-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian LMI (Local Management Interface)

Local Management Interface (LMI)

Konsep lain yang penting dalam Frame Relay adalah Manajemen Antarmuka lokal (LMI). Desain Frame Relay memberikan transfer data packet-switched dengan penundaan end-to-end minimum. Desain asli menghilangkan apa pun yang mungkin berkontribusi untuk menunda.
Ketika vendor dilaksanakan Frame Relay sebagai teknologi yang terpisah daripada sebagai salah satu komponen dari ISDN, mereka memutuskan bahwa ada kebutuhan untuk DTE untuk secara dinamis memperoleh informasi tentang status jaringan. Namun, desain asli tidak menyertakan fitur ini. Sebuah konsorsium Cisco, Digital Equipment Corporation (DEC), Northern Telecom, dan StrataCom diperpanjang protokol Frame Relay untuk memberikan kemampuan tambahan untuk lingkungan internetworking yang kompleks. Ekstensi ini disebut secara bersama sebagai LMI.
Mengacu pada topologi Frame Relay pada Gambar 1. Pada dasarnya, LMI adalah mekanisme keepalive yang menyediakan informasi status tentang koneksi Frame Relay antara router (DTE) dan saklar Frame Relay (DCE). Setiap 10 detik atau lebih, jajak pendapat perangkat end jaringan, baik meminta tanggapan atau saluran informasi status sequencing bodoh. Jika jaringan tidak merespon dengan informasi yang diminta, perangkat pengguna dapat mempertimbangkan koneksi menjadi turun. Ketika jaringan merespon dengan respon STATUS LENGKAP, itu termasuk informasi status tentang DLCI yang dialokasikan untuk jalur itu. Perangkat akhir dapat menggunakan informasi ini untuk menentukan apakah hubungan logis dapat melewatkan data.
Gambar 1 LMI Statistics
Gambar 1 LMI Statistics
Gambar 2 menunjukkan output dari perintah show frame-relay LMI. Output menunjukkan jenis LMI digunakan oleh antarmuka Frame Relay dan counter untuk urutan pertukaran Status LMI, termasuk kesalahan seperti LMI timeout.
Gambar 2 Static Frame Relay Mapping
Gambar 2 Static Frame Relay Mapping
Sangat mudah untuk membingungkan LMI dan enkapsulasi. The LMI adalah definisi dari pesan yang digunakan antara DTE (R1) dan DCE (Frame Relay beralih dimiliki oleh penyedia layanan). Enkapsulasi mendefinisikan header digunakan oleh DTE untuk menyampaikan informasi kepada DTE di ujung lain dari VC. Saklar dan perawatan router yang terhubung tentang menggunakan LMI yang sama. switch tidak peduli tentang enkapsulasi. Router endpoint (DTE) peduli tentang enkapsulasi.

LMI Extensions

Selain Frame Relay fungsi protokol untuk mentransfer data, spesifikasi Frame Relay termasuk opsional LMI ekstensi. Beberapa ekstensi meliputi:
  • pesan status VC – Memberikan informasi tentang integritas PVC dengan berkomunikasi dan sinkronisasi antar perangkat, secara berkala melaporkan adanya PVC baru dan penghapusan PVC yang sudah ada. pesan status VC mencegah data dari yang dikirim ke dalam lubang hitam (PVC yang tidak lagi ada).
  • Multicasting – Memungkinkan pengirim untuk mengirimkan satu frame yang dikirim ke beberapa penerima. Multicasting mendukung pengiriman efisien pesan routing protokol dan prosedur resolusi alamat yang biasanya dikirim ke banyak tujuan secara bersamaan.
  • Global yang menangani – Menyediakan ID sehubungan dengan signifikansi global daripada lokal, yang memungkinkan mereka untuk digunakan untuk mengidentifikasi interface khusus untuk jaringan Frame Relay. mengatasi global membuat jaringan Frame Relay menyerupai LAN dalam hal menangani, dan ARPS digunakan seperti pada LAN.
  • kontrol aliran sederhana – Menyediakan untuk XON / XOFF mekanisme kontrol aliran yang berlaku untuk seluruh antarmuka Frame Relay. Hal ini dimaksudkan untuk perangkat yang tidak dapat menggunakan kemacetan pemberitahuan bit (yaitu, FECN dan BECN) yang akan dimanfaatkan oleh lapisan yang lebih tinggi, tetapi masih memerlukan beberapa tingkat kontrol aliran.
LMI digunakan untuk mengelola Frame Relay link. Setiap pesan LMI diklasifikasikan oleh DLCI muncul dalam bingkai LMI. Bidang DLCI 10-bit mendukung 1024 VC ID: 0 1023, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 3. LMI ekstensi cadangan beberapa ID VC ini, sehingga mengurangi jumlah VC diizinkan. Pesan LMI dipertukarkan antara DTE dan DCE menggunakan ini DLCIs reserved.
Gambar 3 LMI Identifiers
Gambar 3 LMI Identifiers
Ada beberapa jenis LMI, masing-masing yang tidak sesuai dengan yang lain. Jenis LMI dikonfigurasi di router harus sesuai dengan jenis yang digunakan oleh penyedia layanan. Tiga jenis LMIS didukung oleh router Cisco:
  • CISCO – ekstensi LMI Asli
  • ANSI – Sesuai dengan standar ANSI T1.617 Lampiran D
  • Q933A – Sesuai dengan ITU standar Q933 Annex A
Untuk menampilkan informasi pesan LMI dan nomor DLCI yang terkait, menggunakan show interface [jenis nomor] perintah, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 4. Cisco menggunakan DLCI 1023 untuk mengidentifikasi pesan LMI digunakan untuk manajemen link Frame Relay.
Gambar 4 Displaying the LMI Type
Gambar 4 Displaying the LMI Type
Dimulai dengan Cisco IOS software Rilis 11,2, default fitur autosense LMI mendeteksi jenis LMI didukung oleh switch Frame Relay terhubung langsung. Berdasarkan pesan status LMI yang diterimanya dari Frame Relay switch, router secara otomatis mengkonfigurasi interface-nya dengan jenis LMI yang didukung diakui oleh saklar Frame Relay. Jika diperlukan untuk mengatur jenis LMI, menggunakan frame-relay LMI-jenis [cisco | ansi | q933a] perintah konfigurasi antarmuka. Konfigurasi jenis LMI menonaktifkan fitur autosense.
Dalam kasus di mana saklar Frame Relay menggunakan pengaturan timeout non-default, interval keepalive juga harus dikonfigurasi pada interface Frame Relay untuk mencegah bertukar pesan statusnya dari waktu keluar. The LMI bertukar pesan status yang menentukan status koneksi PVC. Ketidakcocokan besar dalam interval keepalive pada router dan switch dapat menyebabkan saklar untuk menyatakan orang mati router. Hal ini penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan Frame Relay untuk informasi tentang cara mengubah pengaturan keepalive. Secara default, interval waktu keepalive adalah 10 detik pada antarmuka serial Cisco. Anda dapat mengubah interval keepalive dengan keepalive perintah konfigurasi antarmuka.
Pesan status membantu memverifikasi integritas link logis dan fisik. Informasi ini sangat penting dalam lingkungan routing karena protokol routing membuat keputusan berdasarkan integritas link.
Sumber :blog.umy.ac-id
Related Posts

Related Posts

Post a Comment