-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Proposal

proyek
Pengertian proposal - Proposal berasal dari bahasa inggris to propose yang artinya mengajukan dan secara sederhana proposal dapat diartikan sebagai bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik itu berupa ide, gagasan, pemikiran maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan baik itu yang sifatnya izin, persetujuan, dana dan lain - lain. Proposal juga dapat diartikan sebagai sebuah tulisan yang dibuat oleh si penulis yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan sebuah rencana dan tujuan suatu kegiatan kepada pembaca.

Pengertian Proposal

Untuk mengetahui arti dari proposal, berikut saya sertakan pengertian proposal dari beberapa pandangan dari para ahli
  1. Hasnun Anwar (2004 : 73) proposal adalah : rencana yang disusun utnuk kegiatan tertentu
  2. Jay (2006 : 1) proposal adalah alat bantu manajemen standar agar menajemen dapat berfungsi secara efisien
  3. Proposal dalam dunia ilmiah (pendidikan) adalah suatu rancangan desain penelitian (usulan penelitian) yang akan dilakukan oleh seorang peneliti tentang suatu bahan penelitian
  4. Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan proposal sebagai rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja

Tujuan Proposal

Tujuan Proposal adalah memperoleh bantuan dana,memperoleh dukungan atau sponsor, dan memperoleh perizinan. Unsur-unsur proposal yaitu, nama/ judul kegiatan, pendahuluan,tujuan, waktu dan tempat, sasaran kegiatan, susunan panitia, anggaran, penutup, tanda tangan dan nama terang.

2. Jenis-Jenis Proposal

Secara umum, proposal dibagi menjadi empat jenis yaitu:
  1. Proposal bisnis, yaitu proposal yang berkaitan dengan dunia usaha dan bisnis termasuk UKM dan perusahaan perorangan. Contoh proposal bisnis adalah proposal kerjasama bisnis dan proposal pengajuan modal.
  2. Proposal proyek, yaitu proposal bisnis yang berisi tentang proyek pembangunan atau pengadaan. Proposal tersebut juga ada di dalam pemerintahan. Contoh proposal proyek adalah proposal pengadaan alat belajar, proposal pembangunan gedung baru, dan proposal pelebaran jalan.
  3. Proposal penelitian, yaitu proposal yang berisi tentang rencana penelitian. Tujuan pembuatan proposal penelitian adalah untuk mendapatkan dukungan dana atau fasilitas dari pemerintah atau instansi iptek. Saat ini, sebelum mengikuti OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia), harus mengajukan proposal penelitian terlebih dahulu sebelum melakukan penelitian supaya mendapatkan dana penelitian dari pemerintah.
  4. Proposal kegiatan, yaitu proposal yang berisi tentang rencana pelaksanaan kegiatan. Proposal kegiatan dapat diajukan oleh semua instansi. Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan lomba menyambut Hari Kemerdekaan, proposal kegiatan rapat, proposal kegiatan outbond, dan proposal kegiatan lomba karya tulis.


Berdasarkan bentuknya proposal terbagi menjadi 3 jenis yaitu
  1. Proposal bentuk formal - Proposal berbentuk formal terdiri atas tiga bagian utama, yaitu bagian pendahuluan, isi proposal, dan bagian pelengkap penutup. Bagian pendahuluan terdiri atas: sampul dan halaman judul, surat pengantar (kata pengantar), ikhtisar, daftar isi, dan pengesahan permohonan. Bagian isi proposal terdiri atas: latar belakang, pembatasan masalah, tujuan ruang lingkup, pemikiran dasar (anggapan dasar), metodologi, fasilitas, personalia (susunan panitia), keuntungan dan kerugian, waktu, dan biaya. Sedangkan bagian pelengkap penutup berisi daftar pustaka, lampiran, tabel, dan sebagainya.
  2. Proposal bentuk non formal - proposal non formal ini tidak selengkap proposal formal dan biasanya disampaikan dalam bentuk memorandum atau surat. proposal non formal harus selalu mengandung hal-hal berikut yaitu, masalah, saran, pemecahan, dan permohonan.
  3. Proposal semi formal - jenis proposal ini hampir sama dengan proposal non formal karena tidak selengkap jenis proposal formal
SUmber :hedisasrawan.blogspot-com
makalahproposal.blogspot-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment