  9. X window system mempunyai kompatibilitas pada tingkat source code untuk masing-masing program client-nya.
  10. X window system dan program aplikasi lain yang berjalan di atasnya dapat diperoleh secara gratis dan legal melalui jaringan internet.
Window Manager fvwm95Window Manager twm
Window Manager fvwmWindow Manager olwm
 

Window Manager afterstep

3. Bagaimana Mendapatkan X Window System ? 

X Window System dapat diperoleh melalui jaringan global internet, yaitu dengan mengambil (download) dari penyaji layanan informasi FTP Server. Besar paket software ini antara 75Mbyte ~ 100Mbyte tergantung dari jenis komputer apa yang anda pakai. X Window System banyak digunakan pada komputer workstation dengan sistem operasi Unix. Pada personal komputer sistem window ini dikenal dengan nama XFree86. Informasi lengkap tentang sistem window ini dapat diperoleh melalui home page Xfree86 dengan alamat http://www.xfree86.org/
Paket sistem window X ini tersedia untuk bermacam-macam sistem operasi Unix dan platform yang berbeda-beda pula. Bahkan saat ini sudah tersedia pula X server yang dapat berjalan di atas produk Microsoft Window 3.*, Window 95/98 atau Window NT. Untuk produk window X yang berjalan di atas sistem operasi selain Unix merupakan software simulasi X server, sehingga beberapa fungsi dan fasilitas yang terdapat pada sistem window X tersebut tidak selengkap dengan yang berjalan pada sistem operasi Unix. 
 

Homepage Xfree86


Gambar sistem window X yang berjalan di atas MS Windows NT4 Server
Paket distribusi sistem window X dapat diambil dan disalin dengan legal tanpa melanggar hak cipta selama paket distribusi ini tidak untuk diperjualbelikan. Cara instalasi dan konfigurasi dapat dibaca pada dokumen yang terdapat dalam paket software tersebut. Pada umumnya konfigurasi minimal hardware yang dapat mendukung sistem window ini adalah CPU tunggal di atas 386SX, memori 8 Mbyte atau lebih, hard disk 80 Mbyte atau lebih, dan super VGA video adaptor.
Berikut ini adalah beberapa alamat ftp server yang menyajikan informasi paket distribusi software XFree86.
Situs Amerika Utara :
  • ftp://ftp2.XFree86.org/pub/XFree86
  • ftp://ftp.infomagic.com/pub/mirrors/XFree86-current
  • ftp://ftp.rge.com/pub/X/XFree86
  • ftp://ftp.varesearch.com/pub/mirrors/xfree86
  • ftp://ftp.cs.umn.edu/pub/XFree86
  • ftp://ftp.kernel.org/pub/mirrors/xfree86
Situs Eropa :
  • ftp://fvkma.tu-graz.ac.at/pub/XFree86
  • ftp://gd.tuwien.ac.at/hci/X11/XFree86
  • ftp://ftp.fee.vutbr.cz/pub/XFree86
  • ftp://ftp.gwdg.de/pub/xfree86/XFree86
  • ftp://ftp.mpi-sb.mpg.de/pub/X/mirror/ftp.xfree86.org
  • ftp://ftp.cs.tu-berlin.de/pub/X/XFree86
  • ftp://ftp.uni-erlangen.de/pub/Linux/MIRROR.xfree86
  • ftp://ftp.uni-stuttgart.de/pub/X11/Xfree86
  • ftp://ftp.funet.fi/pub/X11/XFree86
  • ftp://ftp.ibp.fr/pub/X11/XFree86
  • ftp://ftp.unina.it/pub/XFree86
  • ftp://ftp.pvv.unit.no/pub/XFree86
  • ftp://sunsite.doc.ic.ac.uk/packages/XFree86
Situs Asia dan Australia :
  • ftp://x.physics.usyd.edu.au/pub/XFree86
  • ftp://ftp.netlab.is.tsukuba.ac.jp/pub/XFree86
  • ftp://ftp.iij.ad.jp/pub/X/XFree86/XFree86
  • ftp://ftp.kreonet.re.kr/pub/Linux/xfree86
Program aplikasi web browser seperti Netscape dan Microsoft Explorer, serta program aplikasi FTP client dapat digunakan untuk mengambil paket distribusi software ini. 

Paket distribusi software XFree86 ini terdiri dari beberapa file yang berbentuk file yang telah dikompakkan dan dikompres dengan utilitas program 'tar' dan 'gzip'. Beberapa ftp server menyajikan paket distribusi file yang telah dipecah-pecah menjadi berukuran kurang lebih 200 Kbyte agar mempercepat proses transfer file. 


Download Paket Software XFree86

Adapun paket distribusi file tersebut dapat dikelompok-kan menjadi enam kelompok, yaitu :
  1. File-file yang harus diambil dan diinstalasikan ke dalam hard disk :
    • preinst.sh Program script pre-installation
    • postinst.sh Program script post-installation
    • extract Utilitas ekstraksi
    • X33bin.tgz Client, run-time libs, app-defaults
    • X33doc.tgz Dokumentasi
    • X33fnts.tgz File font 75dpi, misc dan PEX fonts
    • X33lib.tgz Data run time library
    • X33man.tgz Dokumen manual
    • X33set.tgz Utilitas XF86Setup
    • X33VG16.tgz Program sever 16 colour VGA
  1. File yang harus diambil untuk proses instalasi pertama dan untuk upgrade sistem window X yang sudah ada :
    • X33cfg.tgz Contoh konfigurasi file xinit dan xdm
  1. File-file berisi program server X untuk PC/AT IBM kompatibel. Pilihlah file yang sesuai dengan nama video card yang terdapat pada komputer anda.
    • X338514.tgz 8514/A server
    • X33AGX.tgz AGX server
    • X33I128.tgz I128 server
    • X33Ma32.tgz Mach 32 server
    • X33Ma64.tgz Mach 64 server
    • X33Ma8.tgz Mach 8 server
    • X33Mono.tgz Mono server
    • X33P9K.tgz P9000 server
    • X33S3.tgz S3 server
    • X33S3V.tgz S3 ViRGE server
    • X33SVGA.tgz SVGA server
    • X33VG16.tgz 16 colour VGA server
    • X33W32.tgz ET4000/W32, ET6000 server
  1. File-file berisi program server X untuk arsitektur hardware komputer Alpha :
    • X33I128.tgz I128 server
    • X33Ma64.tgz Mach 64 server
    • X33Mono.tgz Mono server (generic driver)
    • X33P9K.tgz P9000 server
    • X33TGA.tgz DEC 21030 (TGA) server
    • X33S3.tgz S3 server
    • X33S3V.tgz S3 ViRGE server
    • X33SVGA.tgz SVGA server (Matrox Millennium)
  1. File-file berisi program server X untuk arsitektur hardware komputer PC98 :
    • X339NS3.tgz PC98 NEC(S3) server
    • X339SPW.tgz PC98 PCSKB-PowerWindow(S3) server
    • X339LPW.tgz PC98 PowerWindowLB(S3) server
    • X339EGC.tgz PC98 EGC(generic) server
    • X339GA9.tgz PC98 GA-968V4/PCI(S3 968) server
    • X339GAN.tgz PC98 GANB-WAP(cirrus) server
    • X339480.tgz PC98 PEGC-480(generic) server
    • X339NKV.tgz PC98 NKV-NEC(cirrus) server
    • X339WS.tgz PC98 WABS(cirrus) server
    • X339WEP.tgz PC98 WAB-EP(cirrus) server
    • X339WSN.tgz PC98 WSN-A2F(cirrus) server
    • X339TGU.tgz PC98 TGUI server
  1. File-file berisi program pelengkap software ini :
    • X33f100.tgz Font 100dpi
    • X33fcyr.tgz Font Cyrillic
    • X33fnon.tgz Font (Cina, Jepang, Korea, Hebrew)
    • X33fscl.tgz Scalable fonts (Speedo dan Type1)
    • X33fsrv.tgz Font server dan config file
    • X33prog.tgz X header, config files, compile-time libs
    • X33nest.tgz Nested X server
    • X33vfb.tgz Virtual framebuffer X server
    • X33prt.tgz X Print server
    • X33ps.tgz Dokumentasi dalam PostScript
    • X33html.tgz Dokumentasi dalam HTML
    • X33jdoc.tgz Dokumentasi dalam bahasa Jepang
    • X33jhtm.tgz Dokumentasi dalam HMTL bahasa Jepang
    • X33lkit.tgz X server LinkKit
    • X33lk98.tgz X server LinkKit untuk PC98 server

4. Proses Instalasi Paket Distribusi X Window System
Paket distribusi program ini diinstalasikan sesuai dengan petunjuk yang terdapat dalam file dokumentasi, yaitu file (RELNOTES dan README). Instalasi dilakukan dengan mengekstrak file-file tersebut di atas sesuai dengan hardware komputer yang dimiliki. Khusus program yang berisi file server X minimal hanya dibutuhkan file X33VG16.tgz dan program server yang sesuai dengan hardware vga card. Misalnya, jika komputer menggunakan vga card Tseng 4000 atau 6000, maka program server X yang dibutuhkan adalah X33W32.tgz.
Program-program yang diinstalasi akan disalinkan ke dalam direktori /usr/X11R6 dengan menjalankan perintah : 
gzip -d < X33file.tgz | tar vxf -
atau
gzip -d < X33file.tgz | tar -v -x --unlink -f -
Jika anda tidak mempunyai kapasitas yang cukup pada direktori /usr maka anda dapat menginstalasikan paket distribusi X window ke dalam sistem file yang lain misalnya /home atau /work dengan cara membuat direktori X11R6 dan membuatkan link direktori tersebut. 
% mkdir /home/X11R6 
% ln -s /home/X11R6 /usr
Langkah selanjutnya adalah menjalankan pre-installation script program, yaitu file preinst.sh yang dilanjutkan dengan membuat file 'extract' sebagai utlitas instalasi menjadi executable file. Misalkan paket distribusi sistem window X berada pada direktori /mnt/tmp maka jalankan sesuai dengan contoh berikut. 
% cd /usr/X11R6 
% sh /mnt/preinst.sh 
% chmod 755 extract 
% /mnt/extract /mnt/X33[8-z]*.tgz 
% /mnt/postinst.sh
Utilitas instalasi 'extract' digunakan untuk membuka file kompresi .tgz dan menginstalasikan pada direktori yang benar. File-file .tgz adalah paket distribusi file yang telah dikumpulkan dengan program 'tar' dan dikompres dengan program 'gzip'. Setelah semua file .tgz terinstalasikan ke dalam direktori X11R6, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan post-instalation script, yaitu file 'postinst.sh'.
Untuk sistem operasi yang menggunakan ldconfig, perlu menjalankan program ldconfig tersebut atau me-reboot sistem untuk menyempurnakan proses instalasinya. Program script 'postinst.sh' sudah mempunyai rutin yang menjalankan program ldconfig, sehingga jika anda menggunakan Linux, FreeBSD, NetBSD, atau OpenBSD sebagai sistem operasinya maka program script 'postinst.sh' akan dapat dieksekusi dengan baik.
Setelah semua paket distribusi terinstalasikan dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasikan sistem window X dengan menjalankan perintah ‘XF86Setup’. Dengan program ini anda dapat menentukan sendiri driver-driver yang cocok untuk VGA card yang ada pada komputer agar program X server yang akan dijalankan kompatibel dengan VGA card tersebut. Selain itu anda dapat mendefinisikan jenis mouse, jumlah memori pada VGA card dan memilih monitor refresh rate untuk menentukan resolusi tampilan ke layar monitor. File konfigurasi yang akan terbentuk dari program ini biasanya akan disimpan dalam file ‘/etc/XF86Config’ atau ‘/usr/X11R6/lib/X11/XF86Config’
Selanjutnya untuk menjalankan sistem window X yang telah terkonfigurasikan ke dalam file XF86Config, anda dapat menjalankan perintah ‘xinit’ atau ‘startx’ . Program ‘twm’ akan menjadi program window manager default untuk sistem window X pada saat dijalankan untuk pertama kali. Jika anda tidak berhasil menjalankan sistem window X dengan kedua perintah di a tas, cobalah gunakan perintah ‘startx > & /tmp/xtmp’ untuk mengambil catatan kesalahan (error log file). Dengan menganalisa file ‘/tmp/xtmp’ tersebut anda dapat menelusuri dan memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin menyebabkan sistem window X tidak dapat berjalan.
Selamat mencoba … 
Literatur
  1. Syunji Ido, Mataharu Tanaka, Kazuhiro Dozaki, Shoseki Kaneda, Hiroki Hasebe, Takeshi Nikki, Hiroshi Fukaishi; X Window Jutsuyou Gurafikkusu Nyumon (Pengenalan Pemakaian Grafik X Window); Nikkan Kogyo Shinbunsha, 1992.
  2. Kazuo Katogi, Masahiro Oneki, Hideto Iio, Satoshi Kobayashi; Jissen X-Window Ver 1.1 Puroguraminggu – Xlib to X Tsurrukitto (Praktek Pemrograman X-Window Versi 1.1 – Xlib dan X Toolkit); Nikkan Kogyo Shinbunsha, 1992
  3. Anonymous; Xlib Function X Version 1.1 Release 6.1 Online Manual; FreeBSD Inc, 1997
Sumber :www.kelair.bppt.go-id
www.sumberpengertian-co
Related Posts

Related Posts

Post a Comment