-->
g2QFCKwavghUp2yzjKrIFwEeG13RASCerFTCMH35

Pengertian Windowing

Windowing
Windowing merupakan salah satu bagian inti dalam jaringan komunikasi data, yang dimana pengiriman paketnya sering terlalu besar dalam satu segmen data. sehingga TCP membagi bagi data kedalam beberapa segmen. Setelah data dibagi ke beberapa segmen, data tersebut harus dikirim ke tujuan dengan menggunakan Flow control untuk mengatur jumlah data yang dikirim pada saat transmisi, Proses yang demikianlah Flow control dikenal sebagai windowing. Lebih jelasnya, windowing digunakan sebagai mekanisme TCP untuk meregulasi aliran paket dan mengurangi kemungkinan paket dibuang karena buffer penerima terlalu penuh.


Sliding window flow control dirancang untuk membenahi sistem flow control sebelumnya, yakni stop and wait flow control. Pada stop and wait flow control seolah-olah blok-blok data dikirimkan satu persatu dan mengirimkannya menunggu balasan jika blok data tersebut sudah sampai di receiver dan receiver sudah memberikan balasan. Berbeda pada sliding window, transmitter dapat mengirimkan blok-blok frame lebih banyak lalu setelah beberapa frame telah terkirim, barulah receiver memberikan balasan. Pada sliding window tiap-tiap blok frame diberi nomor.

Sliding window flow control jauh lebih efisien dibandingkan dengan stop and wait karena:
  • Dapat mengirimkan lebih dari satu blok frame
  • Waktu penundaan/delay lebih sedikit
  • Transfer data menjadi lebih cepat
Dalam pengaplikasiannya, sliding window sangat dibutuhkan dalam komunikasi data karena memiliki nilai efisiensi yang tinggi.

Sumber :irham93.blogspot-com
Related Posts

Related Posts

Post a Comment